Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Selasa, 31 Desember 2013

Di Mainz

Ya, bismillahhirrohmanirrohiim.

Ketika keluar dari mobil, ane masih plegak-pleguk, malu-malu, yaiyalah ini pertama kali ketemu. Tapi mereka berdua rame orangnya, wong Jawa Timuran, so ngomonge yo koyok ngono iku. Pengalaman ane waktu punya temen dari Jatim itu, weeedan rameene pol. Inget logatnya Nabilah, Niswah, Hikmah, Farhah (temen-temen SMP) dan Yayok (temen kuliah). Jadi, aku bisa menyesuaikanlah walaupun masih malu-malu.

Okay, 3 tas sudah sampai di lantai dua, tempat budhe Yanti tinggal, wuidih gede juga ni rumahnya, ruang tamunya mirip banged kayak di Indonesia.

Hal pertama yang ane lakukan adalah mengatur napas dan tiba-tiba budhe Yanti bilang mau nyiapin SOTO buat aku. Eh, SOTO men, aku dari minggu kemaren ngidam dan sekarang dapat soto Jawa Timuran, mak nyus markunyus!


0

Ke Mainz

Assalamu'alaikum wr.wb

Hari ini ane otewe ke Mainz, 1 jam dari Frankfurt am Main Hbf begitu. Perjalanan kira-kira berjalan 7 jam dengan menggunakan bis. Oya, ane sengaja pake bis karena ingin menikmati perjalanan.. eheeeem dan juga ngirit lah pastinya. Untuk bisa naek bis ini, ane harus merogoh kocek sebesar 27 Euro. Sebenernya harganya  22 Euro, tp karena ane beli di Buro (u ada umlautnya :p) jadi tambah 5 Euro. Bisnya asik lo, bis tingkat gitu, ane duduk di atas paling depan ni.


0

Minggu, 29 Desember 2013

Wintercamp



Ratusan pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai penjuru Jerman berkumpul bersama dalam acara Wintercamp #2 yang diselenggarakan oleh Indonesisches Weisheits und Kulturzenrum (IWKZ) Berlin pada 27-28 Desember 2013 lalu.



Apaan itu Wintercamp?  


Singkatnya

WinterCamp adalah kegiatan kemahasiswaan yang dikemas dalam paket pelatihan jasmani berupa games team building serta jelajah alam, dan penyegaran ruhani berupa materi keislaman serta diskusi masalah. Selain itu kegiatan ini akan diisi dengan ibadah bersama seperti muhasabah dan games ukhuwwah. Salah satu dari tujuan kegiatan adalah mempererat tali silaturahim antar mahasiswa muslim Indonesia yang berdomisili di Jerman, dan meningkatkan kapasitas diri terutama dalam bidang keislaman.





Ane pos lagi entaran yaa, mau beberes dolo.

0

Problem Solving



Acara Winter Camp #2 di Berlin mengingatkanku pada masa SMP di SMP IT Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Suasannya mirip, materinya, gamenya, semua buatku kembali merasa seperti jadi anak asrama. Apalagi itu, pas sesi makan. Ahahahahah, selalu deh ujung-ujungnya makanan.
Langsung aja.. keburu lupa, aku paling suka dengan materi Problem Solving yang dibawakan oleh mahasiswa S3 (kalo gak salah)..walaupun ya, ini materi udah sering terdengar, tapi karena cara ngisi materinya nyantai dan gak berat, ini malah ngena banged.
Diawali dengan pertanyaan, “Apa si masalah itu?”, tau gaaak neee? Tau kan, soalnya itu jadi hal akrab buat manusia. Jadi, singkatnya masalah itu ADALAH ketika Harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Logis kan? Aku pinginnya makan soto, nasgor, krupuk, tahu eh kenyataannya yang ada Cuma Brot, Brot, Marmelade, Sereal, Susu Anget dan BROT lagi....
0

