Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Minggu, 07 Desember 2014

Jalan - Jalan di Karlsruhe, Jerman

Perjalanan penulis kali ini didasari keinginan merasakan Ruhe alias ketenangan yang melekat dari nama kota ini, Karlsruhe. Kalo bahasa Inggris, Ruhe itu Rest. Karl itu nama orang, Karl Wilhem III lengkapnya.

http://www.karlsruhe-tourismus.de/design/ka_de/images/logo.png

Letaknya di :

a.       Negara bagian Jerman, Baden Wűrrtemberg – bagian selatan Jerman
b.      Tetanggaan sama Stuttgart dan Műnchen
Menurut penulis, kalo pengen mampir dolan atau liburan ke Karlsruhe, bisa aja dari Heidelberg terus ke Sini. Bisa juga, pulang wisata dari Műnchen atau Stuttgart menyempaatkan diri ke Karlsruhe.




Apa istimewanya :

a.       Tahu mobil Marcedes Benz? Penemunya asli karlsruhe, namanya Karls Benz.
b.      Pernah naek sepeda? Penemunya juga dari Sini.
c.       Dijuluki kota kipas, Fặcherstadt.
d.      Tempat wisata penting, secara geografis berdekatan, bisa ditempuh jalan kaki.
e.      Lengkapnya, bisa cek ke sini : www.Karlsruhe-tourismus.de

Nb : Penulis belajar dari web tsb sebelum melakukan kunjungan mbolang singkat selama 8 Jam.

Fokus kunjungan penulis saat itu (5/12) adalah untuk mengunjungi Schloss alias istana Karlsruhe. Eh, tapi ternyata penulis bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Kenapa? Penulis didampingi 2  orang yang sempat tinggal di Karlsruhe. Mereka jadi penunjuk jalan dan semacam Tour Guide. Hasilnya? Penulis gak perlu repot-repot mikir. Hahahahha.

HBF


Sesampainya di Karlsruhe HBF, penulis berjalan ke arah Tourist Information (TI) yang ada di Seberang HBF. Seperti biasa, penulis hanya mengambil peta dan brosur semata. Lalu, datanglah dua teman penulis.

Tourist Information



Oya, tepat  di samping TI ada Stadtgarten/Zoo alias kebun binatang. Mau masuk?  Bayar ya! ^____^

Ngintip Kebun Binatang



Ini rute yang diambil penulis bersama kedua teman (Mbak Hanirla dan Mbak Katja) :
  • 1.  Dari HBF naek Bus yang menuju Friedrichplatz, kebetulan di Tempat itu lagi ada Weihnachstmarkt. Di Deket situ ada pusat perbelanjaan. Sapa tahu mau belanja.
  • 2.       Menyusuri Friedrichplatz, ntar ngeliat Staatliches Museum fűr Naturkunde.
  • 3.      Jalan dari situ penulis diarahkan sama temen k e yang namanya Markplatz.
  • 4.      Deket situ ada Pyramid. Sayang, lagi dibenahin jadi penulis gak bisa poto-poto.
Piramid
  • 5.     Dari situ nyebrang dan ngeliat Platz der Grundrechte,oya  Karlsruhe juga terkenal kota Hukum. Bdw, penulis ga terlalu memerhatikan karena mata langsung tertuju ke Schloss.


  • 6.   Masuk Schloss gratis, karena kebetulan tiap hari Jum’at jam 14.00-18.00 pengunjung bebas biaya tiket.

  • 7.       Di Dalam Schloss ada Badisches Landesmuseum.
  • 8.       Di deket Schloss ada Botanischer Garten.


Kalo seandenya gak ada yang nemenin dan langsung pengen ke Schloss, cek aja www.dbahn.de
Cek dari HBF menuju ke Schloss, di situ ntar jelas kita naek apa, jam berapa, turun di halte apa. Sip ya?

Oya, karena kebetulan itu pas musim dingin dan natalan, jadi penulis bisa jalan-jalan di Pasar natal dan maenan Eislaufen. Tempat Eislaufen tepat di depan Halaman istana.




Pengalaman masuk Istana :

Memasuki pintu utama Schloss, pengunjung diwajibkan menitipkan jaket dan tas ransel/tas yang ukurannya agak besar. Ada 4 lantai ditambah Turm atau kayak kubah gitu. 4 lantai : lantai bawah tanah, lantai dasar, lantai satu dan dua.


Oya, Badisches Landesmuseum yang di dalam istana itu menampilkan barang-barang antik jadul sampai sekarang serta itu lo seperti menyajikan perkembangan manusia dari masa ke masa. Ntar, penulis bahas sendiri.

Untuk menuju Turm, pengunjung disarankan lewat lantai satu. Nah, ntar naek melewati tangga kecil. Dari Turm bisa ngeliat pemandangan dan itu lo bentuk yang menyerupai lingkaran dan melingkari istana. Hahahah.




Setelah itu...

Puas menjelajah, penulis keluar dan pergi menuju Botanischer Garten. Sayang, lagi musim dingin dan udah tutup. Kalo musim panas kayaknya bagus.
Akhirnya, tibalah saat untuk uji nyali dengan menjajal Eislaufen.

Oya, oya, oya, mungkin mau coba rute jalan – jalan seharian di Karlsruhe yang ini (sumber : brosur dari TI) 

Start : Tourist Information – Stadtgarten/zoo – Vierordbad (Ini tempat buat renang) – Rathaus mit Pyramid – Stadtkirche – Markplatz – Platz der Grundrechte – Schloss Karlsruhe _ Badisches Landesmuseum – Botanischer Garten – Friedrichplatz – Staatliches Museum fűr Naturkunde – Ettlinger Tor.


Kesan : Syeru!

Tulisan pengalaman Eislaufen dan Masuk Istana terpisah yaaaa, sapa tahu pada mau baca juga hahahahhahahah.


0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D