Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 25 Januari 2016

Abschiedgeschenk Sederhana dan (Membahana)

If you brave enough to say goodbye, life will reward you with a new hello! –Paulo C

Jika kamu berani mengatakan selamat tinggal, hidup akan memberimu ganti dengan halo yang baru.

Mein FSJ ist in diesem Monat offiziel beendet!

Foto disamarkan atas permintaan dan tidak diupload semua T.T

Program FSJ yang penulis jalani dari agustus 2014, pada Januari 2016 resmi berakhir. Di atas kertas tertulis sampai 31 Januari, tapi pada kenyataannya 14 hari sebelum hari H, penulis udah bebas kerja. Cuti men cuti!
@@@

Haru biru gimana gitu deh, waktu hari terkahir kerja, para kolega bilang bahwa hari Jumat (22.1) penulis disarankan untuk datang lagi ke Tempat kerja. Pikir penulis sih, paling mau dikasih hadiah aja gitu. Oke deh, sebelum itu penulis sempatkan dulu liburan ke Berlin 4 hari. Senin-kamis dan Jumat udah di Ingelheim lagi.
3

Kamis, 21 Januari 2016

Berlin, Kau Mencuri Hatiku

Berlin selalu di Hati! Satu ungkapan buat diri pribadi yang gak bosen, jika harus kembali lagi ke Ibukota Jerman itu. Begitu membekas dengan campuran kenangannya, antara merah, jingga, hijau, pelangi dan yang kelabu sekalipun.

Dua tahun lalu, Oktober 2013 adalah pertama kalinya kaki ini menepak Bandara Tegel. Menaiki Qatar, di mana penulis dikira terbang bersama majikan oleh seorang ibu entah siapa. “Mbak, itu majikannya ya?” tanyanya, ketika ia melihat penulis kebetulan duduk disamping sebuah keluarga berwajah Arab. Sambil melengeh, penulis menjawab bukan.

Berlin Pertama, 2013


Cuma 73 hari di Berlin, penulis pun kemudian pindah ke Wackernheim, desa kecil tak jauh dari Mainz. Belum puas rasanya di Ibukota. Amboi nan ajaib, beberapa bulan setelahnya penulis bisa ke Sana lagi walaupun Cuma 4 hari. Waktu itu bertepatan dengan ajang piala Dunia, dengan ceria kudatangi sebuah tempat yang sudah lama kureka-reka di Sana.
3

Berkunjung Ke Kubah Reichstag

Hamparan rumput yang hijau itu hilang! Ia ditelan musim yang dingin dan merubahnya menjadi putih. Salju menyelimuti seakan menguliti warnanya yang asli. Dari balik kaca, kuintip Berlin yang memutih. Diam-diam kuamati dari segala penjuru. Kulihat Stasiun, Fernsehturm, Kantor dan semua dari atas, dari sebuah kubah berkaca.

halaman Reichstag musim dingin
3

Senin, 11 Januari 2016

Pengalaman Kirim Paket dari Jerman Pakai Pulang Kampung

Kirim paket ke Indonesia dengan aman dan harga terjangkau? Itu pertanyaan saya waktu seetengah jalan di Jerman. Mau digimanain buku-buku, baju dan beberapa hal lucu yang udah saya dapat di Jerman ini nantinya yah. Dibawa ke Pesawat? Dikirim pake DHL? Dititipin temen?

Kepusingan itu terjawab setelah dua senior saya kirim barang lewat Pulang Kampung. Saya pun kemudian ngecek websitenya di www.pulangkampung.eu. Apa yang sering ditanyakan sebelum mengirim barang sudah terjawab dengan lengkap di Website itu. Penjelasannya baik dan mudah dipahami.

www.pulangkampung.eu


Pengalaman Saya Pribadi :
19

Jalan-Jalan di Brussel Belgia : Nekat - Melekat - Cokelat

Sebelum ke Belgia

Mufakat nekat mencapai kata sepakat. Kami pun  jalan-jalan di Brussel-Belgia pada hari kerja. Bukan sabtu atau minggu, melainkan hari rabu (6.1.16). Dua hari sebelum berangkat, Kami (Kiki dan penulis) rasan-rasan, kemana kami akan merasakan asyiknya belajar hal baru dan nggembel. Kami ini masih ambil cuti.

Camera : Kiki, diambil oleh Kami.


Semenjak Euro trip kami yang keliling Perancis, Swis, Itali, Austria itu kami makin ketagihan menjelajah dunia. Menjejak di Tempat yang baru dan pulang membawa sesuatu baru, entah itu magnet kulkas atau ide-ide segar.

