Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Jumat, 25 September 2015

Pengungsi, Bagaimana Kabarmu?





*Kami tak menemukan Siang dan Malam untuk tidur, karena kami takut untuk memiliki hidup*






*Kami mengingkan hidup yang layak*



Taked from Jugendhaus Don Bosco Am Fort Gonsenheim, Mainz, Germany (23/09).



Gelombang pengungsi dari Syria menyentakku beberapa minggu. Entah kenapa Syria yang membayangiku. Mungkin karena beberapa kolegaku berasal dari Sana. Lalu, kemarin (24/09) saat shalat id Adha di Masjid Fatih Ingelheim, dari 13 jamaah wanita, 6 di antaranya pengungsi asal Syria. Mereka ibu-ibu, hanya satu seorang gadis kecil yang umurnya sepantaran keponakanku Erma. Kira-kira, ia 13 tahun. Kami mengobrol singkat dengan bahasa Inggris karena mereka belum bisa berbahasa Jerman. Sempat juga kulayangkan pertanyaan berbasahasa Arab yang dulu waktu SMP sempat kupelajari. 

Sejak awal 2011 sebanyak 58.000 pengungsi asal Syria datang ke Jerman untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik. Kebanyakan mereka yang datang ini berkat pertolongan keluarganya yang telah duluan datang di Jerman. Waktu les (22/09), kami para peserta juga mendiskusikan masalah pengungsi dari Syria. Walaupun kelihatannya banyak pegungsi masuk Eropa, ternyata kalo diprosentase jumlahnya hanya 3 %. Negara penampung pengungsi terbantak dari Syria adalah Libanon (34%), Yordania dan Turki (masing-masing 24%), 9% ditampung Irak, 6% mengungsi di Mesir, dan yang sedang hangat-hangatnya yaitu jumlah mereka yang masuk ke Eropa. (Jerman, Austria, dll).


Just want to share something...

Semoga Id Adha ini membawa kesejukan untuk mereka, kami, kita dan semua. Amien!





2

2 komentar:

  1. setiap kali terdengar kisah tentang fluchtlinge dr syrien, hatiku terasa tersayat... sdih mengenangkn sahabat seagama yg bertarung utk hidup...sedang kita x menghargai kehidupan dan nikmat yg Allah beri pd kita....astaghfirullah....

    BalasHapus
  2. Cuma sanggup banyak bersyukur karena kita masih bs tidur nyenyak pula
    Smoga semua dimudahkan amiennn

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D