Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Sabtu, 24 Agustus 2013

Dagang? Iya

Pengalaman berwirausaha sudah saya alami sejak usia 7 tahun. Dulu, berdagang cokelat, pensil, majalah juara sampai pita membawa dampak signifikan untuk celengan saya yang makin lama makin menggembung gendut. Haha, fenomena saya berjualan memberikan pengaruh kepada beberapa teman sesekelas.

Urusan dagang, bagi saya bukan hal baru.. iya ortu saya emang pedagang sih jadi berdagang jadi hal biasa buat saya. Mulai SD, berlanjut hingga SMP dan SMA... wirausaha yang saya jajal semakin variatif.. Langsung aja, ke masa putih abu-abu yang menyenangkan haha...dulu kan jaman jarang ada printer, waktu kelas X saya buka usaha print-print di Sekolah.. eh di Kelas, jadi ya pelanggannya teman sekelas. Apalagi waktu ada tugas TIK, wah usaha saya laris manis. wkwkkwk... tapi itu gak lama, saya kemudian disibukkan aktivitas Pramuka, osis, karate, kompetisi yang menyita waktu saya. UUUUU what a beatifull moment :)

Waktu kuliah, saya sempat titip dagangan di Kopma UNY, titip marning dan krupuk susu. Waaaaw, hasilnya lumayan. Sempat juga jualan aksesoris hp, makanan ke teman dan dosen, ikut MLM dan akhirnya berjualan secara kelompok bersama 2 teman saya, Silvi Ushliha dan Sekar Rani P.

Ini yang menarik. Maklum saja, usaha ini ada ditahun 2013... awalnya Sekar yang emang tukang jualan apapun tertarik dengan tas yang dibeli oleh Silvi. Entah kenapa, dia tiba-tiba histeris pingin jualan sendiri. "Hih, kita bisa loh jualan ini sendiri." begitu teriaknya. Jadilah, Silvi setuju lalu terakhir ya saya yang setuju. Hahaha.

Modalnya 150rb buat beli beberapa tas dan tahu? Respon pertama disambut baik pembeli. Harganya terjangkau sih. Oya, kami jualan tas kanvas ya, yang sempat tenar beberapa bulan lalu.
Jualan pertama memberi ketagihan yang gila pada kami bertiga, sempat kepikiran untuk produksi sendiri tapi gak nemu-nemu bahannya di Jogja.... padahal kami bertiga udah bolak-balik ke salah satu pabrik tas di Jogja. Hmmmm, yang jual samapai mutung hahhahaha


Lanjut, dari yang awalnya cuma beli beberapa tas... kami bertiga berani beli 20 sampai 50 biji berkali-kali. Waaaaw, oke juga ya? Oya, tau gak kenapa kami sepakat bertiga jualannya? Supaya saling menjaga semangat jika salah satu mulai kendor. wkwkkwkwkw

Perjalanan kami mengalami pasang surut yang berarti. Hmm, tak lama setelah itu kami bertiga berani masuk pameran. Hahahah. Oya, kami sukses juga lo di Dunia maya... pelanggan pertama kami yang beli dari dunia maya adalah temen SDnya Silvi hyhyhy. Apa kabar kamu temen sdnya silvi yang namanya Arlinda. Oya Arlinda yang stay di luar Jogja ini bertindak sebagai reseller :)

Ternyata jualan di Pameran gak seindah yang diimpikan. Krik...krik..... senyum senyum nawarin ke sana kemari. Jadi, rasanya keinget kalau suka gak nanggepein mbak-mbak yang jualan di Pameran. Poinnya adalah, mari bersikap ramah :)

Kami juga berhasil mengajak dosen untuk menjadi konsumen kami :) ke dekanat, masuk kesemua jurusan sambil menahan tawa, dan gajian diwaktu-waktu tertentu :) Hahahah
 
Terimakasih umat FBS yang menjadi konsumen kami!

Oyaaaaa :) kami sempat menjajal kaskus, yang jadi admin itu Bagusku hehehe. Alhamdulillah respon luar biasa, kami pernah dapat pesenan 15 tas buat orang JOmbang :)

Bangga? Iya lumayan, hahah. Soalnya dari situ saya belajar banyak.

Jualan sesuatu yang disukai, manajemen tim yang baik itu perlu banget yaaaa :) pembagian gaji juga harus seimbang sama pergerakannya dan yang pasti adalah....... selalu bersemangat dalam segala hal!






0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D