Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Kamis, 09 Februari 2017

(Lagi) Cara Jadi Aupair di Jerman (Update 2017)

Lagi-lagi pertanyaan ini muncul, “Gimana cara jadi Aupair di Jerman?”

Wah, padahal sudah banyak tulisan lo mengenai hal di atas. Saya juga punya beberapa artikel di Blog ini tentang Aupair di Jerman beserta pengalaman urus dokumen, dll. Ayo biasakan baca dulu semua sebelum bertanya.. ^__^

(Bisa cek BLOG di kategori tulisan : Aupair)

Ada berbagai kemungkinan terhadap pertanyaan tsb, bisa gimana cara aupair di Jerman (dari segi administrasi) atau non administrasi. Untuk yang non administrasi coba baca ini : suka duka aupair



Secara administrasi, ini caranya :

Gimana?

Artikel ini saya tulis berdasarkan beberapa pengalaman terbaru 2016-2017 teman-teman yang belajar di Fit in Deutsch Boyolali, pengalaman pribadi dan informasi kedutaan, dll.

Bagaimana menjadi Aupair di Jerman?

Secara administrasi seseorang harus memiliki VISA izin tinggal sebagai Aupair atau VISA Aupair di Jerman. Untuk mengajukan Visa Aupair Jerman, maka ada beberapa hal yang harus dilengkapi.


Pastikan sebelum menghadap di Kedutaan, kalian sudah bikin janji, punya Formulir, punya passpor, bawa uang untuk bayar visa sebesar 60 Euro.

Pertama, kamu harus memiliki Vertrag atau kontrak kerja yang didapat dari Keluarga Angkatmu. Untuk formatnya harus resmi.

***Biasanya dikirim lewat pos, tapi pakai hasil scan/faximilie juga bisa.

Kedua, Bukti pendaftaran kependudukan dari Keluarga Angkat. Bentuknya kayak gimana sih? ini tu kayak surat undangan.

***Biasanya dikirim lewat pos, tapi pakai hasil scan/faximilie juga bisa.
***Biasanya dikirim sepaket dengan surat kontrak.

Ketiga, Daftar Riwayat Hidup dan Motivasi yang isinya alasan ikut Aupair.

*** Pakai Bahasa Jerman
***Contoh Daftar Riwayat Hidup bisa cari di Google dengan kata kunci Lebenslauf fűr Aupair.
***Motivasi usahakan buat sendiri dengan kata-katamu. Apa saja isi motivasi?





     Sehr geehrte Damen und Herrn,


    (Perkenalan)
    (Tulis sedikit tentang aktivitasmu, bisa tulis tentang apa kamu sedang kuliah, sudah lulus         atau    belum, dll.)
    alasan Mengapa ingin jadi Aupair di Jerman? Lebih baik tulis juga bahwa kamu akan          kembali lagi     ke Indonesia.
    Penutup dan Harapan

   **Ayo berusaha buat sendiri dengan kata-kata sendiri lebih baik! Persiapan mau ke    Jerman lo...
   **Biasanya yang gabung di Fit in Deutsch Boyolali, saya ikut bantu koreksi. 
   **Yang ga gabung bisa juga dikoreksi, tapi yang penting buat sendiri dulu.


 
 




Caranya adalah cari Informasi sebaik mungkin, baca dengan seksama dan catat supaya gak lupa.  Mau ke Jerman lo, masak informasi paling dasar dicampakkan. Hayo hayo! Untuk yang terbaru, bisa dilihat di Laman Kedutaan Jerman. Ada lembaran Pdf-nya dan saya rasa pemaparannya sudah cukup jelas dan ringkas.




Keempat, sertifikat bahasa minimal A1 : Start Deutsch A1. Sekarang bagi mahasiswa yang udah punya ZIDS juga bisa lo pakai ini aja, yang penting bawa asli dan fotokopinya.

*** Bukti penguasaan Start Deutsch A1 hanya dikeluarkan oleh Goethe Institut.
***Belajar bisa dari mana aja, khusus yang bisa menjangkau Boyolali, silahkan lo ke Fit in Deutsch Boyolali, kita belajar bareng. Sekalian ntar saya bisa bagi-bagi pengalaman Aupair. :D

Jadi kalau mau Aupair ke Jerman, pastikan kamu sedang/sudah belajar bahasa Jerman, mendapat keluarga angkat dan punya visa.

Untuk detailnya, silahkan lihat ini dan baca dengan baik-baik : KLIK

Sekarang ini, saya juga membisniskan hal ini lo. Bedanya ni, yang pingin Aupair di Jerman harus mau ikut terlibat dalam urus dokumen dan pencarian Gastfamilie dilaksanakan bersama dengan bimbingan (eaa), serta persiapan bahasa Jerman yang baik. Kalo bisa menjangkau Boyolali, biasanya belajarnya sama saya, tapi kalo gak bisa ya belajar dengan pilihan pribadi. ^__^




0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D