Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Rabu, 04 November 2015

Hak dan Kewajiban FSJ di Jerman

Hal-hal berikut adalah yang berhubungan dengan Freiwillige Soziales Jahr , Ya semacam hak dan kewajiban FSJ.  Sekedar info, yang penulis tulis ini berdasarkan pengalaman FSJ pribadi, beberapa rekan dan keterangan dari Träger FSJ : Kleines ABC bei EVIM tempat penulis mendaftar (Träger). Artikel ini diharapkan bisa jadi gambaran buat pembaca yang berkeinginan. Tulisan ini dibuat secara umum karena lumayan juga pertanyaan tentang FSj di Email. Lebih detailnya, silahkan gali informasi dari tempat mendaftar yah :D

Apa itu FSJ, silahkan baca ini dulu ya : Fsj di Jerman atau sila cek Isi Blog yah. 
A
A : Anleiter/in in den Einsatzstellen

Dalam pelaksanaan FSJ, akan ada seseorang yang bertindak sebagai Anleiter/in atau bisa dibilang pembina. Mereka ini akan mendampingi FSJ dan bertugas membantu jika ada masalah, menjawab pertanyaan kita, ikut membantu mengarahkan seorang FSJ-er/in. Penulis pribadi didampingi seorang Anleiterin yang pribadinya sabar tapi tegas. Contoh, dia nunjukin penulis apa-apa yang penulis harus kerjakan dan tidak, memberi saran kalo penulis tidak betul dalam melakukan tugas dan yang punya otoritas menempatkan penulis di bagian mana. Kalau ada masalah, penulis larinya ke dia. Di awal-awal FSJ, keberadaan pembina betul-betul diharapkan. Sekali dalam setahun, pembina, pihak dari Träger penulis dan penulis akan duduk bersama dan saling tukar pendapat. Dulu penulis pada sesi itu ditanya habis FSJ mau ngapain, beneran mau pulang atau mau yang lain.


A : Arbeitsinhalte : Stellenbeschreibung

Supaya punya patokan terhadap kewajiban dalam bekerja, seorang FSJ-er/in akan mendapat Stellenbeschreibung atau Job Description. Yang penulis dapat adalah lembaran yang jadi satu sama Vertrag atau surat kontrak. Di Sini penulis jadi tahu apa toh sebenernya tugas penulis. Contoh, inti kerja di Altenheim kan ada bagian Pflege. Di situ dijabarin, jatah Pflege penulis itu yang gimana, karena statusnya FSJ, di dalam Kontrak itu isinya ya ngurusin Penghuni yang gampang dan agak gampang. Job ini bisa dibicarain sama Anleiter. Dulu penulis dapat ini di awal dan kemudian 1 bulan setelah itu dibahas lagi, bagian mana yang penulis rasa berat, dll. Dulu penulis ngerasa susah dapat jatah dapur pagi hari. Nah, habis itu dicari solusi bareng.

A : Arbeitszeit

Kerja sosial ini masuk kategori Vollzeit, yang dalam peraturan adalah 40 jam dalam seminggu. Untuk urusan jatah kerja, apa FSJ-er/in dapat jatah pagi atau sore, itu tergantung tempat kerja masing-masing. Kalo di Panti-Panti ada yang gantian, kadang pagi kadang sore, ada juga yang datangnya pagi terus dan selalu dapat libur sabtu minggu. Penulis sendiri dapat jatah kerja yang selang-seling, kadang pagi kadang sore, dapat libur akhir pekan juga selang-seling. Kalau pingin yang teratur jadwalnya, FSJ-nya di Sekolah-Sekolah deh.


B
B : Bescheinigung

Untuk dapat memulai FSJ, FSj-er/in akan mendapat semacam surat pernyataan/penangguhan sebelum Vertrag asli keluar n yang menerangkan kegiatan kita dalam kerja sosial. Surat ini bisa digunakan untuk persyaratan bikin Visa ke Behörde atau buat daftar-daftar sesuatu. Contoh, waktu itu penulis nggunain ini buat syarat daftar asuransi kesehatan.

