Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Jumat, 25 Desember 2015

Wie Schoko #Ingelheim

Weihnachten ist die Zeit die Schokoladen und sűßigketen, finde ich persönlich. Alles was sűß sind zusammen, dann aber sicher macht Freude und Dick! Das ist 2. Mal fűr mich gewesen, am Weihnachten wieder bei der Arbeit. Ich mag total gern am Weihnachten arbeiten, egal ob Morgen oder Spät. Warum? Es ist einfach, weil ich kein Wehnachten feiern muss.

An heiligabend waren viele Leute im Speisesaal. Die saßen so glűcklich und geműtlich. Auf  dem Tisch gab  Teller mit plätzchen, Glasser und Kerze. Langsam startete die Chefin diese Veranstaltung. Die Leute sind gemischt, bestand aus die Bewohnern und ihre Angehörige.

Ich hatte an dem Tag dienst, um die Leute zu bedienen. Kaffee eischenken , Torte-Lebkuchen und Stollen anbieten. Ah ja, ich war auch mit meinem Kollege. So schnell haben wir schon unsere Aufgabe erledigt. Endlich mal konnte ich sitzen und beobachten, wie diese Feier läufte.

Gesungen haben die Leute und andere Mitarbeitern.  Ich hörte gut und gelacht, weil ich meisten die Lieder nicht kannte. Nur heilige Nacht hab ich oft schon gehört. Was ich sehr schön fand, dass viele Leute ganz besonders erfreut warem. Klar, es ist Zeit, wo sie ihre Familie wieder sehen können. Total schön! Die Atmosphare war angenehm.
7

Selasa, 22 Desember 2015

Awal Musim Dingin di Jerman 2015, Lah kok Panas?

Foto siang ini 22 Desember 2015




Dari balik kaca perpustakaan kota Ingelheim, saya mengintip penampakan cuaca hari itu (22/12). 




Pasalnya, setelah berbincang dengan seorang pengunjung lain, ia bilang bahwa google sedang ngelindur. Saya pun baru paham maksudnya setelah melihat Doodle ini.






Yaaap, 22.12.2015 adalah Winteranfang : Permulaan Musim Dingin.
3

Menjemput Kardus di Baumarkt (Pasar Bangunan)

Tujuan saya hari ini  (22/12) ke Pasar Bangunan (Baumarkt/Bauhaus) di Ingelheim adalah cari kardus. Kardus khusus buat Umzug (pindahan) atau Umzugskarton. Sebenernya, saya udah punya beberapa kandidat Karton alias kardus yang akan saya kirim ke Indonesia lewat jasa Pulangkampung.eu. Sayang, kardus yang yang saya dapat gratisan dari kolega dan kawan kok kurang gedhe. Yasyudah, setelah pikir-pikir, mending saya rencananya beli aja.

Baumarkt Ingelheim


Pertama, saya ngecek ebay kleinanzeige (ebay yang nampilin barang yang ditawarkan di daerah sekitar kita tinggal). Kedua, saya lihat kisaran harga karton fűr den Umzug. Ukurannya kalo manut pulankampung.eu bervariasi ada yang 45x45x80 cm (XXXL), 60x40x40 (L) dan 40x30x40cm (M).  nah, untuk keperluan kirim pake pulangkampung.eu, saya butuhnya yang ukuran L (standar).

3

Makanan Pelipur Jiwa Versi Pipid

Semangkuk Bakso Pelepas Rindu

Rindu ini ditujukan pada suasana ketika masih punya toko di Banaran. Saya suka jajan bakso atau mie ayam keliling yang lewat depan toko. Dimakan panas-panas bersama orang rumah, di dalam toko sambil sesekali dihentikan karena harus melayani pembeli. Harga waktu itu di bawah lima ribu. 

Di antara orang rumah, sepertinya saya yang hobi jajan. Bakso yang enak adalah bakso yang kuahnya pedas tapi masih berasa manis serta ada rasa tomat dari saosnya. Sambal tiga sendok kecil, kecap manis dan sedikit saos. Jika makan bakso ato mie ayam, hobi saya adalah minum kuahnya. Kadang, kuahnya asat dulu sebelum baksonya tergilas.


