Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 01 Desember 2014

Dolan ke Pasar Natal, Mainz Jerman

Musim dingin tiba, orang-orang membalut diri dengan jaket tebal.

Desember datang dan .............................

Desember identik dengan perayaan Natal, bukan? 4 minggu sebelum hari Natal (25/12), bau-bau natal sudah tercium di Sini, Jerman. Ada perayaan tradisi natal yaitu, Pasar Natal alias Weihnachtsmarkt. Masa ini dinamai Masa Advent.

Pasar ini menjadi tempat tujuan wisata juga lo buat semua. Penulis sendiri tidak merayakan natal, tapi rasa penasaran mengantar penulis berkunjung ke Pasar natal, di Mainz, Ibu Kota Rheinland-Pfalz.




Stan yang berbentuk seperti rumah kayu memenuhi pasar “dadakan” yang dilaksanakan di Schiller Platz sampai ke Depan DOM. Stan-stan mungil dan lucu ini menjual berbagai pernak-pernik natal, perlengkapan musim dingin seperti syal-sarung tangan-kupluk yang mahal (ups), prakarya alias kerajinan tangan, makanan, Glűhwein (Anggur yang dihangatkan), Kue yang rasanya banyak rempah-rempah ato Lebkuchen, Pommes serta hal lucu yang berbau natal lainnya.



Gak Cuma stan jualan, ada juga cafe-cafe mungil yang bisa buat nongkrong bareng keluarga. Untuk pengunjung yang masih imut-imut, bisa juga naek komidi putar, kuda-kuda yang bisa muter, karosel dan tentunya mencicipi jajanan manis yang bentuknya lucu.


Pasar natal memiliki magnet tersendiri untuk dikunjungi karena biasanya memiliki tema masing-masing, ada yang temanya abad pertengahan. Kalo pas di Mainz, penulis gak tahu temanya apa. Hehehe.
Oya ciri khas pasar natal biasanya ada pyramid natal, ya itu perlambang pohon natal si sebenernya. Penulis malah ngerasa itu tumpeng raksasa, hmmm nyummi.



Di Masa Advent ini ada juga tradisi Adventkalender. Menurut hasil diskusi, adventkalender ini ditujukan untuk anak kecil supaya semangat gitu. Jadi tiap hari mereka membuka boks-boks sesuai tanggal yang di dalamnya ada cokelat/hadiah lain. Katanya, Gereja Lutheran Jerman pas awal abad 19-lah yang mengenalkan tradisi kalender gituan.

Ini contoh sederhana Adventkalender. Itu ntar dibuka mulai tanggal 1-24.

Bdw, itu penulis dapet dari Gastmutter temen penulis yang jadi Aupair di Jerman. Katanya, doi beliin dua kalender. Satu buat Kiki dan satunya buat penulis. Gastmutternya biilang, isinya bisa diambil dulu baru dikasihin penulis hahahhahha. Makasih ea Maknya kiki dan kiki.

Oya, masa Advent pertama kan jatuh tangggal 30 Nov, penulis juga dapet bingkisan mungil dari penghuni tempat penulis kerja. Hahaha. Jadi penasaran ngeliat hari-hari selanjutnya.



Terus, selain itu tadi tanggal 6 Desember juga diperingati buat Perayaan Sankt Nikolaus. Seingat penulis waktu masih jadi Aupair, sehari sebelum perayaan itu anak-anak kecil biasanya naruh sepatunya di luar dan berharap sepatunya bakal diisi St. Nikolaus tsb. Nah, waktu itu penulis yang disuru naruh cokelat di Dalam sepatu anak-anak, terus paginya mereka heboh luar biasa. Ntar pas tanggal 24 Des, toko-toko buka setengah hari doank tu di Jerman.

Wisata di Bulan Desember di Jerman, jangan lupa main ke Pasarnya itu yaaa.



Dokumentasi Foto : Kiki dan Penulis
Waktu kunjungan 1/12
0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D