Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Minggu, 29 Mei 2016

Selingan Akhir Bulan : Hamburg juara

Melihat statistik 2 bulan terakhir ini, lumayan juga yang mencari dengan kata kunci fitri di Hamburg, ananda fitri di Hamburg, fitri ananda di Hamburg. 

Durch diese Artikel, danke ich an euch, die mein Blog besucht haben oder zufall gefunden haben. Ohne euch, fehlt etwas!


Makasi yang sudah baca catatan perjalananku di Hamburg :D






I miss Kiki 







5

Baca Puisi, Gimana?

Dendam itu terbalaskan! Setelah terdiam belasan bulan, luapan rindu itu terlampiaskan. Waktu di mana, aku berdiri di depan publik, menatap selembaran dan pelan-pelan kubuka suara. Selembaran itu berisi puisi beberapa bait, yang semalam kubaca berulang-ulang. Malam sebelumnya juga begitu. Ya, baca puisi di Tempatnya.

2015 lalu, saya rindu sekali suasana pembacaan puisi. Sempat dulu, nonton teater di Jerman dan berharap saya yang bakal ditonton saat itu hahaha. Saya pun berandai-andai, semoga waktu sudah di Rumah, berkesempatan menunaikan rindu itu dan yang penting, menampilkan yang terbaik :D

Sampailah suatu hari di bulan Mei, saya menemukan pengumuman lomba baca puisi Jateng DIY yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) UGM. Ada berbagai lomba, seperti cipta cerpen, puisi, lomba musikalisasi puisi, monolog, cipta naskah drama, baik tingkat pelajar dan umum. Bisa klik di Sini (Festival Sastra UGM)

http://festivalsastraugm.blogspot.co.id/2016/03/timeline-fs-2016.html
6

Minggu, 22 Mei 2016

Mereka Tampil, Deutsch macht Spass : SMA N 2 Boyolali

Deutsch macht Spaß heißt das Projekt. Das war eigentlich eine Prüfung, um die Zählen und die Uhr zu  üben. Schreiben ist schon vielmal geübt und jetzt ist die Zeit, sprechen und hören. 

Das ist X7 




1. Wir haben 5 - 6 Gruppe geteilt. Jede Gruppe besteht aus 6-7 Personen.



2. Der Name die Gruppe müss ein Name eines Stadt in Deutschland genannt.

3. Jede Gruppe hat nur 10 Minuten um ein Stundenplan zum präsentieren.

4. Jede Gruppe haben 2-5 Fragen vorbereitet. Die Zuschauern müssen danach beantwortet wurden.



5. Ich fragte auch nochmal nach, was sie gesagt haben :D

6. Man konnte Poster oder Ppt als Gegenstände  zeigen.

7. Die Schuler und ich hörten gut zu.



Bersambung : ich unterrichte weiter



0

Color Run : Fun?

15/05

Das war mein erstes Color Run in Indonesien. Genauerlich ist in Boyolali, Mittel Java gewesen. Ich habe schon seit 2 Wochen gehört und gelesen. Die Freunde meines Bruders und mein Bruder wurden von der Regierung diese Stadt gewählt, um diese Veranstaltung zu organisieren. Drauf stolzte ich.



Wenn man diese Veranstaltung anmelden wollte, sollte er nur ein Buch spenden. Danach bekommte er ein Ticket, ein T-shirt (so lange der Vorrat reicht), Sticker. Meine kleine Cousin (Hasdud eh Hasti) hat schon lange vorbereitet. Ṻbrigens hat sie mein Buch geklaut. Hahaha!



0

Minggu, 15 Mei 2016

Syukuran Ambalan Tunas Patria SMADA Boy

Tunas Patria adalah nama ambalan dari SMA Negeri 2 Boyolali (SMA N 2 Boy). Ambalan ini disahkan pada 16 Maret 1987 dan saat ini telah memasuki usia 29. Sebagai wujud syukur, para pengurus yang terdiri dari kelas X dan XI mengadakan perayaan secara sederhana di Aula SMA N 2 Boy.
Kepsek SMADA bersama Pradana Pa dan Pi : Unggul dan Nani


Dalam sesi acara, secara singkat dibacakan sejarah berdirinya ambalan dan kiprahnya hingga saat ini. Kak Santoso menegaskan bahwa dulunya ambalan ini bernama Diponegoro Kartini. Sampai tibalah waktu ada pergantian nama. Tunas Patria sendiri memiliki makna yang  secara garis besarikan diartikan sebagai berikut, yaitu cikal atau bakal genenrasi baru yang berjuang untuk Tanah Air dan Bangsa. 

2

Kamis, 12 Mei 2016

Salah Mikir ya Dek?

Belum lama ini, saya ketemuan sama calon peserta kursus bahasa Jerman : Fit in Deutsch di Boyolali. Dia ini dapat info dari kakak kelas SMA penulis. Hubungan saya awalnya sama kakak kelas, via Facebook. Setelah beberapa kali ketik pesan, sepakatlah kalo nomor dan alamat penulis diinformasikan ke ybs (yang bersangkutan).

Entah kenapa, hape kecil penulis ketlisut dan setelah ketemu baru deh tahu, kalo ybs beberapa kali menghubungi untuk COD-an. Alhasil, hari itu ya gak ketemu. Lha hape kecil baru ketemu 6 jam setelah waktu yang diharapkan bisa ketemu.

