Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Jumat, 13 November 2015

Sejarah Migrasi ke Jerman #1


Barusan dapat pikiran random ketika ngeliat :





Ditambah ingatan mengenai tema Sejarah Migrasi ke Jerman waktu di Volkhochschule Mainz. Kami para peserta kursus dapat catatan kecil Die Geschichte der Migration nach Deutschland (38 : Diktat dari VHS).

Menyadur diktat tersebut, saya pengen bagi-bagi di Sini ya, sapa tahu bisa dilanjut lagi.

  • Sejak abad ke 17 dan 18 banyak warga Perancis datang ke Jerman. Mereka ini fliehen/escape/melarikan diri  dengan alasan agama.


  • Pada abad 19 orang-orang asal Polandia datang ke Pusat Industri Jerman, kala itu di Ruhrgebiet. Mereka ini bekerja di Pertambangan.


  • Setelah berakhirnya perang dunia kedua, sekitar 10 Juta orang Jerman yang ada di beberapa Negara seperti Polan, Ungarn, Rumania dan bekas Cekoslavia diusir.


  • Sekitar tahun 1955 dan 1973 perekonomian Jerman tumbuh pesat. Yang mengakibatkan kebutuhan pekerja meningkat. Itulah sebabnya mereka Jerman mengundang warga negara lain untuk bekerja di Jerman, istilah lainnya adalah pekerja tamu atau Gastarbeiter. Pekerja awal yang datang berasal dari Itali, kemudian Negara-negara Mediterania. Kelompok yang paling mendominasi berasal dari Turki.


*Mungkin inilah sebabnya banyak yang jualan kebab dan Pizza di Jerman, selain itu banyak orang Turki yang generasinya turun temurun di Sini. Ada masjid Turki di Sini, Oziel jadi pemain bola (hehe). Saya dulu jujur nggumun loh ngeliat banyak orang Turki di Jerman.

  • Mulai tahun 1980 datanglah pekerja kontrak ke DDR. Pekerja kontrak ini adalah pekerja tamunya DDR. Mereka didominasi dari Vietnam, Mosambik dan Angola.


  •  Pada era 1980 dan 199-an berdatangan pengungsi politik dari beberapa Negara untuk mengajukan suaka. Yang biasa dikenal dengan Asylbewerber.


  •  Mulai 1990 sampai tahun 2000 ada sekitar 2 juta “Spätaussiedler” atau Repatriasi datang ke Jerman. Pelaku Repatriasi ini merupakan orang Jerman yang pernah tinggal di bekas Negara Uni Soviet.


            *Menurut Kbbi.web.id, repratiasi adalah pemulangan kembali orang ke Tanah airnya. Idm.wikipedia.org menyatakan kata ini merupakan gabungan dari re (kembali) dan patria (tanah air).

  • Pada 1990an masih ada sebuah kelompok yang dikenal sebagai Kontingentflὕchtlinge mengembara ke Jerman. Kelompok ini merupakan penganut Yahudi yang berasal dari Rusia atau Ukraina.
  • Hingga saat ini terus berdatangan Pengungsi terutama dari Syria..


Bagaimana pendapatmu tentang Pengungsi di Jerman, kawan-kawan?




****
3

3 komentar:

  1. Lama-lama banyak orang Jerman itu asal keturunan Turki, kayak pemain bola mereka :-D

    BalasHapus
  2. N Syria juga mas hihihi
    Ditmbah di Sini Jg piramida tbalik lbh bnyk yg tua drpd muda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jerman lebih terbuka dengan pengungsi dari Timur Tengah. Wah kasian banyak yang tua :-)

      Hapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D