Kamis, 17 Oktober 2019

Pre Test X MIPA 4

Hai alle! Hai semua!

Tolong kerjakan Pre Test di bawah ini!
Urutkanlah menjadi kalimat yang tepat dan tolong perhatikan besar kecil huruf.

Contoh : Ich liebe dich

Awal kalimat huruf harus besar!
Jika dalam soal hurufnya besar, maka kalian harus mengikuti cara penulisannya!

Tolong dibaca baik-baik ya­čĹŹ­čĹŹ­čĹŹ­čĹŹ­čĹŹ

Share:

Minggu, 13 Oktober 2019

Leseverstehen Kelas X

Minggu kemarin hampir semua kelas X sudah belajar mengenai membuat kalimat, nah sekarang ini aplikasinya. Ini materi saya ambil lewat sini dan supaya kagak lupa saya taruh blog aja.

https://lingua.com/de/deutsch/lesen/juliana/

Juliana in Deutschland

Juliana kommt aus Paris. Das ist die Hauptstadt von Frankreich. In diesem Sommer macht sie einen Sprachkurs in Freiburg. Das ist eine Universit├Ątsstadt im S├╝den von Deutschland.
Es gef├Ąllt ihr hier sehr gut. Morgens um neun beginnt der Unterricht, um vierzehn Uhr ist er zu Ende. In ihrer Klasse sind au├čer Juliana noch 14 weitere Sch├╝ler, acht M├Ądchen und sechs Jungen. Sie kommen alle aus Frankreich, aber nicht aus Paris.
Julianas beste Freundin Marie macht auch gerade einen Sprachkurs, aber in Hamburg, das liegt ganz im Norden von Deutschland.
Wenn die beiden ihre Schule beendet haben, wollen sie in Deutschland studieren. Juliana will Tier├Ąrztin werden, ihre beste Freundin auch. Aber Maries Eltern sind beide Zahn├Ąrzte, deshalb wird Marie wahrscheinlich auch Zahn├Ąrztin werden.
Juliana und Marie verbringen insgesamt sechs Wochen in Deutschland. Nach dem Sprachkurs machen sie eine Pr├╝fung.

Latihannya ada di link ya :)
Share:

Selasa, 17 September 2019

Diktat Bahasa Jerman Fitri yang Pertama

Setelah melalui beberapa revisi, mutung, nangis, bingung akhirnya Diktat pertama saya terbit. Diktat bahasa Jerman kelas X SMA N 2 Boyolali. Kok namanya diktat sih?

Ini semua berawal dari Pak Ismawanto (Pak Is). Juni 2019, ketika draft  selesai, saya mendatangi Pak Is dengan keluguan serta kegemblungan tiada tara. Ya, saya kira Pak IS akan berkomentar oke dan mengatakan kalau draft saya itu layak dicetak sebagai modul. Nyatanya, Pak Is langsung membuat goncang hati dengan pertanyaan sederhana ini.

“Sebelumnya, mbak Fitri tahu tidak beda modul dengan diktat?”

Jujur saja, saat itu saya kira diktat dan modul itu sama. Saya yang salah jawab, akhirnya dibantu Pak IS dengan jawaban semacam ini :

“Prinsipnya, diktat itu adalah bahan ajar yang dibuat Guru untuk siswa untuk belajar, namun mereka masih perlu bimbingan Guru dalam pemahamannya.”

“Kalau modul itu dibuat untuk siswa agar mereka bisa belajar mandiri.”

Keduanya, memliki struktur tersendiri, di mana modul memang lebih rinci daripada diktat.



JLEB!

Saya kemudian disodori struktur modul dan diktat. Dengan berat hati, akhirnya saya mengobrak-abrik yang sudah ada dan disesuaikan dengan catatan yang diberikan oleh Pak IS. Saya merubah banyak, saya harus betul-betul menguraikan Indeks Pencapaian Komulatif dengan Kompetensi Dasar yang diajarkan di Kelas X.

Butuh waktu 2 minggu hingga akhirnya Diktat saya itu sesuai. Targetnya, diktat ini bisa dicetak dan segera dipakai pada tahun ajaran baru ini. Saya sempat pesimis apakah semuanya bisa sesuai rencana.

Belum selesai konsultasi dengan Pak IS, saya pergi ke Pak Muh. Zuhri. Lagi-lagi, draft terbaru saya itu dicerca secara halus, halus yang membuat pengeditan besar-besaran terjadi. Hua.... memang sebelumnya saya itu harus lebih awal ke Pak Is dan Pak Zuhri.

