Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 12 Oktober 2015

Daftar Kaget Waktu Awal di Jerman

Credit to Delta Luminthi Kecil

Hallo Luminthiku yang segera ke Jerman. 

Kebetulan banged Oktober ini bertepatan jadi hari jadi keduaku di Jerman haha. Sesuai obrolan kita beberapa waktu lalu, inilah dia daftar 5 hal (lainnya nyusul)  yang bikin aku kaget waktu sampai di Jerman. Apakah itu?



  •  Air minum Jerman berkarbonasi. Bukannya lega habis dikasih minum, lidahku seperti ditarik-tarik del waktu pertama nyampe di Berlin. Ternyata waktu aku ditawari Mineralwasser, yang mereka keluarkan adalah Sprudelwasser. Mineralwassernya punya level masing-masing, seperti normal-medium-spritzig. Nah, habis tertawa si empunya rumah bilang kalo mau air yang tawar, carinya yang stilles Wasser atau Pur. Tahu ndak del? Kalo males beli, minum air keran aja cukup, Leitungswasser.
  • Punya Hausschuhe itu penting banget di Jerman. Waktu pertama nyampe, aku ditanyai bawa Schuhe apa aja? Aku pun ngeliatin sepatu yang tak bawa termasuk sandal jepit yang di Jerman kondang dengan nama Flip Flop itu. Mereka pun bilang, kalo aku butuh Sepatu Rumah dan harus terbiasa ngingetin adik-adik angkat (waktu masih aupair) buat make Hausschuhe. Alesan rinci kenapa harus punya ini aku gak tahu? Jawaban yang bisa kukasih ke Kamu del mungkin karena dingin dan ndak mau kotor.
  • Hari kedua aku di Jerman del, masa orientasi pertamaku adalah dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah di Kompleks rumah. Bukan diajak nggresek, Cuma di kasih tahu aja buang sampah di Jerman ndak boleh sembarangan. Ada kelompoknya masing-masing. Ada kelompok Restmull, Paper, Metall, Plastic, Bio. Buang baterai aja del harus ditempat khusus, biasanya di Supermarket ada kardus buat buang baterai. Di situ kita bisa nitip buang deh, delta mungilku.
  •  Aku kan nyampe Jerman hari Jum’at, nah hari ketigaku jatuh di Hari Minggu. Aku diajak jalan-jalan ke Fernsehturmnya Berlin. Di Jalan aku nggumun, lha kok banyak toko tutup? Lha kok Berlin Sepi dan lengang? Kok beda banged? Oya, ternyata emang Sonntag itu hari libur yang emang libur. Walaupun ndak semua tokonya tutup, pokoknya del kalo kamu mau belanja-belanja di Jerman jangan hari Minggu.
  •  Kan keluarga tamuku anaknya dua. Di Pintu kamar mereka ada kalender yang isinya jadwal mereka berdua. Orang sini hobi banged plan jadwal dan nulis-nulis di Kalender ginian del. Hari Minggu mau diapain, mau pergi kemana, ada janji sama siapa itu lebih cucok ditulis. Nak kamu tanya aku punya ndak? Punya noh...


Segitu dulu cil cerita bersambungku, sekarang aku mau siap-siap makan siang. Oya, makan hangat di Sini normalnya sekali aja cil. Kamu pasti udah tahu banged kan, gak mungkin di Sini makan nasi sehari tiga kali. 
0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D