Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Selasa, 28 Juli 2015

Yang Dilakukan Jika Liburan Di Rumah

Liburan panjang penulis akan segera berakhir. Rasanya, gak pengen kehilangan momen “Me time” yang panjang ini. Menghabiskan waktu di Tempat-tempat yang syahdu tanpa pikiran harus masuk kerja, bisa nonton tivi atau Film sepuasnya tanpa takut bangun kesiangan, mencoba resep baru berjam-jam, membaca buku sambil tiduran, ketemuan dan berkunjung ke Sana kemari dengan perasaan santai.

Enak banged sih kalau dibayangin, tapi tapi sesuatu yang berlebihan kan katanya gak bagus. Maka dari itu, penulis harus merelakan cuti manis ini untuk diakhiri. Saatnya menjadi pribadi yang lebih segar, menawan, percaya diri dan handal. Cieeeeh... Penulis akan tampil lebih prima setelah cuti, lebih semangat dan positif. Amiennn!




Lha emang ngapain aja sih liburan di Rumah?

0

Kopi Darat Tanpa Kopi

Berawal dari Blog ini, ada seorang nona yang mengirimkan pesan ke surat elektronik penulis. Obrolan kami seputar kehidupan di Jerman berlanjut di Whatsapp. Nona ini ingin memperpanjang masa tinggalnya di Jerman sebagai seorang FSJ-lerin.




Semua berjalan normal seperti yang sudah penulis  alami. Maksudnya, sudah beberapa orang yang kenalan lewat Blog kemudian berlanjut di percakapan lewat jejaring pesan atau lewat telepon. Biasanya, kami pun merencanakan untuk kopi darat, tetapi hanya berakhir sebagai sebuah rencana, hehehe. Malahan kenalan-kenalan ini ketemuannya dengan kawan penulis. Mereka ini penulis makcomblangkan dengan para kawan yang tinggalnya di Kota yang sama dengan kenalan di Blog. Lalu mereka pun bertemu dan bisa jalan-jalan bareng. Asiknya!

5

Rabu, 22 Juli 2015

Beneran Minion Lucu? Resensi Filmnya Dulu ah..

Katanya makhluk ini lebih lama menghuni Planet ini dari kita. Bentuknya seperti jari-jari tangan manusia, kecil dan memiliki mata yang dihiasi kaca mata. Ada yang bermata satu dan ada pula yang dua. Makhluk ini pun dijuluki Minion.

Tugas utama para Minion adalah melayani majikan terkeji yang ada. Kewajiban mereka yang lain yaitu membahagiakan majikannya. Sayangnya, karena keluguan dan mungkin kedunguan makhluk berbahasa aneh itu, beberapa kali majikannya celaka oleh ulah konyol mereka.

http://www.tictacusa.com/images/intro/minions.png

dek Bob, Stuart dan Kakak Kevin


Di bagian awal Film Minion, diceritakan bagaimana mereka mencelakai bos baru para makhluk berwarna kuning itu, Dinosaurus.
1

Senin, 20 Juli 2015

Mine in Boyolali



Foto keluarga besarku di Boyolali.Kurang lengkap si, tapi cukup mewakili. Foto diambil di Ampel Boyolali tempat budhe. Ini lebaran hari pertama. Simbahku dari pihak Ibu sudah meninggal beberapa tahun lalu, otomatis saudara paling tua yang didatangi oleh adik-adiknya. Gaul-gaul ya saudara guah? Hahah. Gaul dan makmur (subur). Emakku agak kurusan, adhikku tambah tinggi dikit, ponakanku si Asti tambah lemu hehehe. Yang lain tambah ayuuuu. Si Ardi tambah endud. juga. Ulalala. Itu kalo liat si Luluk, Uun dan Mbak Lia malah keinget hijabers gaol gitu deh. Si Erma tambah tinggi. Miss you all muuuuuuah. Tahun depan insya Allah, kita bakal bareng. Semoga sehat selalu semua!! amien

Anak simbahku ada 9, di Foto itu cuma ada 5. Yang 4 tersebar di Jepara n Boyolali. Anak tertua pakde Guntur sedang entah kenapa, Luluk tidak memberitahukan lebih lanjut.


