Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Jumat, 29 Agustus 2014

FAQ #2 AUPAIR di Jerman

Pembaca budiman,

Artikel mengenai Aupair di Jerman yang  penulis buat di Blog ini bertujuan untuk sekedar memberi info dan bertukar pengalaman penulis saat :

1.       Membuat Paspor dan Visa
2.       Ujian A1 di Goethe Institut
3.       Beberapa pengalaman saat menjadi Aupair







Syarat Aupair sudah  dituliskan dalam beberapa artikel dalam label Aupair, silahkan cek daftar isi blog ini ya kalau berminat.

Namun jangan lupa juga silahkan selalu cek web kedutaan yang bertugas membuat VISA tsb. Dari yg saya baca, kedutaan juga sudah menjelaskan rinci mengenai tata caranya.

Nah, langkah yang menjadi Aupair di Jerman tentu saja adalah :

  • Memiliki bekal berbahasa Jerman, minimal A1 yang dibuktikan dengan sertifikat yang diterbitkan oleh pihak Goethe Institut. Silahkan cek web Goethe Institut.
  • Mendapatkan Keluarga tamu atau lebih dikenal Gastfamilie (GF). Cara mendapatkannya bisa dengan banyak cara. Seperti, mencarinya di situs jasa aupair : Aupair world net, aupairindo, web-aupair.net, dll. Bisa juga lewat agen yang ada di Jerman maupun yang ada di Indonesia. Untuk agen yang ada di Jerman biasanya tidak dipungut biaya karena yang dipungut biaya adalah Gastfamilienya, namun tergantung dengan agennya. Agen di Indonesia dipungut biaya, karena memang mencari Gastfamilie butuh perjuangan, jadi wajar jika dipungut biaya. 
  • Kuncinya mendapat Gastfamilie adalah terus mencari dan sabar. Mencari KELUARGA TAMU itu tergantung seberapa usaha kita. Ada yang 1 bulan bisa dapet, 2 bulan dapet, 3 bulan dapet, 4 bulan baru dapet, dll.

  •  Setelah mendapat GF, barulah kita mengurus VISA.
  •   Jika sudah mengurus dan mendapat VISA, kita bisa memesan tiket pesawat.
  •   Setelah memesan tiket pesawat, tinggal berangkat.

Catatan kecil :

Aupair bukan pembantu.
Aupair itu membaur dengan keluarga.
Kalau diperlakukan layaknya pembantu, bicarakanlah. Jangan dipendam. Tanya sama GF-nya. Yang bisa mengubah keadaan itu Cuma kita, kalo kitanya gak gerak yaudah deh.




Lalu ada beberapa hal lagi yang akan saya tambahkan.