Enak! Di Jerman, saya juga tetep bisa mbakso.
3

Kecewa Sama Worldremit?****** Ha?

Mulai Februari 2015, penulis menggunakan jasa Worldremit untuk kirim uang ke Indonesia. Metode pembayaran yang penulis  gunakan dari Jerman adalah Sofort Banking (Direct Bank), atau istilah lainnya pake rekening bank langsung. Kan  dari Jerman dan beberapa Negara ada dua metode, pake Credit Card sama Sofort Banking gitu.



Sampai sekarang, alhamdulillah lancar-lancar ajah.

Bedewe pernah punya pengalaman gak enak  ga dan ngecewain gak?
4

Jumat, 18 Desember 2015

Ringkasan Film Paulette, Nenek Kekinian

Saya pernah dengar, ada nenek yang tidak mau mengakui cucunya. Ia sering kasar pada si cucu, walaupun begitu si cucu selalu berusaha mendapat kasih sayangnya. Si Cucu adalah anak manis dan sabar, sering dia dibentak tapi tak mau balas menyakiti.

Ada juga di Perancis, seorang nenek yang membenci cucunya Cuma karena cucunya hitam. Maklum, anak semata wayangnya bersuamikan seorang Polisi berkulit hitam. Alasan pekerjaan, si anak perempuan mau gak mau harus sering menitipkan anaknya ke nenek. Yah gimana lagi, walau diejek dan dibentak, cucu ini tetap baik. Ya, walau dia harus rela dideskriminasi negatif oleh nenek yang ia banggakan.

Nama si Nenek adalah Paulette. Umurnya waktu itu 80 tahun. Hidup menjanda dengan uang pensiunan tak seberapa. Hidupnya makin tampak menyedihkan jika dia mengais-ais sisa makanan dan rebutan dengan yang lain. Dia ini juga iri dan sering menjelek-jelekkan restauran Asia di dekat Rumahnya. Oh, ternyata dulunya restauran itu adalah tempat usaha milik Paulette dan suaminya yang sudah meninggal.

Si Embah yang masih terlihat sisa-sisa kecantikannya itu, sering mancari barang-barang bekas di Dekat tempat pembuangan sampah. Malam-malam dia sering keluar dan berharap dapat sesuatu tersembunyi dalam sampah. Pernah juga, dia berhasil memboyong sebuah lampu antik yang masih lumayan bagus dari situ.

@@@

Orang bilang, Paulette ini cerdas dan bisa memanfaatkan sesuatu.
3

Rabu, 16 Desember 2015

Mau Upload Foto?

Sebelum mengunggah foto, ada unggah-ungguh yang sebaiknya dipatuhi. Seperti, foto tidak mengandung unsur pornografi, SARA dan juga hal-hal yang dianggap tidak etis dalam masyarakat. Sekali nafsu unggah foto, bisa-bisa jadi bahan ejekan. Sudah banyak kan contohnya? Efek yang dihasilkan luar biasa. Yang pasti, menurut penulis sih sanksi sosialnya. Wiiih, semoga kejadian-kejadian macam itu bisa jadi pengingat.

Nah, begitu juga kalo seandainya foto bareng sama temen-temen. Ada baiknya minta izin terlebih dulu ke mereka. Rela gak foto mereka dipajang di Media sosial? Sepele sih, tapi siapa tahu mereka kurang berkenan kalo fotonya diupload. Mungkin, karena waktu bergaya kurang cucok, dandanannya menor atau pudar dan intinya gak mau aja fotonya diliatin ke Publik.

@@@
Pasal 19 UUHC ayat 2 (www.hukumonline.com jawaban dari Ilham Hadi, S.H) berbunyi :

6

Minggu, 13 Desember 2015

Pasar Natal Jerman Secara Kasat Mata

Penuh dan juga berdesakan. Dalam keramaian yang jadi ciri khasnya, orang-orang serasa menikmati sensasi berjejalan, mengantri dan bersabar. Hal semacam itu yang sering dijumpai saat pasar natal tiba. Selalu begitu, setiap tahun dan tetap kokoh menjadi bagian tradisi masyarakat sejak 600 tahunan lalu.


suasana di Wiesbaden


Tidak Cuma pasar natal tentunya, di Indonesia pun begitu, ada banyak pesta-pesta rakyat yang melekat dan dirindukan kehadirannya. Jika mau menyamakan, suasana pasar natal di Jerman ini seperti sekaten atau pun pasar malam di Daerah-daerah Indonesia.
11

Jumat, 11 Desember 2015

Hey, Smombie ya? Apa Itu?