0

Euro Trip

Euro Trip


Ini beberapa daftar Trip yang penulis rangkum. Untuk pengingat diri dan siapa tahu bisa menjadi ide dan membantu pembaca yang sedang cari-cari informasi. :D
0

Bagaimana Cara Keliling Jerman?


“Ketika waktu seakan menghimpit
Perasaan menjalar
Ingin menginjak belahan bumi lain
Lalu Lorong-lorong kumasuki
Hutan-hutan kulewati
 Satu-satu aku selami
Kadang sendiri dan kadang bersamaan”

Keliling Jerman dengan biaya minim bukan khayalan. Banyak cara yang bisa ditempuh. Beberapa pengalaman dan informasi ini mungkin bisa memberi ide pada Sidang Pembaca sekalian, yang mungkin sedang mencari tahu.

Waktu itu penulis di Berlin dan harus ke Mainz. Masih baru, lugu dan dungu dan belum tahu gimana naik kereta di Jerman, gimana pesen tiket bis dan berpikir caranya gimana biar gak banyak keluar uang.
Inilah website yang membantu penulis kala itu 


  • Goeuro.de

Website yang didominasi warna biru ini memberi perbandingan harga dari 3 moda transportasi, yaitu Kereta (Deutsche Bahn,  Bus dan pesawat. Lumayan membantu. Kalo sudah punya gambaran harga dan waktu yang ditempuh, memutuskan mau naek apa lebih gampang bukan?


0

Minggu, 19 Juli 2015

Lebaran

Mereka berbondong-bondong datang
Berbaju terbaik
Membawa perasaan yang luar biasa
Anak-anak kecil ikut digandeng orang tua, mengekor lalu meloncat girang.

Di dalam ruangan
Saat takbir mulai menggema
Sesaat semua hening
Tapi sesaat kemudian ramai dengan obrolan..
Ruangan penuh

Shalat pun dimulai
Keheningan hanya khayalan
Seorang bayi menangis
Bayi yang lain tak tinggal diam
Menangis lagi...

Serba salah jadi jamaah
Inginnya tenang tapi tak bisa
Ada yang legowo
Ada yang mengumpat dalam hati

Ah.....tetapi itu selalu dirindukan...


SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 
0

Rangkuman Seminar FSJ bareng Grup B EVIM 2014-2015

Awalan

Seminar tahun pertama program Freiwillige Soziales Jahr (FS) telah berakhir. Seminar ini merupakan agenda wajib bagi kami, FSJ-ler/in. Jumlah seminar yang harus diikuti adalah 25 kali. Seminar tsb dilangsungkan di berbagai tempat berbeda, tapi pusatnya ada di Wiesbaden ibukota Negara bagian Hessen dan tempat träger EVIM bernaung.



Beberapa kali seminar, para peserta dibawa ke Kota lain, di antaranya Limburg, Köln, Frankfurt dan Marburg. Ada beberapa catatan kecil jika penulis bandingkan dengan acara serupa di Indonesia, terutama saat masih SMA dankuliah dulu. Terutama saat ngurusin MOS, Pramuka,  OSPEK kampus, LDK HIMA atau BEM, kepanitiaan seminar, dll.

Dari jumlah peserta, grup B FSJ kami ada sekitar 35-an dan diakhir tersisa 30. Pendamping grup kami jumlahnya ada 4, ya istilahnya kakak pembina. Dari segi umur, peserta FSJ kebanyakan di bawah 22 tahun. Penulis termasuk golongan atas alias tua di Grup tsb. Ya, kebanyakan para peserta FSJ ini adalah mereka yang baru selesai sekolah atau masih ada yang sekolah dan bingung mau ngapain. Jadi, FSJ bagi mereka seperti arena pemanasan sebelum mereka menentukan langkah lanjutan. Oya, Dari 30 Orang tadi, kami dibagi lagi ke kelompok kecil dan didampingi satu kaka pembina.


0

Senin, 13 Juli 2015

Jalan Singkat di Bonn : Tetap Enjoy di Pusat Kota

Jerman adalah surganya papan petunjuk. Di Jalanan ada saja papan yang memudahkan seseorang mencapai tujuannya. Di dalam kota contohnya, untuk mencapai tempat wisata tertentu, dengan lumayan mudah, orang akan terbantu dengan papan petunjuk arah yang disediakan.

