Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Selasa, 11 November 2014

Jalan di Wiesbaden, Jerman

Hey hallo kalo kebetulan udah baca postingan dengan judul yang Tips Jalan Singkat di Mainz, ni ada lanjutannya. Seperti ane bilang, kalo punya waktu sekalian mampir ke Wiesbaden. Wiesbaden? Kota apaan tu? Ane juga baru tau pas uda tinggal sementara deket Mainz.

WIESBADEN HBF, sumber http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/87/Wiesbaden_Railroad_Station.jpg



Wiesbaden adalah Ibukota dari Negara bagian Hessen. Jadi, Frankfurt merupakan anak kotanya, hahaha. Mungkin ya mungkin, kebanyakan lebih sering mendengar Frankfurt daripada Wiesbaden. Menurut ane, Frankfurt itu kayak Jakarta hehe. Coba, jajal juga deh ke Wiesbaden. Cucok!

Wiesbaden deket sama Mainz, 2 Ibu kota yang bertetangga. Tiket perjalanannya itu juga satu jaringan. Misal pake kartu “Tageskarte” (Kartu seharian) beli di Mainz, karcis ini bisa digunakan juga menjelajah Wiesbaden. 

Begitu sebaliknya. Sekali jalan-jalan, 2 ibukota dijelajahi. Pas pertama ane mau ke Wiesbaden setahun lalu, Gastfamilie ane bilang kalo ini Kota tu masih asli bangunannya. Soalnya aman dari bombardir pada masa perang. Eh gak taunya, sampai sekarang ane masih sering ngunjungi Wiesbaden. Bukan buat jalan-jalan tog si, tapi juga seminar.

Langsung saja, kalo punya waktu singkat di Wiesbaden, tempat-tempat ini bisa menjadi wakil dari keindahan sebuah ibukota. Yooook.....

Jika dari Mainz, kita perlu naek kereta/bus dengan jurusan yang mengarah ke Wiesbaden. Sekitar 15 menit sampailah kita di HBF-nya alias terminal utama.Terminal ini juga bersejarah, bangunannya bagus dilihat dari depan. Barok klasik gitu. Cuma mau keliling kota? Langsung menuju pusat.

1.       Ntar bisa liat Alte Rathaus
2.       Schlossplatz
3.       Neue Rathaus
4.       Dern’sche Gelaende
5.       Stadtschloss
6.       Altsstadt
7.       Kurhaus
8.       St. Bonifat-Kirche

Banyak, coba cek dulu wiesbaden.de.
Kalo mau jalan bisa si untuk mengelilingi, tempatnya tu lumayan berdekatan.


Ini rute ane maen dulu.

Dari HBF, ane menuju ke Neroberg. Naek bis jalur 4 kalo gak salah yang ada dibagian halte B. Jadi nyebrang dari HBF. Oya di HBF, nyari brosur dulu kalo bingung.



Neroberg ini tempatnya diatas, kayak apa ya, dari sana bisa ngeliat Wiesbaden dari atas dan Landscape lain. Mungkin Puncak. Menuju ke Neroberg-nya, kita bisa jalan kaki ato naek kereta khusus. Mending jalan aja, gak terlalu tinggi heheheh. Ane pernah nyoba jalan dan naek kereta. Lucu sih keretanya tapi bentar doank di Kereta.


Kereta


Udah sampe di atas, ane bisa ke sini  terus ngeliat Neroberg Tempel.


Terus Russische Kirche


Ada kolam renang juga deket situ

Di Neroberg bisa panjat-panjat dinding, outbond gitulah.
Nah, kalo uda puas di Neroberg dan menjelajah. Turun aja dan balik naek bis di Halte tempat kalian turun. Deket Halte juga bisa buat foto-foto.



Terus, baru deh keliling kota.

Itu sih ingatan perjalanan ane.


0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D