Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 05 Januari 2015

Jalan-Jalan di Praha : One Day Trip

Praha atau Prag, Prague yang menjadi ibukota Ceko bisa dijadikan alternatif liburan di Eropa yang terjangkau dan asik. Kota ini memberi kesan akan kecantikan masa lalu dengan bangunan-bangunan eksotis serta ketampanan wajah penduduknya.

free map prag cdn.prague-guide.co.uk



Hanya punya waktu satu hari? Tidak masalah, karena tempat wisata unggulan Praha bisa dijangkau dengan jalan kaki atau naek transportasi regionalnya. Apa saja yang bisa dilihat dalam satu hari? Penulis ingin berbagi secara singkat mengenai rute One Day Trip yang penulis dan kiki lakukan.

  • Menuju Namesti Republiky, tempat ini menjadi titik kedua setelah Stasiun besar Praha yang dikunjungi penulis dan kiki. Ada peninggalan arsitektur seperti municipal house, north powder tower, state opera hall, dan mall palladium. Bangunan ini merupakan bangunan bersejarah. Awal yang bagus untuk memulai One Day Trip. Kecantikan Praha sudah mulai tampak dari sini.





Coba perhatikan Municipal House, bentuknya sensual. Kubahnya berwarna hijau dengan mosaik-mosaik cantiknya. Di dalamnya terdapat Smentana Hall. Yang katanya hall terbesar di Praha.

Municipal House



Di samping Municipal House ada North Powder Tower.
North Powder Tower

How to get to Namesti Republik?

Mau jalan kaki? Coba cek peta dulu.

Dari stasiun utama Praha Hlavni Nadrazi, jangan lupa beli tiket yag berlaku 24 jam. Harganya relatif oke, 110 CZK (setara 4 Euro). Penggunaan tiket ini harus divalidasi terlebih dahulu di kotak warna kuning yang ada di Stasiun atau yang ada di dalam bus dan Tram. Cukup sekali validasi, tiket bebas digunakan selama 24 jam. Mudah bukan? Penulis sendiri membelinya di Tourist Information, di sana juga penulis mendapat peta gratis lagi.
Sebelumnya, penulis mencetak rute yang ditawarkan pada website PPI Ceko. Peta perjalanan penulis dapat dari cdn.prague-guide.co.uk. Selain peta, disitu penulis juga mendapat arahan perjalanan dan info transportasi di Praha. Peta yang sudah dicetak ternyata membantu jalannya pelaksanaan One Day Trip. Belajar transportasi Praha juga ada baiknya, kok.

Sudah punya tiket? saatnya naek metro. Dari stasiun naek Metro C dan turun di Florenc. Dari situ jalan ke Arah Namesti Republiky.

Dari situ lanjutkan perjalanan ke ......

  • Old Town. Di Sini, pelancong disuguhi beberapa alternatif menarik untuk objek cuci mata. Ada Astronomical Clock yang juga menjadi unggulan Praha. Tak jauh dari Astronomical Clock, mungkin kamu tertarik mengamati Tyn Church, sebuah gereja cantik, ada Jan Huss memorial stand, Saint Nicholas Church berubah fungsi menjadi concert hall dan House of Black Madonna . 




Tyn






How?

Dari Namesti Republiki ke Old Town bisa ditempuh  jalan kaki  sekitar 15 menit melalui royal road ke staromestke namesti/old town square lewat  jalan Celetna yang dipenuhi toko kristal.

Di Halaman Old Town waktu itu (31/12/14) terdapat Pasar yang masih berhias hiasan natal. Beragam oleh-oleh dan panganan menjadi daya pikat yang patut dijajal. Penulis dan kiki kemudian menjajal makanan ini.

Harganya 60Kz ato setara 2,5 Euro.  Tak lupa, oleh-oleh kesukaan ibu-ibu yaitu magnet kulkas dan kartu pos.

FYI : Nikmati keindahan Praha yang indah dengan bangunan-bangunannya.

  • Ke Jalan Parizka, disitu ada Old Sygnagogie. Mungkin pernah dengar nama Franz Kafka? Sastrawan ini kelahiran Praha. Di sekitar sinilah terdapat patung Franz Kafka yang laris menjadi antrian para turis untuk berfoto.


  • Puas di situ? Siapkan diri untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke arah Charles Bridge. Sebuah jembatan yang menjadi icon Praha. Sepanjang jembatan yang membelah sungai Vlatva ini, pelancong bisa menikmati pemandangan manis antara air, kastil dan langit. Sepanjang jembatan, banyak para seniman jalanan yang menawarkan jasa untuk melukis wajah dan diri. Banyak pedagang juga. Saking ramainya, waspada juga terhadap tangan-tangan jail copet. Pastikan barang bawaanmu aman ya! 
di depan jembatan

jembatan



  • Sudah cukup di Jembatan? Kalo masih minat, dari Charles Bridge berjalanlah menuju Malostranka, melalui jalan Misenska dimana terletak beberapa museum salh satunya museum Franz Kafka.

  • Ke Praha tanpa mengunjungi Kastil (Prazky hrad) rasanya kurang memuaskan. Letaknya berada di ketinggian. Ingin berjalan ke Sana? Bisa, dengan menaiki tangga yang dijuluki “seribu anak tangga”. Jangan lupa, siapkan bekal cukup kalo mau mendaki tangganya yaa. Good Luck! Namun, kalo ingin menghemat tenaga saran dengan naik Tram juga bisa.








How?

Naik tram nomor 22 yang menuju ke Prazky hrad dari halte Malonstranska,
Di situ, pengunjung disuguhi istana Royal Summer Palace/ Kralovsky Letohradek dan Royal Garden. Juga bisa mengunjugi Saint Vitus Chatedral , Istana kepresidenan dan spot untuk melihat kota Praha dari ketinggian.

FYI, kastil Praha tampak seperti sebuah kota kecil yang menyendiri di atas. Ya, karena terdiri dari beberapa bangunan penting itu tadi.

Segini dulu uraian singkat mengenai One Day Trip nekat kami di Praha. Semoga bisa membantu. Hahahahasik!


.


4

4 komentar:

  1. Prague. Europe always look good. ^_^

    BalasHapus
  2. Sure.. Indonesien too :*********

    BalasHapus
  3. Bangunannya cantik-cantik bangeeett :)

    BalasHapus
  4. iya mba nunik, ditambah cantik dengan sisa-sisa saljunya... :))

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D