Saturday, June 27, 2020

Belajar Jerman Lewat Instagram @deutsch_sman2boyolali

Artikel ini juga saya ajukan ke https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ dengan judul asli Instagram Sebagai Media Belajar dan Pameran Virtual.

Selama masa Pandemi belum berakhir, peserta didik akan belajar dari Rumah. Lalu bagaimana memamerkan hasil karya peserta didik supaya bisa dinikmati orang banyak? Untuk pembelajaran bahasa Jerman contohnya pada penilaian produk. Produknya berupa sebuah karangan beserta foto.
Solusinya ada pada Instragram. Mengapa Instagram? Karena aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, dimana salah satunya adalah pengguna akun dapat memosting foto atau video dalam jangka waktu yang berbeda. Jika ingin tersimpan lama, postingan bisa diunggah sebagai feed, namun jika hanya ingin dipamerkan secara singkat bisa diunggah sebagai Story (mirip seperti status Whatsapp) saja selama maksimal 24 jam.



Saya sendiri memiliki akun instagram khusus untuk pembelajaran bahasa Jerman dengan nama @deutsch_sman2boyolali. Bisa diibaratkan akun ini adalah ajang untuk pameran virtual, dimana konten yang ada berisi kegiatan selama pembelajaran dan karya-karya peserta didik mulai 2016 hingga sekarang.
Selain itu, aplikasi tersebut banyak digemari anak muda. Contoh kecil, dalam satu kelas yang berisi 36 peserta didik, semuanya memiliki akun instagram. Bahkan, beberapa kelas ada yang memiliki akun khusus kelas, dimana pengikutnya tentu saja anggota di Kelas tersebut.
Apa yang saya lakukan?
  1. Membuat konten instagram menarik secar berkala sehingga mereka merasakan manfaat mengikuti akun tersebut.
  2. Memberikan info bahwa bahasa Jerman punya akun instargam, jika mau mereka bisa follow.
  3. Admin aktif dan responsif.
  4. Untuk pengumpulan produk, sebelum diunggah instagram wajib dikonsultasikan terlebih dahulu.
  5. Mereka diberi pilihan, mengirim produknya lewat pesan langsung atau membuatnya sebagai Story dan akun @deutsch_sman2boyolali tinggal merepostnya.
  6. Menghargai privasi mereka, jika tidak berkenan nama akun instagram diketahui banyak orang, maka hal tersebut akan saya iyakan dan hargai.
  7. Tidak semua produk akan saya jadikan feed, kebanyakan dijadikan story lalu nantinya story tersebut dijadikan sorotan (highlight). Maksudnya apa? Story tersebut akan tersorot di halaman muka profil, jadi bisa dibuka lagi oleh semua orang.
  8. Jika ada yang tidak punya Instagram? Unggah saja lewat instagram temannya atau mengirim produk final ke Whatsapp saja
Kebanyakan peserta didik akan senang jika akun instagramnya diketahui banyak orang, karena bisa menambah pengikut atau followers mereka. Akun bahasa Jerman ini bisa menjadi salah satu ajang promosi, karena kebetulan followers-nya lumayan banyak.
Mereka cenderung merasa mudah memahami dengan penjelasan visual disertai gambar, maka dengan ini instagram bisa dijadikan salah satu solusi pembelajaran saat daring maupun luring. Tak hanya itu, instagram dapat menjadi arsip yang mudah diakses kapan saja.
Kedepannya, akan dilakukan perbaikan dari sisi konten supaya lebih menarik tampilan dan isinya, karena jika tampilannya indah dan lucu, biasanya akan berimbas pada jumlah pengikut, like dan komentar.