Minggu, 22 Desember 2013

Desember, libur lembur makmur



Sesuai prediksi ane, bulan Desember ini emang banyak lembur, banyak libur dan makmur. Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Thanks a lot God 
Desember bahagia dimulai tanggal 1, ane betul-betul menyambut bulan ini dengan suka cita. Kayak adek-adek ane yang seneng banged karena dari tanggal itu mereka udah buka hadiah “natal”, Adventkalender gitu sebutannya. Jadi, ada hadiah-hadiah kecil yang dibuka tiap pagi sampai tanggal 23.
Betul, bulan ini banyak lembur karena ane sering tidur di atas jam 1 malem tapi kerjaan di bulan ini banyak selo.. nah nah, yang buat seneng, pas habis liat rekening di Berliner Sparrkasse, ada bonusnya tuuh, oahahahah. Ya, jadi ada tambahan uang saku plus ada uang ongkos naek kereta selama seminggu.
Yaaah, ada suka ada dukanya deh bulan ini, tapi ane tetep ngerasain rezeki Allah selalu ada dan Allah memberikannya lewat banyak cara. Aseeeek.
So, tanggal 17 Des ane bermalam di Rumah mbak Odi, ibu muda yang menjadi orang Indonesia pertama yang ane temui di Bandara Tegel Berlin daaaaaan akhirnya mbak Odi inilah yang banyak bantu ane terutama dalam hal perbaikan gizi. Makasi ya mbak. Sekilas ane ceritain ihwal ketemunya ya. Jadi begini, saat ane nunggu koper ane keluar dari bagasi, muka ane yang lugu ini tengak-tengok, plonga-plongo daaan trreeeet ane ngeliat mba Odi sama si Habibi (anaknya yang blasteran beuud) lagi nunggu kopernya, di situ ane kenalan sebentar tanpa tanya nomor hapenya (ane buru-buru) coz udah dijemput mbak Agata. Selang seminggu kayaknya, ane yang uda keluyuran dari Rumah baru ketemu mbak Odi di Masjid Alfalah dan ane minta nomornya. Mba Odi ini yang awal kalinya ngundang ane buat makan cumi-cumi di Rumahnya, ihihihihihi. Sampe akhirnya ane nginep di sini ni, sekalian nungguin rumahnya, coz mba Odi dan Habibi hari ini berangkat Umrah meeeen, semoga berkah ya mbak dan Habibi. Amien..
0

Kamis, 19 Desember 2013

A.........Indonesia

Ahli kimia, jago masak, anaknya blasteran gitu... namanya mb Odi.. tinggal di Berlin. Well, aku belum bisa banyak cerita karena masih sibuk makaaaan hahahah. This is ......

0

Minggu, 15 Desember 2013

Hadiah

Hari ini dapat kado dari hostfamilyku, kado natal istilahnya, ya apapun itu, namanya hadiah ya harus tak terima. Dapat sepaket lucu-lucu dan yang pasti ada coklat mahalnya di situ, lumaaayanlah.. apalagi itu bungkusan coklat imutnya bikin mulut ga bisa berhenti ngunyah.
Ini ketinggalan yang kecil
0

Sabtu, 14 Desember 2013

Anjangsana

Hari ini ada perbedaan suasana, rasanya kayak di Indonesia. Kayak di Jogja kalo hari libur, sejuk, sepi dan syahdu banged. Jam 10.00 pagi aku jalan-jalan ke Piratenspielplatz, nemenin bocah-bocah kecil yang jejeritan sepanjang jalan dan ceriwis banged. Oya, ni salah satu objek bermain yang jadi favorit banyak orang :
0

Jumat, 13 Desember 2013

Terus???

Malu dan ngakak, 30 menit yang lalu ane pergi ke Supermarket KAISER yang ada di mana-mana kayak Indomaret dan Alfamaretaprilmei itu. Dengan jaket woll tak berlapis sepatu rumah dan krudung cemplung cantik, ane muter-muter nyari WURST (sosis) dengan merk dagang A&P.. muter-muter 10 menit di lokasi Wurst gak nemu-nemu, karena takut kemaleman yadah cepet-cepet ke kasir dan bayar 2,9 Euro untuk sebungkus susu dan selusi Milchschnitte, nah cerita memalukan inilah bermula.
0

Refleksi

Memanusiakan manusia. Kadang, seseorang khilaf untuk membentak atau mencemooh orang lain, yang dipikir orang lain itu memang pantas diperlakukan seperti itu. Sayangnya, mereka  yang mencemooh tidak tahu pemikiran si korban (sebut saja begitu). Marah itu wajar, tapi hati-hati dengan marahmu, karena efeknya bisa lebih lama dari yang dikira. Bisa saja korban trauma atau gila gara-gara perlakuan tersangka. Ah, ini refleksi saya 3 hari kebelakang ini. Hati-hati deh :)
0

Senin, 09 Desember 2013

Tak Pernah Sendiri



Perasaanku waswas, cemas tak karuan. Ah, nampaknya rumah ini ada penghuni lainnya. Sayup-sayup kudengar teriakan wanita, seperti mak lampir, kadang terkekeh, kadang galak dengan segala sumpah serapahnya. Ah, lalu ku tengok sekejap keluar dan ternyata, KOSONG! Tak ada apapun. Kututup lagi pintu kamarku, kurapatkan gorden jendelaku, kutarik selimutku sampai atas kepala dan rasanya aku ingin tidur. Sayangnya, dua jam berlalu aku belum juga bisa tidur. Aku terus berdoa dalam hati memohon bantuan Tuhan supaya aku tertidur atau setidaknya suara bising itu berhenti.
0

Minggu, 08 Desember 2013

Das schoenste Wort ist ....

