Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Sabtu, 04 Januari 2014

Pertanyaan dan Jawaban

Indonesia?

"Apa di Indonesia banyak harimau?"
"Bali termasuk Indonesia?"
"Apa yang dianggap sopan dan gak sopan di Indonesia?"
"Susilo Bambang Yudhoyono, gimana bacanya?"
"Ada lebah gak di sana?"
"Banyak teh?"
"Banyak pantai?"
"Makanan tradisionalnya?"
"Pernah ada perang gak? Ceritain!"
"Pada ngomong bahasa Inggris gak?"



Woooo, semalem dapat pertanyaan semacam itu. Gila, yang tanya banyak pula. Ane jawab satu persatu dengan slow dan pake kosakata yang paling einfach. Intinya, ehmm Indonesia itu kaya, apa kalian tahu? Belum selesai ngomong, Noah bilang : Fitri, penduduk Jerman 86 Juta. Ane bilang, Indonesia 260 Juta. Eh, ada yang gak percaya. Terus, terus kami semua bareng-bareng liat peta. Ngeliat gambarnya. Ane lanjutin lagi tu jawaban. Terbatasnya waktu ane cuma jawab di Permukaan. "Indonesia punya semua, harimau ada di Hutan walau udah tinggal dikit." Ada yang nyeletuk, "Kalo di sini ada di Kebun Binatang. Kamu tahu kebun binatang?" "Fakimaaah (dalam hati), di Indonesia juga banyak kebun binatang bro." Ehm, pantai? Di setiap daerah tertentu memiliki pantai, contoh Jogja punya Baron, Kukup, Krakal." Belum selesai ngomong, ada yang nanya, "Kalo dari Bo-lali (ga bisa nyebut) berapa kilo?" Ane mbenerin "Dari BOYOLALI bukan Bolali itu kira-kira 80 Km (ngawur) tapi tempat ane itu deket gunung, ane hidup di kaki gunung."

Hakk, jawaban ane menimbulkan pertanyaan baru yang ane bingung jawabnya. "Kamu pernah naik gunung, ada batu spesial kayak gini?" Dia lantas nunjukin batu akik. Anen cuma senyum lalu melanjutkan jawaban ane. "Leute, Indonesia itu luas, kaya dan semuanya ada, mulai dari makanan, tiap kota ada khasnya, tapi  secara umum Nasi Goreng itu khas Indonesia. Ane lantas nyebutin beberapa makanan dari Boyolali dan Jogja. Ehmmm ane jawab dengan jawaban umum, terus ane bilang, kalo mau lebih detail ntar tanya lagi ke ane (terbatas waktu juga si). Nah, nah pas nyeritain perang ane harus tarik nafas dan nginget tentang kemerdekaan Indonesia. "Ini adalah perang merebut kemerdekaan melawan BELANDA, oleh sebab itu hari kemerdekaan Indonesia diperingati setiap 17 Agustus." Belum selese ngomong, Noah nyeletuk "Ah, aku 15 Agustus." Yang lain ketawa dan ane terusin cerita (gak panjang-panjang). Okeee semua pertanyaan secara UMUM sudah terjawab tapi ada yang pengen tahu secara khusus, terus ane bilang, okee okee tapi tentukan temanya dan nanti akan ane persiapkan slide presentasi terus kita bisa diskusi. Ngek..ngek, ane harus banyak baca lagi ni, isin nganti gak bisa jawab.

Ane kira udah gak ada pertanyaan lagi, tiba-tiba yang namanya Anton tanya...
"Fitri, di Indonesia ada gak si gak kata-kata yang buat mengungkapkan kekesalan/kemarahan?"
"Maksudnya? Apa schimpfen?"
"Ya, betul."

Ane langsung ngakak dan tarik nafas, ehmmm bingung juga jawabnya, ini kata-kata misuh gitu lo, ane bingung mau ngasih tahu apa. Wakakaka. Yaudah ane jawab lagi, tiap daerah punya cara misuh sendiri-sendiri, nak di Jawa Tengah tempatku tinggal itu misuhnya "Asssssyuuuuuu". "Asyuuuuu ist Hund" dan ..... belum selese ngomong malah si Noah misuh ke yang lain "Asuuuuuuyyyyyyyyy" Yang laen ketawa tapi salah satu bilang, "Hey das ist unhoeflich" dan ...... bersambung....

Eh ini beda cerita jadiii
Ane ditantang maen sepak bola men, gila gila lagi ni, aneh-aneh aja. Jadi begindang ceritanya, temen ane bilang kalo dia anak Taekondow terus ane juga bilang waktu ane umur 14-16 ane ikut karate, terus dia nanya sabuk apa, ya ane bilang sabuk biru, tapi "udah lama berlalu, ane lupa main KATA, cuma inget depan-depannya." Ane tanya, "ente sabuk apa?" "Kuning" terus lanjut lagi ngobrolin olah raga, mulai berenang dan badminton, eh ujung-ujungnya dia tanya, "Kamu pernah maen sepak bola?" "Heiii, sering kali, ane suka maen sepak bola, waktu semester 1-4 di Uni kalo ada tanding antar jurusan kelasku selalu main dan ane juga jadi pemain." "Waaaw, oke kalo gitu hari Senin kita tanding sepakbola." "Haaaaaa? Perlu grup ga?" "Aku yang atur." JLEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEBBB, ane ndomblong dan gak mau jawab apa-apa lagi. Tu orang kok gelaaaa. Jangan-jangan ntar diajakin sparing.. Aduuuh mateeeeeek...
Ane mau persiapan tema diskusi dulu yeee

0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D