Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Selasa, 06 Agustus 2013

Syarat Aupair, dari Ujian A1 sampai Membuat Paspor dan Visa!

Mau Au-pair ya? Semoga sukses. Pertama, ane mau bilang bahwa postingan tahun lalu ini berubah total soalnya kemarin mau ngedit malah kepencet ctrl+A dan kehapus. Jadi, ane tulis lagi lebih ringkas ya! Langsung ke intinya.

 Dokumen yang dibutuhkan untuk Aupair  sebenernya apa sih?

1. Vertrag
2. Einladung
3. Sertifikat bahasa Jerman dari Goethe minimal A1
4. Visa Aupair
5. Paspor
6. Foto Biometrisch

Setelah mendapat Gastfamilie yang didapat dari situs pencarian Aupair, agen atau dari temen, sekarang siap-siap mengurus dokumen persyaratan. Udah punya paspor? Bagus kalo udah. Kalo belum segera buat, biar ngeringkes waktu.



Syaratnya? Ane tulis ini berdasar pengalaman ane buat paspor tahun 2013. Ane buat manual bukan online. Ane buat di Kantor Imigrasi Solo. Sepertinya urus online lebih gampang lo (kata temen ane yang ngurus 2014 kemarin).


PASPOR

Syarat?

1.      Ktp, tambahin aja kartu pelajar, kartu mahasiswa.
2.      KK
3.      Ijazah/Akte/Surat nikah/pilih salah satu
4.      Bagi yang masih kuliah, kalo ane dulu ada surat keterangan/pernyataan dari kampus untuk buat paspor.

Gimana?


1.      Datang ke Kantor Imigrasi
2.      Ntar disuruh isi Formulir yang diambil di Loket. Kalo gak mudeng gimana ngisi, tanya sama petugas. Mereka pasti bantu. Petugas yang ane temuin dulu ramah, gaul, masih pada muda, cepat n tanggap.
3.      Kalo dulu ane juga dapet surat pernyataan peresetujuan dari ortu yg hrs di ttd ortu.
4.      Kalo udah ngisi dengan bener, serahin juga semua persyaratan yang ane bilang tadi.
5.      Paspor yang ane butuhin dulu yang 48 halaman.
6.      Oya, bdw tu syarat jangan lupa di fotocopy 3x. Foto copy jangan yang diperkecil ya/yang dibolak balik.
7.      Kalo udah semua, serahkan formulir + syarat ke Petugas.
8.      Ntar bakal dapat nomor n waktu untuk kita wawancara, ambil foto n sidik jari. Pembayaran dilakukan pada hari dimana wawancara juga.
9.      Wawancara ane dulu dilakukan di hari yang laen.
10.  Ane bayar 255rb.
11.  Ntar kalo udah wawancara dkk, suruh ttd bakal paspor kita.
12.  Setelah itu kita dikasih tahu kapan paspor kita jadi.
13.  Kalo udah selesai tinggal diambil.

Bikin Paspor cepet kok. Yang online juga cepet, tinggal scan, upload, transfer uang, ke Imigrasi, wawancara dkk. Nah, lebih lanjut cek web imigrasi aja. Dibaca baik-baik.

Sekarang kalo kalian belum punya sertifikat bahasa minimal  A1 dari Goethe Institut, segera buat ya. Goethe Institut tersebar di 3 Kota yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pilih tempat yang mudah dijangkau. Ane dulu di Jakarta.

A1

Syaratnya?

Bedewe, Pendaftaran ujian A1 hanya dapat dilakukan pada saat tanggal pendaftaran. Jika  berdomisili di luar Jabodetabek, maka dapat membayar via setoran tunai bank BCA di kota kalian. Caranya kirim aja ke Email pihak Goethe . E-mailnya berupa permohonan pendaftaran ujian secara online dg alasan domisili di luar Jabodetabek n tunggu balesan dari pihak Goethe.

Dokumennya apa aja?

Formulir yang kalian dapat dari Email pihak Goethe, sertakan jua scan Pas Foto 3X4 (terbaru) dan KTP/Paspor, bukti transfer pembayaran dari BCA. (Dibuat PDF aja, size tidak lebih dari 300kb). Kalo uda lengkap, kirim lagi ke Email pihak Goethe. Selesai. Oya bayarnya aku dulu 850rb. Untuk informasi terbaru, cek webnya goethe Jakarta.

Bdw, kalo kalian ujian A1 dan dinyatakan lulus itu sertifikat bisa diambil seminggu setelah ujian berlangsung, pokoknya pihak Goethe bakal ngabarin. Tenang aja, gak ada istilah PHP. Jika berhalangan hadir, pengambilan bisa diwakilkan, syaratnya bikin surat kuasa.

Ijazahnya butuh dilegalisir?

Terserah dilegalisir apa gak. Ane dulu tak legalisir 1 lembar, terus suruh bayar 40ribu.

Selesai. Oya, bagi yang pingin tahu contoh soalnya, di Web Goethe Jakarta disediakan kok. Garis besarnya juga diterangin sama pihak Goethe. Rajin dan aktif cari ya, kawan-kawan.

Nah, kalo udah punya Paspor, Vertrag n Einladung dari GF, Ijazah minimal A1, kalian segera deh mengajukan pembuatan Visa.


VISA


Caranya?