Dengan membagi waktu antara kegiatan Sekolah maupun Rumah, saya terus berusaha menyelesaikan diktat bersama Mikha, bayi saya yang waktu itu masih 8 Bulan. Hahahah..
Singkatnya, diktat saya sudah 90 %. Saatnya, saya pergi ke Syaifudin Zuhri untuk berkonsultasi masalah cetak diktat. Jujur, saya itu gak kepikiran kalau urusan ini juga gak gampang. Wong, saya pikir diktat ini ntar dicetak terus difotokopi hahahahah.

Pihak Sekolah sejak awal bilang, kalau bikin diktat yang bagus sekalian, yang profesional, kertas dan cover harus bagus.

Setelah berembug dengan Pak Syai, saya dipertemukan dengan pihak percetakan yang memudahkan saya. Ikut bantu bagian cover, memberi masukan dari banyak sisi.

Selesai? Gak!

Menunggu diktat dicetak itulah yang bikin gila, ada rintangan yang bikin molor, marah, dan sedih.
Berkali-kali. Saya ke Pak Syai sambil sambat hahahahahah.

Salah dan marah bikin hari saya modal madul. Pembelajaran di Kelas pun belum sesuai rencana. Hal semacam itu bikin saya mengaktifikan blog lagi. Ya ada hikmahnya, blog jadi hidup lagi dan murid juga tertarik.

Heeem, setelah penantian akhirnya pada akhir agustus, diktatnya jadi....

Yee!



Share:

Kamis, 12 September 2019

Mengenal Habibi dan Jerman

Hallo alle an der SMA N 2 Boyolali!

Sebagai penghormatan kepada Pak Habibi, mari lewat pelajaran bahasa Jerman di SMA N 2 Boyolali kita mengenalnya dan Jerman lewat tulisan berikut! Semoga bermanfaat!


Tulisan ini merupakan kumpulan artikel dan video dari berbagai sumber

(klik link di bawah)


1. Wer ist Habibi? (Siapa Habibi)

     Biografi Habibi (mojok.co)

2. Wo hat er in Deutschland studiert? (Di mana ia telah berkuliah di Jerman?)

    RWTH Aachen (sumber DW)

3. Wie ist die Beziehung zwischen BJ Habibi und Deutschland? (Bagaimana hubungan Habibi dan    Jerman?)

   Napak Tilas Hubungan Bj-Habibie-dengan-Jerman

4. Habibi hat Deutsch gesprochen (Habibi berbicara bahasa jerman)

    https://www.youtube.com/watch?v=BY90qIX5wkc&t=65s

5. Biografi Habibi
   
    https://www.youtube.com/watch?v=DIwo1fdJhcc

6. Wie findet Habibi "Kids Zaman Now"?
   
    https://www.youtube.com/watch?v=DMgNnSk8reQ
Share:

Rabu, 04 September 2019

Selasa, 27 Agustus 2019

Nitip





Verben beakhiran er/e
Verben berakhiran re
Verben berakhiran ir
Orang kedua tunggal (ketika memerintah teman sebaya)

Asal kata : voyage (berpergian/travel) menjadi Voyage! (Berpergianlah!)
Asal Kata faire (membuat) : menjadi fais! (buatlah!)
Asal kata : choisir (memilih) menjadi choisis! (Pilihlah)
Orang pertama jamak (ketika memerintah “kami”)
Asal kata voyage (berpergian/travel)
Menjadi voyageons! (mari bersama pergi!)
Asal kata faire (membuat) : menjadi faisons! (mari kita membuat!)
Asal kata choisir (memilih) menjadi choisissons! (Silahkan mari kita membuat!)
Orang kedua jamak (ketika memerintah orang banyak atau ingin memerintah “kalian”)
Asal kata voyage (berpergian/travel) menjadi voyagez!
Asal kata faire (membuat) :
Menjadi faites! (buatlah)
Asal kata choisir (memilih) menjadi choississez!
Share:

Rabu, 14 Agustus 2019

Selasa, 30 Juli 2019

Jumat, 26 Juli 2019

Kamis, 25 Juli 2019

Rabu, 24 Juli 2019

MATERI 1.7 KELAS X SMA N 2BOYOLALI

PERSONAL PRONOMEN UND VERBEN
Cobalah pecahkan tantangan berikut ini!
Apakah artinya?
Ich
Du
Er/sie/es
Ihr
Sie/sie
Wir

Dalam bahasa Jerman, verben akan mengikuti subjeknya
Sein
Ich
Du
Er/sie/es
Ihr
Sie/sie
Wir Bin
bist
ist
seid
sind
sind

Latihan Soal (┼░bung)
Isilah dengan menggunakan konjugasi “Sein” secara tepat!
1. Ich ____ Adnan.
2. Rita   _____ 16 Jahre alt.
3. Wer   _____ du?
4. Wir _____ Rita, Lala und Prakas.
5. Frau Merkel _____ aus Deutschland.
6. Wer ____ Ihr?
7. Wer _____ Sie?
8. Sie ____ Nichola.
9. Sie _____ sch┼▒ler.
10. Herr G├Âtze _____ Fu╬▓ballspieler.

