Kartu Sim / Sim Card di Jerman, Pakai Yang Mana yah?

Sesampainya di Jerman, beberapa pertanyaan ini pun memenuhi kepala saya. Gimana ya biar bisa tetep internetan, telponan atau sms-an dan biayanya hemat? Pake Kartu apa ya-Pake Sim Card apa ya? Providernya apa ya?

www simtarif de


Waktu itu saya di Berlin dan banyak sekali kenalan asal Indonesia yang pada pakai O2, kemudian mbak Nuri dan mbak Odi juga memberi saran untuk pake O2 saja, tapi yang prepaid. Ha? Maksudnya? Kemudian mereka menerangkan kepada saya. Kartu di Jerman jenisnya ada dua,


  •  Prepaid (Pra Bayar) : Mirip sama di Indonesia, beli kartu dan bisa digunakan buat intenetan dsb selama pulsanya ada dan cukup.
  • Vertrag (Pake Kontrak) : Biasanya kartunya itu udah sepaket sama Handy (Hapenya), bisa dipake sesuka hati.
Yang Prepaid Tarif ini bisa dibeli di Counter Khususnya, swalayan, pom bensin dan beberapa tempat lainnya, syaratnya juga gak ribet. Tinggal datang, bawa uang, nunjukin identitas kalo diminta, beli simcard dan bayar. Setelah itu registrasi dan kartu bisa digunakan.

Pengalaman pakai Prepaid O2 Loop :

Waktu itu saya belinya di Counter O2 langsung. Saya diminta nunjukin passpor dan Anmeldenbestätigung. Yang bantu registrasi petugasnya.

Walaupun banyak orang Indonesia yang pake O2 waktu itu, saya ngerasa pake O2 biayanya mahal. Kalo habis pulsanya, saya harus ngeluarin uang minimal 15 Euro. Tiap mau internetan, karena saya gak pake Paket data yang perbulan, maka saya harus ngaktifin yang perhari. Internetan sehari, biayanya 0,99 Cent dan kuota datanya 30 MB doank, kalo kuotanya abis ya berarti nambah lagi 1 Euro.

Isi ulang pulsa O2 dan beberapa prepaid lainnya bisa dilakukan di Counternya, di Swalayan dan Pom bensin, di Bank, di Atm, dll.

Saya pikir-pikir, kebutuhan saya yang paling besar itu bukan buat telponan tapi internetan doank, maka saya kemudian beralih pake Aldi Talk. Alasannya, kontrak Au-pair saya habis dan saya bakal tinggal sendiri dimana saya gak ada fasilitas w-lan gratis lagi. Sesuai saran mbak Milkha dan Vida, sampai sekarang saya setia pake Aldi Talk walaupun nomor O2 tetap saya pertahankan.

fitriananda.com


Pengalaman pakai Preipaid Aldi Talk :

Kartu dan pulsa Aldi Talk hanya tersedia di Swalayan Aldi (Di Jerman, Aldi ini terkenal murah meriah lo). Oleh karena itu, saya pergi ke Swalayan Aldi dan menuju langsung ke Kasir. Pada waktu itu biaya yang saya keluarkan adalah 12,99 Euro untuk pembelian Aldi Talk Starset (cek www.alditalk.de. Aldi Talk starset ini adalah sepaket yang berisi beberapa dokumen, penjelasan dan tentu saja sim-cardnya yang akan dipasang ke Handy. Simcard di Jerman ini otomatis bisa dibuat mini simcard dan ga.

Waktu beli kasir gak minta saya nunjukin identitas, yang penting saya bayar. Untuk registrasi juga saya lakukan sendiri, tidak dibantu petugas seperti waktu saya beli O2 jaman dulu.

Di dalam Starset Aldi ada petunjuk bagaimana melakukan Registrasi kartu supaya bisa digunakan. Ada 3 macam cara registrasi :
  •  Registrasi Online  
  • Registrasi via telefone : waktu itu saya pake ini, nelpon petugas dan mereka yang ngaktifin nomor saya.
  • Per Pos atau Fax Registrasi

fitriananda.com


Setelah terigistrasi, pasangkan kartu ke dalam Handy dan masukkan PIN. Kalo sudah, kartu bisa digunakan untuk komunikasi deh.

Uang bulanan untuk Aldi Talk yang saya keluarkan 10 Euro untuk memaketkan data internet sebesar 1500 MB.

Biaya telpon dan sms seluruh operator adalah 11 Cent.

Oya, isi ulang pulsa Aldi ada beberapa macam : 5 Euro, 10 Euro dan 30 Euro. Saya selalu beli yang 5 Euro dua kali supaya jumlahnya 10 Euro haha. Harganya tetep kok, yang 5 Euro ya 5 Euro. Kalo di Indonesia kan pulsa 5ribu bayarnya 6rb gitu kan?

Oke, kebutuhan saya kan internetan ya  dan di Aldi saya pake paketan yang jenisnya Internet Flatrate.
Internet Flatrate ada yang ukuran S 150 MB harganya 4 Euro perbulan- ukuran M 500MB harga 7 euro perbulan - ukuran L 1500 MB harganya 10 Eruo terus ada yang XL  5000 MB harganya 15 Euro perbulan.

Keunggulan ukuran S, M dan L, kalo datanya udah abis, internetnya masih bisa dipake dan jalan walau lambat samapi 30 hari tapi kalo yang XL, walopun cepat dan datanya banyak kalo sebelum 30 hari data 5000 udah abis ya berarti ga bisa internetan lagi. Maka dari itu, saya pakenya Internet Flatrate yang ukuran L.

Untuk jenis Prepaid lain, banyak juga kok yang hemat. Lebih jelasnya silahkan cek dii www simtarif de atau coba lihat lagi di Google. Semoga bisa jadi bayangan ya.
Kalo kamu pakenya apa? Hemat gak?




Info-info lain bisa tengok di blog lajuman
jermandes kelasnusantara com



Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Kartu Sim / Sim Card di Jerman, Pakai Yang Mana yah?"

  1. woo, saya kira di german udah free wifi. Mbak ? ternyata bisa pake prepaid juga :D

    ReplyDelete
  2. Iya hampir tiap rmh uda lengkap ma wifi
    Tp yg gak hrs nyepakke dewe :D

    ReplyDelete
  3. di sana sudah 4G?

    ^pertanyaan macam apa inih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyknya udah og lha kalo download cepet hahahah

      Delete
  4. saya masih setia pakai Vodafone hehehe :D

    ReplyDelete

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D