Pengalaman Ikut Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimal SMA / SMK - Angkatan 1

Hari ini saat jadwal mengajar usai, saya menyelesaikan Bimbingan Teknis (Bimtek) program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diadakan Kemdikbud. Lebih jelasnya lihat ini deh Guru Belajar Seri AKM.

Saya menyelesaikannya dalam waktu 2 hari, dari 5 hari yang disediakan (Senin, 04-01-2021 - Jumat, 08-01-2021) Ya, semakin cepat semakin baik. Supaya tenang dan nyambung ketika diajak diskusi siswa yang beberapa kali menanyakan. Dulu, saya kira AKM ini akan menggantikan keberadaan Ujian Nasional (UN). Untungnya, ketidaktahuan ini dijawab Kemdikbud lewat program guru belajar. 





guru belajar
Bimtek Guru Belajar


Ya memang adanya Guru Belajar Seri AKM ini dapat mengatasi kesalahpahaman tentang Asesmen Nasional (AN), cara salah dalam menghadapi ini, salah dalam membaca hasil AN dan menindaklanjutinya. 

Ngomong-ngomong, ini adalah pengalaman kedua saya ikut programnya. Yang pertama ini program Guru Belajar. Saya terbantu dengan adanya program ini, karena kalau dibanding sebelum Pandemi saya merasa bingung akses info dimana dan darimana, sekarang semua seakan serba terbuka, bisa diakses untuk semua pendidik. Jadi, gak ada alasan lagi lah untuk bingung terlalu lama.

Poin penting yang saya catat adalah bahwa pada dasarnya AKM bukanlah pengganti UN dan yang dinilai bukanlah ketuntasan siswa dalam mempelajari mata pelajaran tertentu. AKM ini lebih luas cakupannya menurut saya, yaitu memotret kompetensi siswa di bidang pengetahuan, ilmu dan sikap. Pelaksaan AKM pun hanya mengambil sampel siswa, dimana nanti hasil yang ada akan dilaporkan pada sekolah guna perbaikan mutu. Maka dari itu, yang melakukan AKM ini adalah kelas XI. Agar, sekolah dapat menyusun strategi jitu untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, sehingga berimbas pada meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia.

Jadi AKM itu bagian dari AN.



Asesmen Nasional, Guru Belajar




Jadi berdasar hasil PISA, kemampuan belajar siswa Indonesia pada pendidikan dasar dan menengah itu berada di peringkat bawah yang artinya kuran memadai. Oleh sebab itu, supaya kualitas pembelajaran meningkat maka dilakukan AN dan Ujian Nasional (UN) tidak berjalan lagi. AN ini tidak mempengaruhi "rapor" belajar siswa.

Bagi kamu yang sudah memenuhi syarat, mending daftar program ini deh. Untuk memperdalam pemahaman. Daftar Guru Belajar


Latihan Buat Soal AKM

Buat saya yang menarik adalah saat ada tugas untuk berlatih membuat soal AKM. Ini hasil saya. Jadi buat soal Literasi dan Numerasi, ada pilihan teksnya dan kita diwajibkan memilih kompetensi apa yang akan diukur + 3 jenis soal.



Alasan memilih teks : 

Siswa dapat menilai format penyajian dalam teks dan merefleksi asumsi dam nilai yang terkandung dari teks sastra untuk memahami cara pandang penulis. 

Kompetensi yang diukur: 

Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. 

Contoh soal 

1. Apa yang diharapkan tokoh aku dalam teks tersebut? 

2. Dari teks di atas, “aku” menyebut padi sudah kering semua, apa yang menyebabkan hal itu terjadi? 

3. Mengapa persoalan tersebut terjadi?


Ini yang Numerasi :

Alasan :

Mengapa gambar 2. Hal ini relevan dan dapat menggugah siswa untuk mengaitkan dengan kehidupan nyata, bahwa emas merupakan salah satu sarana investasi. 

Kompetensi yang diukur :

Menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data (jangkauan, simpangan, dan variansi). 

Contoh Soal

1. Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan return di masa yang akan datang. Keputusan penanaman modal tersebut dapat dilakukan oleh individu atau suatu entitas yang mempunyai kelebihan dana. Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko. 

Berikut ini disajikan grafik harga emas ANTAM pada bulan Mei 2019. Berapakah harga emas terendah selama periode mei 2019? 

a. 58000 

b. 58100 

c. 58120 

d. 58200 


2.  Manakah pernyataan berikut yang benar: 


a. Harga emas meningkat tajam pada bulan mei 

b. Laju kenaikan emas mulai 6-9 Mei adalah positif 

c. Laju kenaikan emas mulai 1-14 Mei menurun 

d. Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah positif. 

3. Berdasar grafik di atas, Mengapa investasi emas menjajikan? Jelaskan! 


Dari pembuatan soal tersebut, saya butuh waktu lama untuk membuat contoh Numerasi. Ya untung ada contoh, sehingga dari contoh saya bisa punya gambaran. Hahaha.


Setelah selesai, akan ada test yang jumlahnya 30. Ini bisa diulang 2x jika belum dapat nilai minimal 70%. Soalnya lumayan mudah kok, ni 5 contoh yang saya catat : 



1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….survey lingkungan belajar

3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

4.  Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
 
5. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup teks informasi dan fiksi.


Catatan pribadi :

Apa yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar? Apakah Anda setuju bahwa kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal ujian? 

Yang saya pelajari adalah soal literasi itu cakupannya luas dan pemahaman siswa tidak terbentuk sehari semalam, harus melalui proses belajar baik di lingkungan keluarga dan sekolah. Saya sangat setuju pengembangan literasi tidak hanya lewat ujian, karena tujuan literasi bukan untuk menaklukan ujian, namun salah satunya untuk membentuk konsep dan memecahkan permasalahan apapun.


Ya semacam itulah. Biar paham langsung aja ikutan belajar ya? Seru kok. Fleksibel!Semangat belajar yang udah ikutan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Ikut Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimal SMA / SMK - Angkatan 1 "

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D