B : Bildungstage

Konsepnya hampir mirip sama seminar yang biasanya dilakuin seminggu, bedanya Bildungstage ini sehari aja. Temanya beda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan. Ada tema-tema yang sedang mendunia yang bakal dibahas, contoh kayak pengungsian, dll.

D
D : Dauer der Freiwilligendienste

FSJ dan BFD dalam peraturannya berlangsung selama 12 bulan. FSJ bisa diperpanjang 6 bulan. BFD sendiri bisa diulang setiap 5 tahun sekali sampai batas umur yang ditentukan, ntar penulis bahas sen . Penulis sendiri perpanjang FSJ sampai 18 bulan. Fsjnya juga di Tempat yang sama. Waktu itu penulis memohon secara lisan dan tertulis pada tempat kerja, alhamdulillah semua lancar termasuk urusan VISA yang Cuma makan waktu sehari. Syarat perpanjang VISA intinya sama aja kok, Passpor, Vertrag, Asuransi dan bayar.*Silahkan tanya ke Behoerde lebih lanjut yah.

 D : Dienstkleidung

Tergantung tempat FSJ/BFD masing-masing. Penulis sendiri gak pakai seragam, pakaiannya bebas yang penting sopan dan enak buat gerak, jilbabnya disesuaikan yang penting rapi. Sebagai tanda pengenal, di Tempat penulis kerja dikasih Nametag ajah. Nah, kaka kelas penulis ada yang dapat seragam. Seragam jadi tanggung jawab dia sendiri, ya maksudnya dalam urusan cuci dan setrika.

E : Einsatzstellenbesuch

Kalo dari Träger penulis, dalam sekali setahun mereka bakal ngunjungin FSJ-FSJ-er/in-nya. Pengalaman penulis juga gitu, di Situ penulis diajak ngobrol bareng pembina di tempat kerja. Jadi ada 3 orang : FSJ-er/in, pembina dan pihak träger.

****Jangan lupa dibaca Vertrag-nya yah :D

Sekarang tarik nafas dulu. Di manapun FSJ-nya, yang penting tetap asik ngejalaninnya yah!


F
F : Fahrkosten

Beberapa ada yang nanya ke Penulis, “Dapat tambahan uang transport ga?” Nah, tergantung Träger masing-masing sih dan tergantung jarak tempat kerjamu dengan rumah. Kalo penulis sendiri, urusan transport sehari-hari gak ditanggung Träger, cuman kalo seminar ato Bildungstage biaya transportnya bakal dituker mereka. Lagian, jarak kerja penulis ke Tempat kerja paling Cuma 100 langkah. Hahah. Nah, urusan transport kebanyakan jadi tanggung jawab FSJ sendiri. Kalo pengalaman kaka kelas n beberapa temen, mereka pake Monatskarte (kartu bulanan) ke Tempat kerja, soalnya jarak ke Tempat kerja agak jauh dan harus naek kendaraan umum. Biaya tersebut ditanggung berdua, mereka sama Träger. Lebih jelasnya, silahkan tanya Träger masing-masing atau baca di Surat kontraknya yah. Bisa juga bikin Jahreskarte.


contoh Monatskarte




****Status kita sama lo kayak Azubi, jadi tarif yang digunakan yang diskonan. Contoh gini, di Jerman kan ada kartu mingguan dan bulanan. Tarifnya ada yang tarif normal, Azubi dan Schὕler. FSJ kenanya yang tarif Azubi.

F : Freiwilligendienst-Ausweis

Sebagai FSj/BFD, kita akan diberikan tanda pengenal. Gunanya bermacam-macam. Yang paling penting si, bisa dapat diskon kalo nonton bioskop, masuk museum atau ke beberapa tempat lain. Contoh, waktu penulis bikin kartu anggota perpustakaan di Perpus Kota gak suruh bayar, karena penulis nunjukin tanda pengenal FSJ. Waktu ke Frankfuter Buchmesse 2015, penulis juga kena tarif Student, beli monatskarte kenanya tarif Azubi. Usefull!