Nguping Percakapan

Dari seberang jalan di Samping lampu merah, pejalan kaki menunggu lampu hijau menyala, yang artinya tanda mereka boleh menyebrang. Sore yang dingin, sambil menyembunyikan jemari di Saku jaket tebal, penulis mempercepat langkah. Dari arah yang berlawanan ada 3 pemuda Eropa rupawan, salah satu di antara mereka tak kelihatan wajahnya. Ia menunduk dan diam. (11/12)



Tak disangka, pemuda yang menunduk ini menabrak wanita di belakang penulis. Wah, kok nabrak orang aja dia pake milih sih. Yang dipilih adalah seorang berumur 30an. Penulis penasaran dan berjalan lambat supaya denger percakapan mereka.

Intinya si Wanita memaafkan dan menimpali dengan embel-embel, “Ya makanya ati-ati dek, di Sini bukan area Smombie loh.

Mengenal Smombie : Apa Itu Smombie

Kata-kata Smombie terbawa penulis sampai ke Kereta dan akhirnya penulis baru sadar, ada banyak Smombie di Kanan-kiri penulis. Tak lama setelah itu pun, penulis bermetamorforsis jadi Smombie cantik. Apa itu Smombie?



Smombie itu nyata ada kok, malahan dinobatkan oleh juri dari Penerbitan Langenscheidt  jadi kata-kata gaul anak muda 2015 di Jerman. Saking gaulnya, penulis baru tau tadi. *Hmmm efek kerja di Panti Jompo.

Das Jugendwort des Jahres lautet laut Langenscheidt-Verlag: #Smombie.
8

Kamis, 10 Desember 2015

Ketemu Saudara Jauh asal Madagaskar

Sudah banyak ulasan yang membahas mengenai Madgascar. Dirilis dalam Proceedings of the Royal Society B,   mengatakan bahwa sekitar 30 perempuan Nusantara merupakan pendiri koloni Madagascar 1200 tahun lalu. Penelitian ini diketuai oleh Murray Cox, ahli biologi molekuler Universitas Massey Selandia Baru (historia.id : Berlayar Sampai Madagascar.

klik : wikimedia.org


Menariknya, wajah orang Madagascar memang ke-Indonesia-an. Melihat seorang Madagascar seperti melihar saudara  jauh. Penulis juga pernah salah sangka, mengira seorang kawan pasti berasal dari Asia Tenggara, kalo gak Indonesia ya Malaysia. Waktu pertama kali ketemu kami sudah curi-curi pandang, senyum-senyum dan dengan pedenya penulis berbahasa Indonesia, “Eh kamu dari Indonesia ya?” mendengarnya, seketika si anak ini melongoh dan menjawab dengan bahasa Jerman (kebetulan ketemunya waktu seminar FSJ di Frankfurt).

4

Scheinheilig!*** Belajar Kosakata

Budaya gosip gak pandang usia, tua muda, bisa kok jadi pelaku dan korban. Ada yang seneng diajak nggosip dan ada yang memilih gak ikut-ikutan. Ciri khas nggosip itu biasanya ngomongin orang. Namanya juga nggosip ya, ngomonginnya di belakang, kalo didepan orangnya langsung pasti gak berani, terus ntar pasang muka manis deh.



pic4ever.com


Jeder spricht űber jeden, kata tetangga rumah penulis siang tadi (10/12). Mbah Petry namanya, tetangga yang sering banged ngasih kosakata baru dan menyarankan penulis buat banyak ngisi Teka Teki Silang (TTS) sebagai alternatif buat belajar bahasa Jerman. Di umurnya yang udah di atas 90, ingatan doi masih kuat dan belum pikun.

