Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Kamis, 18 September 2014

Pindah keluarga, mengurus Visa Aupair, dll

Haloha, 




Pertama, untuk tulisan perkara Aupair, ane sarankan para pembaca untuk membuka kumpulan tulisan di LABEL AUPAIR. Disitu ane uda merangkum beberapa hal, sila disimak baik-baik.

Kali ini ane akan mencoba berbagi pengalaman untuk mengurus VISA jika pindah keluarga. Ane kemarin-kemarin sering dapat keluhan orang-orang yang pingin pindah keluarga. Nah, sebelum para pembaca memutuskan menjadi seorang Aupair, coba tilik lagi sebenarnya tujuan menjalani Aupair itu apa.




Aupair itu membaur dengan keluarga. Pembaca bisa bayangkan, hidup bareng keluarga yang baru ketemu lewat dunia maya/jarang ketemu dan beda budaya. Hidup bareng keluarga/saudara sendiri aja kadang ada aja masalah, apalagi sama orang beda Negara, bukan saudara ataupun sanak keluarga.



Sebagai Aupair, minimal seseorang punya keterampilan kayak seneng bergaul dengan anak kecil, bisa mengasuh, bisa jadi kakak lah istilahnya terus minimal bisa masak yang dasar-dasar. Aupair kan sebenernya pekerjaan utamanya maen sama anak kecil. Tapi, ada yang Aupair tugas utamanya ngurus hewan peliharaan, gitu-gitu.

Aupair itu sebenernya batu loncatan ya, bagi yang bisa memanfaatkan kesempatan. Kita berkelakuan baik, kerja bener n sama anak rukun dan cocok sama keluarga itu jadi prioritas utama dalam Aupair menurutku, kedua ketiga baru deh seneng-seneng memanjakan diri dan tentunya melanyahkan kemampuan bahasa.
Oke, sekarang kalo seandenya di pertengahan jalan Aupair harus pindah keluarga, gimana?



  1.  Aupairnya lewat agen atau Aupair World net? Kalo agen, ya berarti yang ngurus agen. Agen harus tanggung jawab. Kalo dari website? Baca FAQ website tsb, disitu ada.
  2.  Kalo mau pindah keluarga karena sebab tidak ada kecocokan maupun apa yang dikerjakan beda dari kontrak, maka sebelum pindah Aupair harus nemu keluarga baru dulu. Yang aku tahu (cek lagi), keluarga lama juga ikut tanggung jawab nanggung Aupair selama maksimal 2 minggu setelah Kuendigung  sampai Aupair ybs dapat GF baru.
  3. Baru berapa lama di Keluarga tsb kok pindah? Kalo dibawah 3 bulan, kalian gausah ribet masalah VISA. Kenapa? Kan VISA kalian yang dari Indonesia berlaku 3 bulan dan perlu diperpanjang. Nah, kalo belum diperpanjang di keluarga lama maka kalian ga perlu urus pusing2 VISA, tinggal nanti pas udah di kluarga baru VISA tsb diperpanjang. Kemungkinan butuh Kuendigung dari GF Lama. Oke? Lebih lanjut, coba bilang GF barumu, minta tolong buat nanyain syaratnya ke Behoerde setempat. Jaga-jaga, kadang beda-beda.
  4.  Nah, kalo uda di perpanjang di Keluarga lama gimana? Otomatis harusnya mbenerin VISA di Keluarga baru. Kenapa? Itu berhubungan sama tempat tinggal. Syaratnya? Kayaknya beda-beda. Terus gimana? Hubungi Behoerde dimana kalian akan memperpanjang VISA. Tanyakan syaratnya apa aja buat ngurus VISA baru. Menurut beberepa pengalaman, yang dibutuhkan adalah surat Kuendigung , foto biometrisch, paspor, bukti anmelden di keluarga baru.
  5. Siapa yang bayarin? Tergantung kesepakatan. Ada kakak kelasku yang suruh bayar sendiri, kalo aku dibayarin GF.




Oke, sementara itu dulu ya. Pertanyaan mengenai Aupair, monggo dicek di LABEL AUPAIR dalam blog ini. Bagi komentar maupun email yang tidak ane balas, artinya jawaban dari pertanyaan tsb sudah ane tulis dalam beberapa tulisan ane.
Sukses!

*Kuendigung : gimana dapetnya, tanya GF. Download di web aupair world net juga ada. Bdw, ane pindah keluarga diurusin agen berlin (Aupair berlin dot det)

Fitri Ananda





0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D