  1. Dulu saya Au-pair gimana? Saya pake Aupair world net dan Agen Aupair di Berlin.
  2. Kok bisa? Begini, awalnya saya dulu ke Jerman itu sbg aupair yg mendapat GF dari aupair world.net namun ditengah perjalanan saya harus pindah keluarga, lalu sy mencarinya lwt agen di Berlin.
  3. Kalo udah dapat GF gimana? Jalin komunikasi, kenali, dekati, selanjutnya kalo cocok minta dokumen. Dokumen memang sebaiknya yg dg tanda tgn asli GF yang dikirim lewat POS. Namun, menggunakan SCAN itu diperbolehkan ketika mengajukan VISA. Kenapa saya berani bilang bisa? Karena teman saya sudah membuktikannya. Dia mengajukan VISA AUPAIR dg kontrak dan einladung hasil SCAN, hasilnya ia berhasil berangkat bulan JUNI 2014 lalu.
  4. Apa kalo ujian A1-C1 di Goethe Institut harus les di sana? TIDAK. Saya gak les di sana, saya Cuma ujian A1, dan itu diperbolehkan. Buka WEBSITENYA. Saya dulu daftar lewat EMAIL. Kemudian dari EMAIL, saya mendapat formulir. Formulir dan persyaratan kemudian saya kirim lg lewat email GOETHE. Berhasil. Saya mendapat email balasan lagi dari GOETHE ttg Kartu ujian, jatah ujian, dll.
  5. Lulus? Lulus, 
  6. Butuh les berapa lama untuk bisa lulus A1 dan menguasai B Jerman? Belajar Bahasa Jerman setiap hari, les? Mungkin 6 bulan tapi yang intensif cukup. Kalo menguasai? Hmm, tergantung individu. Sampai sekarang saya pun masih belajar.
  7. Kegiatan saya sekarang? Setelah Aupair, saya FSJ. Apa itu FSJ? Coba cek ini dulu Fsj di Jerman  Kalo kurang puas, cari di Internet.
  8. Oya, gimana buat Motivationbrief u syarat VISA? Silahkan cari contoh di Internet, yang pake bahasa Jerman. 
  9. Lokasi Kedutaan dan Goethe dimana? Cari di Internet. Kedutaan Besar Jerman itu dari luar nampak kecil, dkt hotel, dkt bundaran HI. Goethe? Belakang MNC TV. Ancer2? Cek Internet, GPS, tanya tukang bajai, taksi. Dulu saya naek bajaj, pernah naek taksi. Kalo naek  bajaj, tanya dulu harganya. Ditawar dulu. Dulu saya kena 10rb n 15 rb. Pertanyaaan ini (Khusus yg bukan orang Jakarta). Ato nanya temen yg di Jakarta.
  10. Kalo uda ngajuin VISA? Nunggu pemberitahuan pihak KEDUBES lewat telp. Biasanya 4-8 Minggu, tapi tergantung. Dulu saya 2 minggu jadi.
  11. Kalo uda punya VISA? kasi tahu GF yaaah, pamitan, pesen tiket pesawat berangkat.
  12. Pesan tiket PP? Saran saya, mending jangan PP.
  13. Enak jadi Aupair? Enak dan gak enak. Kok? Gak enaknya bosen.
  14. Aupair boleh nyambi S2 n kerja sampingan? Gak boleh. Kenapa? Visanya visa Aupair.
  15. Kalo ngajuin VISA FSJ harus pulang dulu ga? Gak kok.
  16. Berapa lama? Setiap behoerde BEDA. Saya 2 minggu, kaka kelas saya di FRANKFURT Cuma 1 hari.



SUKSES ya! 
10

10 komentar:

  1. Assalamu'alaikum kak, pengen nanya2 soal aupair nih, boleh minta kontak/sosmed nggk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Hallo kak.. Saya ingin menjadi aupair.. Saya sudah mndapatkan GF dan Vertrag sudah di tangan. Tapi saya masih bingung, apakah syarat untuk membuat visa aupair membutuhkan terjemahan ijazah dan akta lahir?

    Ich warte auf Ihre baldige Antwort
    Danke schoen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak diterjemahin untk aupair ke Jerman yuni

      Hapus
    2. Gak diterjemahin untk aupair ke Jerman yuni

      Hapus
  3. Hallo kak. Saya ingin menjadi aupair. Saya sudah mndapatkan GF dan Vertrag sudah di tangan. Saya bingung, apakah syarat membuat visa aupair harus terjemahkan akta dan ijazah?

    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Hallo kak, saya mau tanya. Saya ada daftar di agen aupair, tapi uda hampir satu tahun belum dapat GF yg cocok, padahal saya uda byr setengah juga. Terus bulan lalu saya coba di website aupair world.net. saya ketemu GF yang cocok. Kita uda email n skype juga. pertanyaan saya, apakah saya bisa menghubungkan GF dari website ke agen? Thank you kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo sally...

      Mnurutku.. itu tergantung calon GFmu, Mau ga diurusin sama Agen.. ya mungkin aja dy disuruh bayar...

      Stelah kontak2an dan cocok biasanya akan ngurus vertrag..bs ditangani sendiri...

      Mnurutku gt selly....

      Hapus
  5. Hello Fitri,
    saya ingin tanya apakah betul kalau gastfamilie saya di Jerman menelepon pihak kedutaan, visa saya dapat keluar lebih cepat? banyak yang 2 mgg sudah keluar tetapi saya masih belum. saya dengar dari pihak kedutaan sekitar 6-8 minggu. terima kasih. ditunggu balasannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm tentu..
      Krn ttp yg berhak memutuskan Kedutaan

      Iyaa.. waktunya beda2 ad yg cpt ada yg gak....

      Maximal 3 bln Shane..

      Smg menjawab yaa

      Suksess

      Hapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D