11

Selasa, 05 Januari 2016

FSJ di Jerman (Update)

Kesan Penulis

Kerja “sukarela” sosial atau lebih dikenal Freiwilliges soziales Jahr (FSJ) merupakan satu dari banyak pilihan buat mereka yang pingin tinggal lebih lama di Jerman. Pernyataan itu saya sebut, kalo melihat sudut pandang dari orang luar Jerman, ya kayak penulis pribadi. Saya memanfaatkan secara maksimal 12 bulan dan perpanjang 6 bulan untuk FSJ di Altenheim (Panti Jompo).

Buat orang Jerman sendiri, dari hasil wawancara dengan kawan-kawan FSJ, program ini bisa jadi batu loncatan untuk melangkah ke Jenjang selanjutnya. Pernah penulis tulis di Sini : Kenapa FSJ

Selama hampir 18 bulan, banyak cerita yang mengiringi kisah FSj di Sini. Saya bersyukur menemukan tempat yang nyaman dengan kolega yang hangat. Kadang, saya ngerasa jadi anak paling kecil di Tempat FSJ nih. Punya emak-emakan, punya tante-tantean, punya kakak-kakak-an, punya mbah-mbahan.

masuk berita waktu jadi FSJ awal hahaha


@@@

Nah, selama bulan-bulan penuh pelangi, kilat dan cahaya itu, saya juga belajar banyak hal. Tidak Cuma merawat orang tua, tapi
15

Tradisi Tahun Baru Jerman : Masa Depan dan Bleigiessen

1 Januari 2016 ternyata penulis libur kerja. Awalnya nih penulis nyatet tanggal 31  Desember doank jatah libur, eh ternyata tadi waktu datang ke Tempat kerja, penulis disuruh pulang lagi. “Loh, ngapain kamu dateng?” Tanya mbak Kolega dengan ramah setelah mengucap doa-doa tahun baru.

Tidak ingin meyiakan waktu, pergilah penulis dolan ke Rumah kolega. Di Sana, ia tengah menyiapkan berlembar-lembar Pfannkuchen (Pancake) untuk tamu-tamunya yang datang. Waktu yang tepat berkunjung nih. ;D
@@@

Acara hari itu adalah menginterpretasi masa depan. Aha? Ini merupakan salah satu tradisi tahun baru di Jerman loh, katanya. Yaitu dengan Bleigießen. Apakah itu Blei dan gießen? Blei : timbal, gießen : menyiram. Secara harfiah diartikan menyiram timbal. Laaaah?



Permainannya simpel, cukup menyediakan satu set timbal yang bisa dibeli di Toko-toko, mangkok berisi air dan lilin yang disulut api. Jadi kan, kami tadi berlima nih tiap orang dapat giliran buat melelehkan Blei (timbal) yang sudah diwadahi di atas sendok khusus. Sendok yang ada Blei-nya dipanasin di atas lilin. 



Kalo uda meleleh dan cair, siramkan aja ke dalam mangkok yang udah berisi air.
7

Jumat, 01 Januari 2016

Prost Neujahr 2016, Jos Gandos Yooo!

Penyambutan tahun baru sering gegap gempita, dengan letusan roket-roket kecil, teriakan dan asap yang membumbung di Angkasa. Sebelum memasuki tahun baru, orang-orang banyak mengucap Guten Rutsch ketimbang Prost Neujahr atau frohes neues Jahr! Setelah ditelisik, Ich wűnsche dir einen Guten Rutsch ini punya sinonim seperti Komm gut rein, yang maknanya semoga selamat melangkah atau memasuki ke Tahun yang baru.

Nah, sekarang sudah 2016, dann sage ich lieber Prost Neujahr!

Tahun baru ini adalah ketiga kalinya buat penulis berada di Eropa, cieeeh. Awal pertama merayakan di Tepi sungai Rhein, di Mainz. Kedua di Praha dan kali ketiga kembali di Mainz. Secara atmosfer sih ngerasanya sama. Dingin dan berisik! Apalagi, waktu di Praha, minus 7. Alhasil, penulis dan Kiki kedinginan.

Gimana Kamu Merayakan Tahun Baru 2016?

Penulis pribadi sebenernya lebih suka menghabiskan waktu dengan makan atau nonton film, tapi kemarin kami merayakan di Tepi Sungai Rhein, Mainz. 31.12.15 kami yang terdiri dari Kiki, Bias dan penulis sepakat menghabiskan waktu bersama.



Apa Yang Berkesan?
4