Dampak New Normal Bagi Pelajar


agaimana kondisi di era new normal saat ini? Tentu lebih seru dan lebih menjaga kesehatan, bukan? Bagaimana juga dengan pembelajaran jarak jauh kalian? Saya sebagai pelajar SMA, sangat merasakan dampak pandemi covid-19. Mulai dari penurunan berbagai sektor ekonomi, kegiatan lockdown, kegiatan belajar mengajar secara online, dan masih banyak lagi.

Selama pandemi covid-19, saya tetap mengikuti peraturan pemerintah untuk tetap di rumah saja. Selama di rumah pun, tidak boleh pakai prinsip “tidur, makan, tidur”. Haduhhh itu prinsip bagi saya, tidak bermutu banget dan secara halus bisa memadamkan semangat seseorang dan bisa membuat seseorang semakin malas. Untuk itu, selama di rumah saja kita harus produktif ya guys. Gimana sih cara biar produktif gitu? Nah melakukan kegiatan yang produktif bisa dari hal yang sangat sederhana, seperti membantu ibu membersikan rumah atau memasak, olahraga setiap pagi, membaca buku, dan lain-lain.



Meskipun di rumah saja, kita harus tetap semangat belajar. Bahkan harus lebih semangat. Karena apa? Karena dalam situasi new normal saat ini, kita harus bisa menggunakan teknologi internet semaksimal mungkin. Terlebih kita adalah pelajar SMA, dimana jenjang selanjutnya yaitu universitas atau perguruan tinggi. Tentunya kita sudah tidak gaptek lagi kan? Maka dari itu, disela-sela sekolah daring, bisa banget tuh kita gunakan untuk mencari infomasi dan menyiapkan diri untuk masuk ke universitas atau institut yang diimpikan.

Menurut saya, kegiatan sekolah daring merupakan jalan alternatif yang baik di bidang pendidikan. Ya meskipun banyak pro kontra dan juga banyak orang tua beserta murid yang mengeluh. Akan tetapi, saya setuju dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim. Belajar online / belajar secara virtual merupakan pembelajaran yang bisa membuat saya lebih mandiri dan percaya diri. Selama pandemi covid-19, saya selalu mengikuti update berita pemerintah. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, kepolisian, dan lain-lain. Dari berita-berita tersebut, saya bisa sedikit menyimpulkan bahwa betapa butuhnya bangsa Indonesia terhadap anak muda yang produktif, jujur, berpegang teguh terhadap Pancasila, dan berani mengkritik disertai dengan solusi.

Dengan demikian, kita harus lebih semangat. Serta terus menggali informasi, bakat, dan potensi. Karena tanpa kita rasa, persaingan semakin ketat dan sangat luar biasa. Mari kita sebagai pelajar SMA, melangkah bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia maju. 

Penulis : Kunti Dewi Masyithoh
Siswi SMA N 2 Boyolali


Health vector created by freepik - www.freepik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak New Normal Bagi Pelajar"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D