Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 26 Januari 2015

Basket pake kursi roda

Main bola basket pake sepatu? Jelas! Kalo main bola basket pake sepatu sama kursi roda? Waaaw. Ini ni yang penulis kunjungi pada 22/1 kemarin. Sebelumnya penulis juga menjajal naik kursi roda di Jalanan. Ini ni ceritanya : Rasanya naik kursi roda

Basket dengan kursi roda sendiri adalah sebuah olahraga yang sebenarnya dilatihkan pada mereka yang mengalami cacat fisik atau berkebutuhan khusus. Namun, ternyata bagi mereka yang non kebutuhan khusus boleh ikutan main. Ya, dengan syarat harus duduk di atas kursi roda.



Olahraga ini ditemukan pada 1946 oleh para pemain basket di USA yang terluka karena perang dunia. Walaupun terluka dan mengalami cacat fisik, mereka masih ingin tetap menyalurkan hobinya. Mulai 1960 basket dengan kursi roda ini jadi salah satu cabang olahraga di Paralympic.



Ketentuan olahraga ini sama dengan basket normal. Hanya saja di Basket dengan kursi roda terdapat klasifikasi pemain yang ditentukan oleh beberapa poin. Maksudnya tu pemain bakal dicampur dari berbagai tingkat keparahan fisik . Jadi digabung, satu grup terdiri dari beberapa pemain yang “normal”, mengalami cacat sedang dan parah.

Satu tim bisa bermain jika memenuhi jumlah ketentuan, yaitu 14,5. Oya, dalam permainan ini putra dan putri boleh campur loh.

Klasifikasi poin sebagai berikut :

Poin 1, Ini berlaku untuk mereka yang mengalami cacat parah.Yang secara kasat mata sudah kelihatan kalo parah

Poin 2, jika kaki / paha pemain tidak berfungsi.

Pon 3, kaki pemain masih berfungsi walaupun sedikit, bisa membungkuk kedepan.

Poin 4, Pemain memiliki fungsi tubuh yang normal, namun karena beberapa kelemahan, fungsi kaki mereka tidak lagi dalam posisi yang benar.

Pon 4.5, memiliki kecacatan fisik paling ringan/minimal.

Deskripsi permainan sebenarnya sama dengan basket normal pada umumnya. Di sini mereka juga menggunakan ring basket setinggi 3,05m. Setiap tim terdiri dari 5 pemain dan 7 pemain pengganti, dimainkan selama 4x10 menit.

Nah, dalam kunjungan Persatuan basket kursi roda Rhine River Rhinos Wiesbaden, tsb, penulis dan peserta seminar diberi kesempatan menjajal naik kursi rodanya dan tentu saja bermain. Ternyata susah juga masukin bola ke dalam ring dengan kursi roda.



Oya, kata mereka yang sudah pengalaman main sebenarnya kursi roda ini dikategorikan sebagai alat bantu semata, ya seperti kalo main ski gitu....

Kami juga diberi kesempatan untuk melihat latihan para pemain Rhine River Rhinos yang akan berhadapan dengan tim dari Műnchen.





0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D