Lagi buka diktat Berliner Platz dan ada materi Das erste deutsche Wort di halaman awal, seketika ingatanku melayang pada kertas-kertas yang kubawa dari Indonesia. Segera saja aku ambil map kuningku dalam koper baruku dan
2

Malaikat Kiriman Tuhan



Saya sempat baca tulisan Yusran Darmawan dengan judul “Ibuku, Ibu terhebat di Dunia”. Sepertinya itu judulnya sih, hehe. Ketika membacanya, saya menangis dan teringat ibu saya. Saya sepakat dengan apa yang ditulis Yusran... Kasih Ibu tiada batasnya. Saya tersentuh dengan cerita Yusran, begitu jujur dan benar-benar indah.
0

Kuker

Ich habe mehr Zeit zum Kochen, obwohl nur einfaches Essen. Javanische Nudeln....sie schmeckt sehr lecker. Keine Gemuese aber mit Kaese, hahahaha.


0

Sabtu, 07 Desember 2013

Wozu muss ich weinen?

Buat apa bersedih tak wisuda secara LIVE di GOR UNY, jika mereka semua membawakan nuansanya langsung kedalam hatiku?
Terimakasih Tuhan atas nikmatmu, dikelilingi banyaknya rezeki yang tiada habisnya.
Selamat untuk semua, semoga kalian senantiasa berbahagia dan selalu dalam naungan Tuhan. Amien


By @pisilpi

0

Jumat, 06 Desember 2013

Berlin Punya Bakso


0

Salju

Harusnya besok aku wisuda di GOR UNY bareng teman-teman seperjuanganku. Oh, gembiranya! Sayangnya yang hadir besok hanya angan dan bayang-bayangku saja. Semoga acara wisuda besok lancar dan membahagiakan buat semua. Ini momen penting dan berharga buat mereka dan juga keluarga. Terimaksih Allah atas jalan hidup yang Kau gariskan untukku. Aku tetap bahagia dengan melihat kebahagiaan kawan-kawanku. Walau tak bersua, jika mereka gembira rasanya hatiku juga ikut gembira, LEBAY :) Hahaha.

Ya, kalau seandainya besok aku berangkat wisuda, hari ini makku, adikku, pakde, paklik, tante dan ponakanku sedang alay untuk persiapan esok harinya, haha. Sudahlah bersyukur deh dengan apa yang ada. Aku tetap lulus kok tanpa wisuda (ngayemngayem).

Oh ya hari ini salju turun, angin berhembus kencang, saat keluar rumah dan mencoba jalan rasanya kayak ada yang menghalangi, terus rasanya jadi mau balik lagi ke Rumah, copot jaket, ganti baju dan tarik selimut lalu tidur lagi.

Waaak, seperti melawan sesuatu yang berat ketika angin mengguncang tubuh ini. Brrrrr dan salju menempeli jaket hingga basah kuyup, hahaha. Ouh dan ini jadi refleksi hari ini, begitulah menjalani hidup. Mau terus atau balik lagi dan diam saja?
0

Bagus

Alhamdulillah, sekarang bulan Desember hari keenam. Terimakasih Tuhan untuk segala nikmat yang telah Engkau berikan hingga detik ini. Aih, tanggal 6 Desember 2013 adalah waktu dimana Bagus berulang tahun. Bagus Cahyono. Semoga berkah ya, sukses dan bahagia. Betapa gembiranya, jika hari ini aku bisa bersamanya seperti tahun-tahun sebelumnya. Yah, bagaimana lagi jarak dan selisih waktu 6 jam membuat kami terpisah sementara. Aku cuma bisa mendoa yang terbaik, semoga kamu selalu dalam lindungan Tuhan, sukses, bahagia dan menjadi orang yang berguna.

Tak banyak kata sanggup kuucap hari ini, salam sayangku buat kamu :)
0

Senin, 02 Desember 2013

Rencanakanlah

Tiba-tiba kepikiran tentang kebiasaan berkhayalku dan bermimpi. Ini tentang mimpi ke Jerman..yang emang udah terpupuk sejak SMA. Aku sering nulis mimpiku di buku harian, kayak merencanakan sesuatu gitulah, sampai detail-detailnya. Ni, waktu buat blog ini pertama kali aku iseng aja nulis di profilku kalau aku tinggal di Berlin, gak iseng deng, memang aku berharap bisa jadi nyata.. akhirnya, Allah mengamini khayalanku itu :) Keisengan lain adalah pasang background di twitter peta Berlin yang aku comot asal-asalan dari internet itu, ternyata aku sudah melewati jalan-jalan itu menggunakan nomor kereta yang juga tertera di situ. So, rencanakanlah apa yang ingin kamu raih dan buatlah nyata dengan bantuan Tuhan. Just share ;p
0