Hingga akhirnya beberapa hari kemudian, kakak kelas penulis nelpon dan bilang kalo ybs akan ke Boyolali hari itu juga. “Kemarin gak bisa dihubungin ya dek?” tanya mbak Any, kakak kelas penulis. “Ketlisut mbak, tapi anaknya udah tak kabarin kok.” Jawab penulis. Bdw, waktu ngabarin itu bayangan penulis, ybs adalah seorang remaja cowok yang baru lulus SMA.

Diwaktu yang ditentukan, saya dan ybs sepakat ketemu jam sekian di Rumah penulis. Ybs rumahnya bukan Boyolali dan butuh waktu beberapa puluh menit. “Dah sampe mana ni?” kirim penulis ke ybs. Gak ada balasan, 10 menit kemudian ybs menelpon. “Mbak, saya dah di Jalan ini itu, terus kemana?” Dengan sok bijak,
2

Rabu, 11 Mei 2016

Quiz Buat Pembaca Blog

Quiz

Aturan main ada di bawah sendiri ^__^

gambar 1

Auf diesem Bild sehen wir zwei Frauen auf einem Motorrad. Die beide waren gerade in Műnchen. Sie besuchten einem Museum. Da kann man kostenlos teuere Autos und Motorrad kurz einsteigen und natűrlich fotografieren. :D

Welches Museum ist das?



Villeicht wird dieses  mein zukűnftiges Auto :D


gambar 3



Rat mal, wo war ich? Bdw, dort ist bekannt mit WASSER!



Hallo, teman-teman dan pembaca blog :D
Saya punya beberapa souvenir Negara Eropa nih, rencananya mau saya bagi buat kalian yang diam-diam mampir ke Sini. 

Kalau berminat, silahkan krim email yang isinya :

Jawaban dari gambar 1 : Welches Museum besuchten die Kiki und die Fitri? (Museum apa yang dikunjungi kiki dan fitri?)

Jawaban dari gambar 3 : Wo war ich ? Dimanakah saya?

dan cerita singkat kenapa bisa mampir di Blog ini, yang dibaca pos apa, sejak kapan bacanya dan mungkin ada yang mau kasih masukan tentang blog ini.

Bagi 4 orang yang beruntung, akan saya kirim hadiahnya :D (sertakan alamat dan mungkin kalo deket bisa COD)

email bisa dikirim ke duniapipid(at)gmail(dot)com sampai dengan   15/05/2016

Danke :D

4

Jumat, 06 Mei 2016

Singkat : Kak Sar, Jos!

Beberapa waktu lalu ada acara kepramukaan, lomba tingkat krasidenan Surakarta. Bertempat di SMA N 1 Boyolali. Kebetulan, ambalan Tunas Patria (SMA N 2 Boyolali) juga turut serta. Acara ini dihelat oleh ambalan SMAN 1, Pandhawa Srkandhi.



Juara umumnya dari Karanggede. Lomba ini ditujukan buat penggalang dan penegak, yang terbagi menjadi sangga putra dan putri. Bdw, SMA N 2 lumayanlah bisa bawa pulang piala juara favorit. Kali ini, fokus tulisan ini adalah pertemuan kembali, penulis dan pembina pramuka waktu SMA.

kak sar yang tengah pake topi
4

Rabu, 04 Mei 2016

Saat Mereka Tampil ..... #DeutschmachtSpass

Beberapa peserta didik terlihat sibuk memegangi catatannya. Tidak sedikit pula yang nampak komat kamit sendiri. Ada yang dengan jujur bilang bahwa sedang deg-deg’an, tapi tidak sedikit yang menyiratkan ingin tampil hari itu juga (2/5/16).

Peserta didik yang unyu unyu


Senin siang itu, kami telah sepakat untuk melakukan aktivitas di Luar kelas. Kami ini terdiri dari mereka dari kelas X 3 dan saya. Para peserta mungil-mungil ini, sedikit saya paksa untuk mempresentasikan jadwal pelajaran. Sederhana bukan? Kepanikan terjadi, setelah mereka sadar bahwa presentasi ini berbahasa Jerman.

Proyek mini ini tercetus saat menelisik buku Deutsch ist einfach untuk kelas X, karangan Kasim dan Any Widayanti. Kebetulan, materi terhangat kami pada waktu itu mengenai membaca jam. lagi pula, asik juga jika ulangan kali itu menguji kemampuan berbicara.


0

Selasa, 03 Mei 2016

Nginep Sebentar di Atrium Premiere Hotel Yogyakarta

Dengan berbagai pertimbangan dan tentunya harga yang paling rasional, terpilihlah Atrium Premiere Hotel sebagai tempat berlabuh (3/5). Sehari di Yogya dan menginap di Hotel, hehe. Maklumlah, temen-temen seangkatan udah banyak yang pergi dan berumah tangga, jadi gak bisa ditumpangin. #Hasyah.


malam hari di depan Atrium


tampak depan

Masalah pembayaran bukan penulis yang nanggung, tapi dua orang kawan yang mengundang penulis hari ini. Sebut saja mereka agan dan aganwati. Setelah agenda dan makan malam selesai, tibalah waktu penulis untuk bersantai sendiri di Hotel yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto No. 157 A, Yogyakarta , Indonesia, 55281. Ancer-ancernya sih, depan UIN Sunan Kalijaga.

Hotel ini dipesan lewat traveloka, soalnya ni harganya jadi lebih murah. Jenisnya yang superior. Bdw, hotel ini punya 105 kamar dan berlantai 7. Penulis nginepnya di Lantai 5.

depan pintu kamar
4