Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Minggu, 26 Oktober 2014

Jalan di Heidelberg, Jerman

Pengen ke Heidelberg? Salah satu kota di Baden Wűrrtemberg yang menawarkan keindahan kastilnya yang tua dan menawan, sungai Neckarnya yang asolole dan kota tuanya yang manis dan romantis . Ada apa di Heidelberg? Banyak.


Oke, ini ane bagi pengalaman jalan singkat di Sana. Ini merupakan kali ketiga ane menyempatkan ane bermain di Kota sejuk ini. Ketika tiba Heidelberg HBF, ane pun berjalan ke arah Tourist Information (TI) yang ada di halaman depan HBF sekedar untuk mengambil brosur. Siapa tahu ada hal-hal spontan yang bisa ane lakukan dari brosur tsb.

Heidelberg dari Taman Kastil, dok pribadi


Oya, dari HBF ane segera menuju ke Bismarck Platz. Jika punya waktu banyak, bisa saja ke Bismarck Platz jalan kaki, kira-kira 1 jam. Ikuti papan penunjuk jalan. Hm, karena ane dan kikik  males jalan  + Cuma punya 5 jam doank akhirknya kami beli tiket City Tarif yang pada 2014 dihargai 1,20. Berlaku 60 menit. Dulu sebelumnya ane juga ngebis sama mba milkha n mb vida.



Tiket tsb bisa dibeli di mesin tiket yang ada di HBF ato TI. Tiket ini sekali perjalanan, bukan buat bolak-balik. Dengan tiket ini, seseorang bisa naek bus/sbahn u menjangkau kota tua, Heidelberg HBF West/Sűdstadt dan ke arah sungai Neckar.

1.       Dari HBF ane naek S5 dan turun di Bismarck Platz (BP). Ke BP juga bisa naek bis 33. Sampai di BP jalanlah menuju Hauptstrasse, ini jalan dengan rute puanjang beud.   Di situlah ane merasakan atmosfer kota tuanya yang rame. Maklum sabtu minggu. Di tempat ini banyak pusat perbelanjaan. Ane saranin, kalo jalan-jalan belanjanya belakangan aja. Gausah masuk yang lagi ada sale. Bikin rusak WAKTU hahahah.

Sepanjang Hauptstr dan Altstadt


2.       Sepanjang jalan ini silahkan tengok kanan kiri, mulai siap foto-foto, di sini ada Univertặtsplatz juga. Nikmati kota tuanya.

Deket Univ Museum Heidelerg

3.       Harus naek ke Kastil. Icon penting nih. Nah, liat ke atas. Dari Alt Stadt, seseorang uda bisa liat reruntuhan kastilnya. Ada petunjuk jalan untuk naek kesana.

Kastil diliat dari bawah



4.       Kalian bisa jalan/naek kereta khususnya. Kalo ane, jalan terus 3x kesana. Kalo naek keretanya ato biasa disebut Bergbahn, kita perlu merogoh kocek.

5.       Siapkan bekal makanan minuman cukup, kita dipaksa menanjak menuju kastilnya. Ane terakhir kemarin ma kiki bawa nasi+cumi+sayur tuna. 3 kotak bekal lah. Nikmat banged dimakan berdua, piknik kecil di Taman Istana/kastilnya Heidelberg.

6.       Oya, kalian sudah mulai naek? Mau masuk ke Kastilnya, ngeliat dalemnya? Bayar 6 Euro, harga diskon 4 E untuk Dewasa. Di dalam sini, kita bisa ngeliat sisa-sisa puing istana, taman, tong anggur, dll. Banyak, silahkan masuk saja. Pake uang kontan. Bisa si pake kreditcard, mulai dari 12 E.
7.       Lanjut jalan lagi kalo udah selese di dalam kastil, ikutin aja alur jalan setapaknya. Foto-foto dan bersyukurlah menjadi orang sehat, hehehe. Nikmati kebesaran Tuhan dan bertafakur alam.:D

8.       Puas di Atas sana? Turun lagi deh, sekarang menuju ke Old Bridge-nya. Nama jembatan tsb Karl Theodor-Brűcke. Foto-foto :D


Sebenernya 5 jam di sana kurang. Itu tips jalan singkat di Heidelberg yang ane alamin. Oya info mengenai tarif-tarif bisa aja berubah tiap waktu. Cek Heidelberg.de
Bedewe, setelah ke Jembatan tsb, pulangnya  jalan kaki ke HBF, 1 jam. Capek tapi puas. Kalo gak mau jalan kaki, naek bis lagi yang menuju ke HBF.
 Dalam setiap perjalanan, kepuasan batin menjadi tujuannya.
Sekian dulu nih, yok jalan-jalan....


0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D