Deutschland ist ein Schilderwald, sagen viele. (Deutsch Perfekt, 2014 )
Jerman adalah sebuah hutannya tanda, kata banyak orang

Penulis juga pernah menyoal beberapa tanda di Pos inSecuplik papan tanda di Jerman 





Keberadaannya menolong penulis yang saat itu ada di Bonn (12/07/15).
0

Betulkah Tato Jadi Populer (di Sini) ?

Musim panas – der Sommer dalam kalender 2015 nii di Jerman resmi dimulai 21 Juni lalu. Banyak hal yang ditunggu dari musim yang biasanya berada diantara Juni-Agustus. Orang-orang bisa menikmati matahari dan berjemur, pesta di Luar ruangan bisa sangat menyenangkan dan yang bikin pemandangan jadi berbeda adalah pakaian.

Yang biasanya orang-orang berjaket tebal dan bersepatu berat, kini mereka satu persatu menanggalkannya. Ditambah, suhu saat ini (kemarin-kemarin) bisa mencapai 40 derajat, bisa dibayangkan sepanas apa kan?

Entah kenapa, hal yang membuat penulis terkesan adalah bagian-bagian tubuh dari mereka yang berbusana musim panas. Eeeeeh.
0

Jalan-jalan di Kota Atas (Oberstadt) Marburg

Tiba di Marburg


Bagi penulis, kota Marburg adalah jawaban dari bayangan masa lalu saat masih SMA tentang Jerman. Sebuah kota klasik dengan bangunan menarik dan jalannya berbatu. Dari segi letak, kota ini  berada di Negara Bagian Hessen dan ya lumayan berdekatan dengan kota Gießen.


Source from this picture : Klik

Jika penulis membandingkan dengan beberapa kota di Jerman yang penulis kunjungi, kota ini masuk jajaran kota cantik yang ada di Hati penulis. Ada kesan ramah yang ditawarkan Marburg. Pusat kotanya nyaman dan yang mencolok adalah banyak anak mudanya. Mungkin saja, karena kota ini punya julukan sebagai kota uiversitas alias Universitätstadt.
0

Minggu, 05 Juli 2015

Untukmu

Teruntuk kamu,










2

Kamis, 02 Juli 2015

Bertemu adalah Belajar

Ada kutipan menarik, satu dari sekian banyak adalah milik Bunda Theresa. Begini kutipannya :


“Let us always meet each other with smile, for the smile is the beginning of love”

-Mother Theresa-


(Source : Brainyquote.com)


Senyuman adalah awal mula cinta.

Bukan hanya cinta antar perempuan dan laki-laki, ya kan?
Senyum merupakan awal yang baik untuk mengawali dan mengakhiri sesuatu.
Begitu pelajaran singkat yang penulis dapat dari kutipan tersebut.

dari Michell



Pertemuan kami di Tempat kerja berawal dari senyuman, Senyuman malu-malu dan senyum keingintahuan. Senyum yang menyenangkan dan melegakan. Melegakan, karena akhirnya penulis merasa mendapati kecocokan dengan kolega-kolega ini. Entah, rasanya semangat kerja menjadi bertambah saat bisa setim dengan beberapa kolega ini.

Namanya Michell. Ia waktu itu masih menyelesaikan Abiturnya dan disela waktu sekolahnya ia berkerja paruh waktu dibaagian dapur utama Panti Jompo tiap makan malam tiba.




Yang lain adalah Rosa. Penulis menyebutnya Tante Rosa. Ia adalah kolega yang rajin membawakan makan siang untuk penulis. Makanan favorit yang ia bawa untuk penulis adalah mie kuah bebek goreng.

Tante Rosa yang duduk
0

Rabu, 01 Juli 2015

Diam....

Aku belajar padamu lewat tingkah laku yang kau tunjukkan. Aku lebih suka diam dan membenamkan beberapa perasaan daripada harus menunjukkan pada orang lain, hanya beberapa hal saja aku bisa melepaskannya. Yang lain cukup segelintir  saja yang tahu, termasuk ketika aku berhasil melakukan sesuatu yang hebat dan mendapat hal luar biasa. Itu semua jadi wajar-wajar saja. Aku mengolahnya seperti tidak terjadi apa-apa.
0