Share:

MATERI 1.6 KELAS X SMAN 2 BOYOLALI

SICH VORSTELLEN
Perkenalan

Mari kita baca terlebih dahulu kalimat di bawah ini :

A
Guten Morgen!
Ich bin Anne, ich komme aus Deutschland und ich wohne in Berlin.
Ich bin 15 Jahre alt.

B
Guten Tag!
Mein Name ist Anne, ich bin aus Deutschland und ich wohne in Berlin.
Ich bin 15 Jahre alt.

C
Guten Abend!
Ich hei╬▓e David, ich komme aus Deutschland und ich lebe in Indonesien.
Ich bin 15 Jahre alt.

Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Sekarang, coba terjemahkan bahasa tersebut ke dalam bahasa Indonesia dan jika sudah konsultasikan kepada Guru.
2. Jika sudah berkonsultasi, perkenalkanlah dirimu dalam bahasa Jerman seperti 3 contoh di Atas.
3. Tulislah kalimat perkenalanmu di Kolom “Wer bist du? (who are you?) ”


Wer bist du? (Who are you?)

A

B

C


Share:

Selasa, 23 Juli 2019

Minggu, 21 Juli 2019

MATERI 1.3 KELAS X SMA N 2 BOYOLALI

MENGENAL ALPHABET DALAM BAHASA JERMAN
Pada dasarnya alphabet bahasa Jerman tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia, baik dari segi penulisan maupun pengucapan. Namun, tentu beberapa memiliki kekhasan sendiri dan ada 7 Alphabet yang dilafalkan berbeda.
Mari disimak bersama!
A B C D E F G
H I J (yot) K L M N O P
Q (Qu) R S T U V (Vau) W  X Y (Ypsilon) Z (Tcet)
Ciri Khas dalam Bahasa Jerman
├Ą-┼▒-├                ╬▓
Catatan :
Terdapat huruf vokal a, u dan o dengan titik dua di Atasnya.
Titik dua di Atas dalam bahasa Jerman disebut dengan umlaut.
Penggunaan umlaut akan memengaruhi pengucapannya.
├Ą dibaca seperti ae
┼▒ dibaca seperti ue
├ dibaca seperti oe
Dalam penulisan kata , contoh             : sch├Ân, dapat ditulis  schoen
                                                             : gl┼▒ck, dapat ditulis glueck
                                                             : k├Ąse, dapat ditulis kaese
Huruf ╬▓ (eszet) dibaca ss dan dalam penulisan contoh Spa╬▓ dapat ditulis spass.
Hati-hati, sering ditemukan kesalahan dalam pembacaan huruf ╬▓, dimana dibaca seperti huruf B.
Ingat! Dalam bahasa Jerman ╬▓ dibaca ss.




PELAFALAN DALAM BAHASA JERMAN
***
G diahir dibaca samar ke h. Contoh : geduldig
H di tengah tidak dibaca tetapi memanjangkan vokal sebelumnya. Contohnya : wohnen
J dibaca y. Contoh : Jung
Q dibaca k. Contoh : Quatsch
S diawal dibaca seperti z. Contoh : Sieben
W dilafalkan dibibir. Contoh : Wie
Y dibaca seperti ├ť. Contoh : Lyrik
Z dibaca seperti C. Cintoh : Ziegen
Ch dibaca kh. Contoh China
Ch dibaca h. Contoh Ich
Sch dibaca sy. Contoh Schade
Sp dibaca Syp. Contoh Spielen
St dibaca Syt contoh Student
Ie dibaca i panjang contoh dienen
Ei dibaca ai contoh Hei╬▓en
Eu dibaca oi. Contoh Deutsch.
Tion dibaca t-sion. Contoh : Nation



Share:

MATERI 1 KELAS X SMA N 2 BOYOLALI

GR├╝╬▓EN  und VERABSCHIEDEN
Sapaan dan salam perpisahan

Markieren Sie bitte mit G f├╝r Gr├╝├čen und V f├╝r verabschieden!
Tandailah dengan huruf G untuk sapaan dan huruf V untuk salam perpisahan!

