Scheinheilig!*** Belajar Kosakata

Budaya gosip gak pandang usia, tua muda, bisa kok jadi pelaku dan korban. Ada yang seneng diajak nggosip dan ada yang memilih gak ikut-ikutan. Ciri khas nggosip itu biasanya ngomongin orang. Namanya juga nggosip ya, ngomonginnya di belakang, kalo didepan orangnya langsung pasti gak berani, terus ntar pasang muka manis deh.





Jeder spricht űber jeden, kata tetangga rumah penulis siang tadi (10/12). Mbah Petry namanya, tetangga yang sering banged ngasih kosakata baru dan menyarankan penulis buat banyak ngisi Teka Teki Silang (TTS) sebagai alternatif buat belajar bahasa Jerman. Di umurnya yang udah di atas 90, ingatan doi masih kuat dan belum pikun.

Doi cerita, tadi dia liat  tetangga A dan C ngomongin tetangga B dan ketika tetangga B  datang, tetangga A dan C pasang wajah sok imut. Hmmm Jeder spricht űber jeden, yang bisa diartiin seorang yang membicarakan seorang lain.




Nah seetelah cerita seperti biasa di akhir-akhir mbah Petry akan bertanya, “Paham kan?”. Lalu dia akan menyisipkan kosakata baru dan pada sesi yang tadi adalah :

Es ist so scheinheilig


dibaca *Syainhailig

Weißt du was das bedeutet? Tau gak maksudnya? Pancing mbah Petry sekaligus ngetes penulis. Hmmm, muka dua gitu kah mbah? 2 Gesichte?

Yuppppps! Istilah kalo bermuka dua... di depan baik, di belakang beol eh... maksudnya ga baik.



Nach außen tut man gut, aber eigentlich ist er nicht. Nampak dari luar berlaku baik, tapi aslinya gak.




Ah so ... Oh Gitu

Selesai bercakap-cakap, penulis pamit dan minta kertas buat mencatat kosakata tersebut. Danke mbaaah!
Tips mbah Petri biar gak diajak gosip adalah pura-pura bolot ajaaaa, tambahnya sembari tersenyum








Terinspirasi Jindriska


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Scheinheilig!*** Belajar Kosakata"

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D