Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Kamis, 03 Desember 2015

Nomin dan Ausbildung-nya

Lagi keinget aja sama seorang kawan asal Mongolia, yang pertama kali kenalan waktu kursus bahasa Jerman. Kira-kira, Januari 2014 yang lalu. Kami sama-sama ambil kursus di Volkhochschule Mainz. Dari 18an temen kursus, cuma sama dia lah penulis sampai sekarang sering ketemu, padahal dulu waktu di Kelas kami gak akrab-akrab banget. Malah barusan juga  ketemu di Tempat kerja (Des 2015).

ada dia yang aku maksud



Sempet malah ada konflik kecil antara kami ini dan dia gara-gara urusan bioskop :D





aku, karolina, anna



Gak disangka, pacarnya dia kerja di Restoran Donner di Ingelheim, yang membuat dia sering ke Kota kecil mungil itu. Hubungan penulis dan si anak Mongolia pun tersambung lagi gara-gara foto di Facebook. Dia pun kemudian ketemuan sama penulis di Ingelheim. Semenjak itu pula, penulis sering banget dapat gratisan makan di Restoran Donner. Hahahaha!

Singkat cerita, sekarang dia Ausbildung di Panti Jompo tempat penulis juga kerja sosial. Ceritanya lucu sampai dia juga di Tempat yang sama. Dia kan sering main ke Kosan penulis ni dan akhirnya dia tertarik deh di Panti Jompo.




Eh, Ausbildung apaan ya? Itu tuh program lanjutan di Jerman setelah sekolah, dalam Ausbildung ini orang akan belajar mengenai sebuah pekerjaan. Menurut wiktionary.org, Ausbildung punya arti Erlenen eines Berufes, yang bisa diartikan belajar sebuah pekerjaan. Pada Ausbildung, proses belajarnya di Sekolah dan di Tempat kerja. Belajar teori dan habis itu langsung praktek di Tempat kerja.

Nomin, nama anak yang penulis maksud. Awal ke Jerman dia jadi Au-pair, lanjut Freiwillige Soziales Jahr (FSJ), dapat pacar dan kemudian sekarang Ausbildung. Wah, dia dulu FSJ di Taman kanak-kanak loh. Sebenernya dia pengen Ausbildung di Taman Kanak-kanak, sayangnya nih dia gak dapat lowongan. Terus sekarang Nomin Ausbildung di Panti Jompo mau jadi apa ya? Dia mau jadi Perawat para lansia.

Perawat di Panti Jompo Jerman masuk kategori pekerjaan yang banyak dibutuhkan loh. Soalnya kan, jumlah lansia di Jerman banyak dan bisa dibilang pekerjaan ini pasti.Lha kok? Kan, orang pasti bakalan tua. Di Sini, harapan hidupnya tinggi loh, rata-rata umurnya sampai 90an ke atas. Hal itu jadi salah satu alasan Nomin memilih bekerja di Panti Jompo.




Oyaaa, kamu belajar apaan Nomin di Ausbildung?

Banyak nih, ada 3 tema besar dalam materi yang didapat para Azubi (sebutan buat yang Ausbildung), ini loh :

1.      Perawatan Para Lansia
2.      Pelayanan Kesehatan dan Gizi Lansia
3.      Pendampingan lansia secara personal dan sosial

Waah, susah gak Nomin?

Ih Fitri, pertanyaanmu loh. Dibilang susah enggak, dibilang gampang juga enggak. Tantangan pertama yang harus ditaklukan adalah bahasa Jerman nih. Kalo yang lain, menurutku aku banyak belajar ketika praktek di Panti Jompo.

Learning By doing ya Nomin?

Bisa dibilang gitu sih. 3 Bulan Sekolah, 3 Bulan praktek. Jadi, selama tiga tahun aku bakal gitu. Selang-seling, teori dan praktek langsung di Panti.

Dapat Duit di Ausbildung-mu?

Dapat donk, pertahun naik. Tahun pertama dapat sekitar 600an Euro, tahun kedua 700, tahun ketiga 800-900.

Kasih contoh donk Nomin hal apa yang kamu lakuin di Panti?

Ya, contohnya kalo dapat jatah kerja pagi. Aku ngurus beberapa embah, mbantuin mereka cuci muka, BAK/BAB, ganti baju dan ndampingin mereka sarapan, makan siang, kalo ada yang butuh disuapin ya aku suapin. 

Berat gak sih?

Sebenernya ini kerjaan sederhana, tapi harus teliti. Ada taktiknya. Gimana cara mbantuin embah-embah bangun dari tempat tidur, gimana ngurusin embah yang kena stroke, dll. Siap fisik dan kendaliin emosi ajah. 

Yaudah Nomin, makasi ya udah mau berbagi pengenalan dasar Ausbildung di Panti Jompo. Semoga sukses yaaah.






8

8 komentar:

  1. Lunayan makan gratis, bagi-bagi sini :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini aja Suk aku jajakke ingkung..ngko ta gawakke donner ko kene hahahahah

      Hapus
    2. Deal!!! Pokoke aku manut koe wes, mbak :-D

      Hapus
  2. kayaknya indonesia masih kurang tuh ausbildung-ausbildungnya...biasanya skolah cuma mengajarkan teori dan ungkin sedikit praktik.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya
      Kalo Ada Ausbildung lumayan buat pemudapemudi Indonesia.. mengurangi kegalauan Pak

      Hapus
  3. salam subuh yg indah dari indonesia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam menjelang dini hari dari Jerman pak Ustadz...

      Hapus
  4. Hi there, just became alert to your blog through Google, and found
    that it is really informative. I'm going to watch out for
    brussels. I will appreciate if you continue this in future.
    Lots of people will be benefited from your writing.
    Cheers!

    Also visit my web blog sdf

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D