Guten Morgen
Guten Tag
Guten Abend
Gute Nacht
Sch├Ânen guten Morgen
Hai
Hallo
Tsch├╝ss!
Auf Wiedersehen
Bis Morgen
Bis Bald
Bis Sp├Ąter
Bis Gleich
Bis Montag

Share:

Senin, 13 Mei 2019

Puisi Perpisahan SMA N 2 Boyolali

Puisi ini dibacakan Dyan Istiana dalam perpisahan SMAN 2 Boyolali angkatan 36 pada 30 April 2019 di Lapangan Sekolah. Bdw, akhirnya untun pembacaan puisi kita buat sendiri spontan daripada susah cari google n ga sesuai sama yang kita mau.  



Sejenak Berkisah Sebelum Berpisah
Buah Karya : Dyan Istiana dan Fitri Ananda

Perjalanan ini ibarat mengayuh sampai ke tengah kota
Berhenti sejenak melihat peta
Berhenti sejenak memakan bekal lalu mengatur jiwa raga
Kita lulus bukan berarti selesai
Kita masih terus melaju memupuk asa
Membuatnya menjadi nyata
Disini, Sekolah kita, warisan tentara pelajar
SMA N 2 BOYOLALI, segalanya bermula...
Canda tawa bahagia
Beribu kisah bermakna
Mungkin saat ini aku kamu hanyalah aku kamu yang kecil
Tapi segera aku dan kamu semakin kokoh, besar, 
Menjadi orang yang menang.....
Kita adalah pemenang,
Kita adalah apa yang kita pikirkan
Tapi mungkin saja...... kita hanya butiran debu
Yang akan terbang ketika angin menerpa
Mungkin saja kita ini hanya sejenis kapal
Yang terombang – ambing dan akan karam jika tak ada mereka
Ya.... mereka.... Guru Kehidupan kita
Ibu, Ayah, Guru disekolah dan semua
Kepadamu guru kehidupan 
Maaf atas lisan yang tak bertuan 
Maaf atas sikap yang  tak berkelakuan
Maaf atas fikir yang tak tertentukan
Semoga kita tetap dalam naungan kerinduan
Share:

Minggu, 14 April 2019

Rabu, 10 April 2019

Selasa, 09 April 2019

Rabu, 03 April 2019

Senin, 01 April 2019

Ulangan X MIPA

Hallo, ich bin Mario G├Âtze. Meine Name ist wie ein Fu╬▓ballspieler, aber ich bin kein Fu╬▓ballspieler und 15 Jahre alt. Ich lerne im Schiller-Gymansium in Berlin. Ich mag Klavier spielen und spiele gerne Instrument zum Beispiel : Bethoven, Mozart und Bach.





Share:

Minggu, 31 Maret 2019

Akhirnya Bakal ke Jerman Lagi

Jerman itu layaknya candu, begitu sekali ke Sana, setiap waktu inginnya balik lagi, entah balik sebentar sekedar berkunjung atau untuk jangka waktu yang lama.




Buat saya, ke Jerman itu jadi target yang inginnya terlaksana tiap tahun dengan catatan, Gratis! Hahaha

2016 ke 2019, merupakan waktu yang cepat menurut saya. Penantian ke Jerman begitu singkat tapi kok ya cepat. Dari masih status KTP tidak kawin, berubah jadi kawin, dari perut kecil jadi buncit, dari belum punya bayi, sampai sekarang udah punya Mikha.

Share:

Senin, 25 Maret 2019

Pelatihan Blog

Hai, saya hari ini sedang ikut pelatihan Blog untuk guru Bahasa Jerman. Ya, walau sudah punya blog acara ini tetap saya ikuti, karena lewat acara ini saya jadi kesindir kalo punya blog. Hahahahaha!

Ini materinya :









1. Heinrich ist ___ _________ von Maria, Martina und Michael.

2. Christoph ist ___ __________ von Janina.

3. Maria und Fritz sind ___ __________ von Christoph und Janina.

4. Kerstin und Michael haben eine _______________.

5. Martina ist ___ ____________ von Christoph, Janina und Isabel.

6. Liselotte ist ___ _______________ von Isabel.

7. Isabel ist ___ _____________ von Janina.

8. Michael ist ___ ____________ von Janina und Christoph.

9. Janina ist ein ___________ von Heinrich und Liselotte.

10. Maria ist ___ ____________ von Michael.

11. Christoph ist ___ ________________ von Isabel.






Share: