Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Jumat, 11 Desember 2015

Hey, Smombie ya? Apa Itu?

Nguping Percakapan

Dari seberang jalan di Samping lampu merah, pejalan kaki menunggu lampu hijau menyala, yang artinya tanda mereka boleh menyebrang. Sore yang dingin, sambil menyembunyikan jemari di Saku jaket tebal, penulis mempercepat langkah. Dari arah yang berlawanan ada 3 pemuda Eropa rupawan, salah satu di antara mereka tak kelihatan wajahnya. Ia menunduk dan diam. (11/12)



Tak disangka, pemuda yang menunduk ini menabrak wanita di belakang penulis. Wah, kok nabrak orang aja dia pake milih sih. Yang dipilih adalah seorang berumur 30an. Penulis penasaran dan berjalan lambat supaya denger percakapan mereka.

Intinya si Wanita memaafkan dan menimpali dengan embel-embel, “Ya makanya ati-ati dek, di Sini bukan area Smombie loh.

Mengenal Smombie : Apa Itu Smombie

Kata-kata Smombie terbawa penulis sampai ke Kereta dan akhirnya penulis baru sadar, ada banyak Smombie di Kanan-kiri penulis. Tak lama setelah itu pun, penulis bermetamorforsis jadi Smombie cantik. Apa itu Smombie?



Smombie itu nyata ada kok, malahan dinobatkan oleh juri dari Penerbitan Langenscheidt  jadi kata-kata gaul anak muda 2015 di Jerman. Saking gaulnya, penulis baru tau tadi. *Hmmm efek kerja di Panti Jompo.

Das Jugendwort des Jahres lautet laut Langenscheidt-Verlag: #Smombie.
Ein Smombie ist jemand, der von seiner Umwelt nichts mehr mitbekommt, weil er nur noch auf sein Smartphone starrt. Das kann gefährlich werden. 

Contoh Smombie lagi duduk


Kata ini adalah kombinasi dari Smartphone dan Zombie.

Menyadur heute.de Smombie adalah seseorang yang tidak memerhatikan lingkungan sekitarnya, karena hanya konsentrasi dengan Smartphonenya. Hal ini bisa membahayakan.

Menanggapi fenomena unik ini ada seniman di Stockholm yang masang papan kayak ginian di Jalan.




Sumber : Majalah Dein Spiegel Nr.1/2016


Kamyu pasti pernah jadi Smombie kan? Bales chat sambil jalan dan ketawa ketiwi sendiri ato kepala nunduk terus liat ke Smartphone. Du bist echt Smombie, Eloh bener-bener Smombie deh!

Boleh jadi Smombie, tapi jangan kelamaan :P

Ini lagu gubahan iseng punya The Cranberries yang judulnya Zombie :

In your hand, in your hand

Smombie, smombie, smombie

what's in your hand, in your hand

Smombie, smombie, smombie?


8

8 komentar:

  1. Duh kesindir, tapi alhamdulullah gak sampek keterlaluan kadi Smombie hehe.

    Cerita Menarik :)

    BalasHapus
  2. Smombie jd istilah sindiran buat umat Masa kini. .

    Danke :D

    BalasHapus
  3. Beruntunglah aku, aman dari yang seperti ini :-D

    BalasHapus
  4. wahhh bru tau perkataan smombie ni wujud...hahahah...dalam mksunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama lah kak..
      Aku jg baru tau dan cari2 di Magazin hihihihi

      Hapus
  5. Di Indonesia juga syndrome ini makin hari makin menjadi-jadi.. hehe

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D