G : Gehalt

Sebagai FSJ, kita dapatnya bukan Gehalt/Gaji tapi dapatnya uang saku ato Taschengeld. Tiap träager beda-beda. Uang saku berkisar dari 200. Itu biasanya ditambah uang makan. Contoh, karena penulis ga dapat jatah makan di Tempat kerja maka perbulan penulis dapat tambahan 90 Euro buat makan. Uang saku+uang makan dapatnya. Untuk lebih lengkap, silahkan tanya ke Träger masing-masing.

@@@@@@

Peraturan mengenai FSJ diataur dalam “Gesetz zur Förderung von Jugendfreiwilligendiensten” semenjak 16.5.2008 sedangkan mengenai BFD diatur dalam “Gesetz ὕber den Bundesfreiwillihendienst (BFDG) tertanggal 28 April 2011. Bagi yang ingin tahu lebih lengkap bisa baca kedua hal tersebut.


G : Gesundheit

Di Setiap tempat FSJ beda-beda, ada yang disuruh medical Check Up ke Dokter atau juga disuruh Impfung untuk mencegah hepatitis contohnya. Penulis sendiri gak disuruh ngapa-ngapain. Beberapa orang yang FSJ di Sekolah diwajibkan medical check up. Tergantung tempat kerja, bisa ditanyakan ke pihak ybs yaaaa.
Nah ini nih....

K : Krankenheit

Bisa gak sih FSJ gak masuk kerja karena sakit? Bisa donk. Hari pertama dan kedua sakit, biasanya gak butuh surat ijin tapi mulai hari ketiga surat iji sakit dari dokter harus disertakan. Biasanya tinggal telpon tempat kerja dan bilang kalo kita sakit. Yang penting ngasih kabar. Hmmm, setelah penulis amat-amati banyak juga pekerja dan kawan FSJ se-träger yang sering ijin sakit. Kalo sakit beneran si gak papa. Pernah diceritain, ada pekerja yang baru beberapa bulan kerja itu udah sering ga masuk dengan alasan sakit, nah saking seringnya itu dia digosipin itu beneran sakit apa gak. Selesai tahun pertama dia kerja akhirnya dia di Kὕndigung atau diberhentikan gitu.

@@@@@
Loncat ke

Nebenjob

Kerja sampingan sembari FSJ? Bisa, tapi bicarakan dulu sama Träger. Penulis pernah minijob, bersih-bersih rumah selama beberapa bulan, ada surat kontrak. Temen penulis ada yang ngasuh bayi, dia juga punya surat kontrak. Teman lain ada yang jaga karcis bioskop, ada yang foto model dadakan, ada yang loper koran. Seinget penulis, pihak Träger pernah bilang, kalo gajinya melebihi Taschengeld bakal kena pajak. Untuk info lanjutan silahkan tanya Träger ato rekan yang lain ya.

Urlaub

Ngambil cuti liburan diperbolehkan loh, jatah FSJ yang 12 bulan biasanya dapat 27 hari. Yang Cuma 6 bulan dapatnya 13,5 hari. Silahkan diatur sebaik mungkin jatah cutinya. Dimaksimalkan ya, jangan sampai hangus! :D

Zeugnis

Diakhir FSJ, kita bakal dapat ijazah. Ya sebagai bukti bahwa kita telah melakukan program kerja sosial di Jerman. Kalo seandenya ditengah perjalanan kalian udah butuh ini, bisa aja lobi pihak Träger. Beberapa kawan FSJ penulis ada yang butuh ini buat daftar Studium. Info lanjutan tanyakan Träger masing-masing.



Sementara ini dulu, ada yang mau sharing ato nambahin? Monggo dikomen ajah yah. Semoga lancar dan sukses yah menggapai cita-citanya! Peace, Love n Gaul semuanya! :D



2

2 komentar:

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D