1.      Buka web kedutaan besar Jerman
2.      Baca petunjuk
3.      Buat janji u  pembuatan visa. Pembuatan janji hanya bisa dilakukan online. Kalo udah gitu, kalian bakal dapat email balasan, nah email balasan positif itu mohon diprint agar bisa ditunjukkan ke petugas satpam. Kalian baru boleh masuk kalo uda punya itu.
4.      Kalo udah buat janji sekarang kalian download formulir  pengajuan visa Aupair.
5.      Isi baik-baik. Kalo gak bisa isi, tanya yang tahu. Foto copy 3x.
6.      Semua syarat di Fotocopy lebih dari 2 deh, biar aman.
7.      Oya di Syarat terbaru kayaknya Aupair suruh buat Lebenslauf dan nulis motivasi. Iya gak? Bingung buatnya? Bdw, pake bahasa Jerman (kata temen ane yang buat bulan mei/juni 2014). Contohnya, cari aja google.de. Copas aja n pake data kalian. Kalo yg motivasi, ane yakin kalian bisa buatnya, kan udah lulus A1, udah belajar bahasa Jerman.. Isinya kan karangan yang menyatakan alasan kalian jadi Aupair, etc. Bdw, baca petunjuknya di Web kedutaan Jerman. Pasti bisa
8.      Foto biometris tahu kan? Ukurannya 3,5x4,5, wajah keliatan 80%, backgroundnya abu/putih, ane dulu pake abu-abu.
9.      Oya, Vertrag dan Einladung sih kalo bisa ada ttd asli untuk ditunjukin, tapi kalo gak ada pake hasil SCAN juga bisa. Temenku yang baru aja berangkat dulu juga ngelakuin itu.
10.  Oke, kalo semua udah beres, kalian uda punya jadwal pembuatannya kapan, syarat udah lengkap, kalian tinggal berangkat ke Kedutaan, deket bundaran HI.

Ntar di Hari itu, ketika kalian akan masuk ke Kedutaan, kalian bakal di Periksa, hp, camdig, tas, dll dititipin di Pos penjagaan, kalian bakal dikasi semacam cocard, itu tanda kalian boleh masuk. Nah, sampai di dalam kalian bakal nunggu di loket kalian. Ketika jatah kalian dipanggil kalian serahin aja syaratnya, ane dulu disatuin ke map. Terus kalo udah, waktu itu formulir ane dikoreksi lagi, kalo ada yang kurang disuruh nambahin, ane juga disuruh ngisi surat pernyataan gitu deh. Setelah lengkap, ane di wawancara. Wawancaranya pake bahasa Jerman, gak susah.



Isinya tu kayak belajara bahasa Jerman di mana, kenapa Aupair, ntar habis Aupair balik lagi pa gak, gitu-gitu. Pokoknya pertanyaan dasar-dasar. Persiapkan aja deh. Nah, kalo udah wawancara ntar sidik jari, terus dikasih kupon untuk pengambilan Visa. Selesai. Pulang. Oya, bayarnya juga hari itu. 60 Euro, dibayar pake rupiah sesuai kurs hari tsb.

Visa kapan selesai? Tergantung n beda-beda. Jangka waktunya si 4-8 minggu. Tapi, aku dulu 2 minggu.

Kalo Visa kalian selesai, pihak kedutaan bakal  nelpon. Kalian bisa ambil VISA kalo udah di telpon. Ntar ngambil Visanya jangan lupa bawa kupon n kwitansi pembayarannya itu ya, ato pokoknya berkas yang diminta petugas. Cek web kedutaan, kapan buka n kapan tutupnya. Hahaha. Cek n baca!

Udah punya VISA? Kalian bisa pesen tiket pesawat dan siap-siap berang ke Jerman. Kabari GF. Hati-hati dan selamat ya.

Ane udah nulis ttg Aupair di beberapa link, buka label Aupair.


Oya ane aupair dari 2013-2014, selesai agustus kemarin. Sekarang FSJ.




14

14 komentar:

  1. mau tanya, kalo pas bkin visa aupair, ada persyaratan harus nunjukin KTP tidak?
    Soalnya e-ktp saya blm keluar.. lama bgt..
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah, coz udah pake paspor Nad :)
      Oke, sama-sama ya :)

      Hapus
  2. Mau tanya..kalau Aupair liburan ke Indonesia perlu abmelden gak ? Dan butuh tiket balik ke Jerman tidak ? Kan gak akan di tahan yaa di bag imigrasi Jerman. Danke

    BalasHapus
  3. Kalo skedar liburan, tdk :)

    BalasHapus
  4. Kl rencana blk lg ke Jerman tentu bth tkt ke Jerman

    BalasHapus
  5. ka, aku mau ikut program Au-pair ke jerman, aku mau tanya kalau mencari gastfamilie di website apa ya?
    waktu kk gimana ?
    vielen dank

    BalasHapus
  6. saya cari kebanyakan di jerman ya kak, saya pengen di london, susah gak ya kak?

    BalasHapus
  7. hallo ipang. Saya krg tau untuk aupair di London. Coba aupair di Belanda

    BalasHapus
  8. hallo ipang. Saya krg tau untuk aupair di London. Coba aupair di Belanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalau ke belanda harus bisa bahasa belanda ya, susah gk sih kak but belajar?

      Hapus
  9. Banyak yang modalnya bahasa Inggris. Ntar kursus bahasa Belandanya di Belanda. Coba cari Gastfamilie yang pake bahasa Inggris....

    BalasHapus
  10. Mks kak infonya, oya kak kenal agen resmi gak kak?
    Takut kena tipu
    Mks kak

    BalasHapus
  11. Halo fit ananda. Salam kenal. Mau infoin nih. Kmrn habis urus visa au pair ternyata ada aturan baru . aku disuruh nyertain anmeldebescheinigung jg, plus sertifikat s1 dan pengalaman kerja. Got sei dank, untung ba di kirim via email , g hrs dtg lg. Btw kpn2 meet up yuk dsana .
    gruesse
    Fitria

    BalasHapus
  12. Hallo fitria
    makasih infonyaa yaaa
    Okeee kapan2 smoga lancar ya per-Aupair-anny:)

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D