Doi cerita, tadi dia liat  tetangga A dan C ngomongin tetangga B dan ketika tetangga B  datang, tetangga A dan C pasang wajah sok imut. Hmmm Jeder spricht űber jeden, yang bisa diartiin seorang yang membicarakan seorang lain.


http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2013/06/1370399775993019361.jpg


Nah seetelah cerita seperti biasa di akhir-akhir mbah Petry akan bertanya, “Paham kan?”. Lalu dia akan menyisipkan kosakata baru dan pada sesi yang tadi adalah :

Es ist so scheinheilig


dibaca *Syainhailig

Weißt du was das bedeutet? Tau gak maksudnya? Pancing mbah Petry sekaligus ngetes penulis. Hmmm, muka dua gitu kah mbah? 2 Gesichte?

Yuppppps! Istilah kalo bermuka dua... di depan baik, di belakang beol eh... maksudnya ga baik.



Nach außen tut man gut, aber eigentlich ist er nicht. Nampak dari luar berlaku baik, tapi aslinya gak.


http://www.pic4ever.com/images/vahidrk.gif


Ah so ... Oh Gitu

Selesai bercakap-cakap, penulis pamit dan minta kertas buat mencatat kosakata tersebut. Danke mbaaah!
Tips mbah Petri biar gak diajak gosip adalah pura-pura bolot ajaaaa, tambahnya sembari tersenyum








Terinspirasi Jindriska


2

Selasa, 08 Desember 2015

Kopdar di Pasar Bareng Awak Malaysia

Sedapnya jamur segar dengan siraman saus (05/12/15)  dari sebuah lapak mungil menjadi incaran kami bertujuh, dengan sabar kami pun menjadi bagian yang berdesakan. Kerumunan orang menambah sesak jalan kecil di Kota Rűdesheim, yang sedang bersolek gemerlapan karena Pasar Natalnya.




Pada masa Advent, biasanya sebulan sebelum hari natal, Jerman punya pasar dadakan, yang akan lebih semarak dikunjungi saat hari semakin gelap dan pekat. Weihnachtsmarkt namanya, ibarat pasar malam di Indonesia. Ramai akan jajanan, ada wahana permainan dan para pengunjung. Pengunjung tua atau pun muda menikmati pasar natal dengan caranya sendiri.

penulis, kak Ati, kak Aisya

6

Kamis, 03 Desember 2015

Nomin dan Ausbildung-nya

Lagi keinget aja sama seorang kawan asal Mongolia, yang pertama kali kenalan waktu kursus bahasa Jerman. Kira-kira, Januari 2014 yang lalu. Kami sama-sama ambil kursus di Volkhochschule Mainz. Dari 18an temen kursus, cuma sama dia lah penulis sampai sekarang sering ketemu, padahal dulu waktu di Kelas kami gak akrab-akrab banget. Malah barusan juga  ketemu di Tempat kerja (Des 2015).

ada dia yang aku maksud



Sempet malah ada konflik kecil antara kami ini dan dia gara-gara urusan bioskop :D




8

Selasa, 01 Desember 2015

Kepaksa Pijat Thailand di Jerman :D

Salah satu cara relaksasi yang menyenangkan adalah dipijat. Badan menjadi segar dan otot-otot yang kaku diregangkan. Di Jerman tidak sulit ternyata jika ingin dipijat ala ala Asia, karena tersebar banyak tempat pijat yang kebanyakan membawa nama Thai-Massage. Yup, pijat Thailand di Jerman.
Selsbt fotografiert

Di Ingelheim, kota tempat penulis sementara tinggal juga ada beberapa Thai Massage, dan rata-rata pemijatnya juga asli dari Negeri Gajah itu. Salah satunya adalah Bun Praya, berlokasi lumayan dekat dari Pusat Kota. Ada di Mainzer Strasse 21 55218 Ingelheim. Tempatnya mungil dan baru menyediakan satu tempat ajah, maklum pemijatnya juga baru satu, yaitu Bu Chidapha Lertphiyo. Dia ini merangkap jadi pemijat sekaligus pemilik. Tempat itu tergolong baru, 2 tahunan,  si Ibu juga baru 5 tahun di Jerman, tapi pelanggannya banyak.

http://www.bunpraya.de/bildergalerie/



@@@
Setelah bikin janji, akhirnya penulis fix datang ke Sana pada 30 .11.15 jam 18.00. Badan lelah, pundak dan punggung kaku jadi alasan penulis
14