5M dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah ......

5 M untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), apa itu?


Istilah ini saya dengar saat mengikuti Diklat di Masa Pandemi ini, yang sebetulnya kalau dirasakan ini juga sudah diterapkan di Sekolah, namun beda istilah dan untuk saya sendiri : belum penuh dan belum jelas. (Hadeh)

Lalu apakah itu 5M dalam Pembelajaran Jarak Jauh? 5M sendiri singkatan dari :


Memanusiakan hubungan (terutama Guru, murid dan orangtua). Pada konsep ini diharapkan Guru atau wali kelas dapat mengumpulkan informasi mengenai kondisi anak, siapa orang tuanya, latar belakang. Kebiasaan keluarga, cara belajar, proses belajar, kendala apa yang dihadapi. Contoh, seberapa gaulkah orang tuanya? Apakah mereka juga terkoneksi dengan internet, punya Whatsapp, dll. Saat ini kebetulan, saya menjadi wali kelas dan ada lo orang tuanya yang tidak punya WA karena tidak pakai smartphone. 

<a href='https://www.freepik.com/vectors/people'>People vector created by freepik - www.freepik.com</a>
ilustrasi membangun hubungan



Memahami Konsep yang bermakna praktik dimana murid diharap dapat memahami secara mendalam dari konsep yang didapat dan tentu saja dapa menerapkannya dalam kehidupan nyata. Jadi, diharapkan pembelajarannya ya bermakna dan menantang. Menurut saya ini tidak hanya selama PJJ tapi ketika juga tatap muka. Untuk anak SMA, mereka cukup cepat memahami konsep dan mengerti penggunaan aplikasi belajar, memang harus tetap diarahkan di awal. 

Membangun keberlanjutan, pembelajaran terarah dan berkesinambungan, disertai dengan feedback serta praktik. Dilansir dari kemdikbud bahwa pada konsep ini guru membuat arahan rinci pada saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), memberikan koemntar atau feedback dari penugasan (wah ini, makanya jangan ngasi tugas berat-berat :D) 

Memilih tantangan, pada hal ini diharapkan praktik pembelajaran dapat menuntun murid untuk menguasai keahlian melewati proses bertingkat denngan hal yang menantang dan tentu saja bermakna. Masih dari kemdikbud ianjurkan menyediakan pilihan jam belajar. 

Nah, kebetulan kalau di Sekolah saya jadwal belajarnya uda lumayan oke, setiap mau ganti pelajaran ada jeda waktu 20 menit, gunanya ya untuk menyelesaikan tugas/latihan pada jam sebelumnya dan ada waktu khusus yang dinamai IPK (Pengembangan Karakter). 

Selain jam belajar, sebaiknya aktivitas PJJ juga harus ada diskusi dan pergerakan, jadi gak Cuma rebahan aja sih hahah/ 


Memberdayakan konteks, yaitu pembelajaran yang mengarahkan murid untuk memberdayakan sumber daya dan kesempatan di sebuah komunitas sebagai salah satu sumber belajar, atau memnfaatkan yang ada di sekitar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan menyiapkan tugas yang membuat siswa mampu mempraktikkan ke dalam dunia nyata dan merasa ikut memberi sumbangsih pada masalah yang tengah dihadapi. Ada hal menarik yang saya garis bawahi, dimana sebaiknya tidak memberikan tugas sama pada semua anak tanpa memperhitungkan situasi. 



Sumber gambar : People vector created by freepik - www.freepik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5M dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah ......"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D