Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Minggu, 09 November 2014

Jalan-Jalan ke Koblenz

Kota ini sepertinya kalah tenar jika dibanding dengan kota besar di Jerman, seperti Berlin, Hamburg, Frankfurt atau Muenchen. Namun, kalo ingin berlibur dengan merasakan sensasi Jerman yang sejuk, bersih dan mungil, Koblenz bisa dijadikan alternatif untuk dijelajahi.

Sungai Rhein dari Koblenz


Koblenz merupakan salah satu kota dari Negara bagian Rheinland-Pfalz. Negara bagian ini memiliki perhiasan alam menawan, yaitu sungai Rhein. Sungai terpanjang di Eropa. Sebenarnya, sungai bukan hal asing untuk kita yang tinggal di Indonesia. Bedanya, menurut ane si kebersihan dan tata kelolanya.
Di Depan Koblenz HBF



Ane gak bakal cerita tentang sejarah, Cuma pingin berbagi pengalaman perjalanan singkat untuk mengunjungi tempat penting di Koblenz. Oke, langsung aja deh. Apa aja yang bisa dikunjungi? Banyak, tapi karena ane dan kiki ngerencanainnya mendadak, semalam sebelum keberangkatan jadi kami pilih yang paling KOBLENZ banged.


Menuju Koblenz, kita bisa menggunakan kereta dari Mainz Hbf yang jurusannya menuju Koblenz HBF. Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam. Ane bersama kiki menggunakan tiket khusus perjalanan di Rheinland-Pfalz, yang bisa digunakan untuk beberapa orang. Tiket ini murah untuk berdua bagi kami , karena kami bebas naek bis/kereta kelas dua pulang pergi. Bdw, kalo udah di Sini jangan semuanya dirupiahin, ntar gila hahahha. Ups.

Sampai di Koblenz HBF, kami berdua naek bus 1 yang mengarah ke Deutsches Eck (Turun di Halte terakhir) . Oya, kami berdua udah merencanakan untuk mengunjungi tempat-tempat ini :
1.       Deutsches Eck, kalo di artikan itu ujung Jerman. Ini merupakan tanjung yang membatasi sungai Rhein dan Sungai Mosel.(Ke sini adalah agenda wajib)

Deutsches Eck dilihat dari atas


2.       Naek Seilbahn/skyline/kereta gantung, letaknya dekat dengan Deutsches Eck. (Wajib)
Dok kiki, seilbahn dilihat dari bawah.




3.       Ke Ehrenbreitstein, ke tempat ini kami nyebrang pake Seilbahn (Wajib), sebenernya bisa sih gak pake Seilbahn. Tapi, udah sampe Koblenz harus nyobain Seilbahn.


Salh satu bangunan ketika masuk



4.       Altstadt (Terserah)
5.       Schloss Kurfűrstliches (Ternyata Schloss-nya tidak seperti bayangan kami)
6.       Balduin Bruecke (Hahahaha)

Tujuan utama kami ke Deutsches Eck dulu, ini spot terbaik yang menjadi unggulan Koblenz. Ane merasakan perbedaan dalam perjalanan kali ini, karena di sini disuguhi paket lengkap, perpaduan modern dan alam. Ikut bermain dan ah begitulah, asik. Kalo kata kiki, dia lebih asik jalan di Koblenz daripada Heidelberg dua minggu lalu.

Gimana terus?

1.       Setelah sampai di sini, kami berdua menuju pusat penjualan tiket naek Seilbahn. Tiket yang kami ambil adalah KOMBI TICKET. Dengan ini, kami bisa pulang pergi pakai seilbahn sekaligus masuk Stationen der Festunggeschichte. Di tempat itulah Ehrenbreitstein berada. Harga kombi tiket ini untuk dewasa dipatok 11,90 tapi tapi kami punya tanda pengenal sakti, sehingga dapat diskon 50%.

2.       Habis mendapat tiket, kami antri naek Seilbahn. Ruangnya besar, aman dan waaaw. Kami kebetulan Cuma berdua di dalam. Serasa VIP gitu. Terus? Waduh, sensasinya kayak naek jet coaster, merinding disko tapi puas. Kami menyebrangi Sungai menuju tepian lain. Sesampainya di tempat pemberhentian, terpaksalah kami turun. Hahahaha.

Di Seilbahn


3.       Setelah turun, kami segera menuju tempat Festung tadi. Kalo masuk juga butuh tiket ya, karena kita pake KOMBI tiket, ya kami tinggal masuk.



4.       Waaaaw, masuklah kami ke Kawasan tsb.

5.       Masuk ke Kawasan ini, kami disambut derap bahana kuda. Hahaha. Itu Cuma rekaman doank.

6.       Berkelilinglah kami di Situ. Ane ngerasa seperti memasuki Eropa masa perang walaupun dengan rasa berbeda.  Ada suguhan mengenai sejarah Ehrenbreitstein, terus disitu banyak ruangan jaman dulu yang beberapa diantara bekas penjara. Oya, di Sini pengunjung bisa menambah wawasan dengan memasuki “Haus Der Fotografie”, “Haus Des Genusses”, “Haus Archaelogie”, pokoknya Koblenz wajib deh jadi tempat yang dikunjungi. Surga mungil tersembunyi di Pinggir Kali. Apik! Tempat ini diakui UNESCO sebagai tujuan Wisata Jerman.

7.       Untuk lebih lengkapnya datang aja langsung. Heheh. Belajar sejarahnya di Sana.

8.       Setelah kami puas “Belajar dan Berfoto” di Tempat tsb, kami nyebrang kali lagi dengan kereta gantung. Ihiirr, manis sekali.
9.       Turun dari Kereta, kami menuju Ke Deutsches Eck. Penasaran ngeliat titik bertemunya dua sungai. Kalo diliat dari atas, warnanya beda lo.
10.   Habis itu kami ke Schloss terus Ke Jembatan Balduin.

Schloss 

Kiki di Depan Baldeuin Bruecke


Kami paling banyak menghabiskan waktu di Atas. 8 Jam total penjelajahan untuk mengisi libur akhir pekan.

Ps : Bawa uang kontan, bawa bekal cukup, puas-puasin di Deutsches Eck. Ini Wisata cocok buat yang pengen menyegarkan diri dari hingar bingar kota dan penatnya bekerja.

Cek selalu di Koblenz.de, di situ lengkap kok informasinya, ntar dari Web itu dihubungin ke Web laen kayak Info naek Seilbahn, harga tiket, dll.

Dari HBF KOBLENZ, ke Tempat wisata pentingnya deket.


Dokumen Pribadi dan Kiki.



Semoga bermanfaat buat yang pingin jalan-jalan ke Koblenz, liburan di Koblenz atau melakukan perjalanan ke Koblenz.




0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D