Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Kamis, 18 September 2014

Jalan Singkat di Mainz, Germany

Mau jalan-jalan singkat di Kota Mainz? Ibukota dari Rheinland-Pfalz yang diberkahi paras segar dengan kehadiran sungai Rhein? Asik lo. Jarak dari Frankfurt am Main Cuma 30-45 menit naek kendaraan. 

sumber : wiki


Kalo kalian ke sini bakal ngeliat juga tempat yang namanya Schiller Platz.
Kalo ditanya tentang kesan ane tentang Mainz, ane sering banged jawab, “Geműtlich”. Di sini ada juga Gutenberg University. Tahu Gutenberg? Dia yang nemuin mesin cetak, stempel gitu-gitulah. Kalo mau tahu ttg dia banyak, Mainz juga menyediakan Museumnya. Waktu ane kesana kena 3 Euro.

Oke, kalo Cuma punya waktu singkat di Mainz, ni tempat-tempat yang wajib dikunjungi. Bedewe tenang aja, kalian bisa jalan kaki karena tempat-tempat penting berada dengan jarak yang berdekatan. Sehari jalan, kalian udah serasa menjamah jantungnya Mainz. Hahahah!

Ini menurut pengalaman dan sumber buku City Trip Mainz karya Mas Gűnter Schenk. Ane kasih gambaran kalo kalian turun di Mainz Hbf alias terminal besar utama Mainz.

dok pribadi



Dari terminal jalan kaki lurus sampe ke :
  •  Schillerplatz, di situ bakal di sapa sama patung Friedrich Schiller, taman bunga cantik dan air mancur Fastnach karenanya  Mainz merupakan kota kedua setelah Köln yang menyelenggarakan karnaval terbesar. Bangunan yang ada di situ bergaya Barock gitu deh.

Patung Schiller nampak dari belakang, dok mb vida

Patung Fastnach di Schiller Platz, dok mb vida, model : penulis


  • Dari Schiller Platz jalan terus ke arah Mainzer Dom. Sebelum nyampe Dom sempatkan dulu liat-liat ato poto-poto di depan StaatsTheater-nya Mainz. Kalo punya waktu lebih buat nonton theater di situ cek aja jadwalnya di web portalnya. Ane pernah nonton Woyzeck, milih tempat yang paling atas (paling murah) n dapat diskon 50% berkat kartu sakti ane.
dok pribadi n mba vida

  • Jalan lurus lagi, ntar ngelewatin air mancur lagi. Waktu Sommer banyak yang berjemur di situ
dok pribadi, model : yang nulis


  •   Dom udah keliatan kan? Masuk aja. Gratis. Oya, sebelum masuk pasti kalian ngeliat halaman besar kan? Di situ biasanya tiap akhir pekan ada pasar Wochenende gitu, biasanya di situ jual buah-buah dan sayur segar beserta panganan khas lain kayak Wurst, Pommes, Kuchen dan yang manis-manis.




pasar

  •   Dom sendiri bergaya Gotik dan Romantik. Di dalamnya ntar kalian liat sendiri megahnya Dom tsb. Di dalam Dom, ane pernah ngeliat taman yang rapi banged, taman bergaya Inggris gitu kali ya nyebutnya.
  •  Habis dari Dom lanjut jalan ke belakang Dom, nah itu namanya Gutenbergplatz, disitu juga terletak Museum Gutenberg. Gak ada salahnya mampir dan membeli Souvenir khas sekaligus mencicipi pengalaman cetak mencetak.
  •  Setelah puas, dekat situ adalah Altstadt-nya Mainz. Di situlah jantung kota Mainz, hahahah. Ada gereja cantik dan tanaman-tanaman indahnya.
dok mba vida



  •   Kalo mau jalan lagi nanti kalian bakal nemu Zitadelle, Romische Theater dan Museum.
  •   Melanjutkan jalan lagi? Ke Rhein aja. Menyusuri Rhein itu asik.


  •   Deket Rhein ada ZDF (Zweites Deutsches Fernsehen), stasiun TV terkenal di Jerman.
  •   Mau ngeliat gembok cinta di Mainz? Naek aja ke Jembatannya. Tapi, ni Jembatan menurutku gak serame di Köln. Namun, gak ada salahnya menjajal.
  • Belum Puas? Dari situ ke Vollspark aja, tempat asik banged buat piknik selain di Pinggir Rhein, ada taman bunga, bersih, pohonnya lucu-lucu. Ada kebun burung mininya. Bisa bakar-bakar daging tuh di situ kalo mau.


Oya Mainz sejak 2011 dijuluki Wissenschaftliche Stadt alias Kota Ilmu Pengetahuan, ane gak tahu banyak kenapa. Pokoknya dari yang ane baca, Mainz berperan penting dalam sumbangsih pengetahuan di Jerman.
Kalian yang suka olahraga jangan lupa ke Coface Arena, ni stadion deket Universitas. Arahnya terminal barat. Kalian tahu Mainz 05? Sejak 2004 tim tsb  bergabung di Bundesliga.

Nah, itu kalo kalian cuma singkat di Mainz, bisalah tempat-tempat tadi mewakili. Sebenernya masih banyak lagi yang bisa dikunjungi. Ane aja berbulan-bulan belum masuk ke semua Museumnya, masih kurang. Eh, terus tiba-tiba pindah ke Ingelheim. Kota kecil tetanggaan dikitlah ma Mainz.

Oya, habis dari Mainz kalian ke Wiesbaden aja, Cuma 10-15 menit jaraknya. Wiesbaden itu ibikotanya Hessen. Satu-satunya kota yang aman dari bombardir bom waktu perang dunia, bangunan-bangunannya masih asli gitu. Di Wiesbaden juga asik!


Bdw Mainz n Wiesbaden tarif kendaraannya sama. Kalo kalian pake Tageskarte yang beli di Mainz, itu berlaku juga di Wiesbaden.


Sementara ini dulu, met jalan-jalan!




0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D