Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 20 Juli 2015

Bagaimana Cara Keliling Jerman?


“Ketika waktu seakan menghimpit
Perasaan menjalar
Ingin menginjak belahan bumi lain
Lalu Lorong-lorong kumasuki
Hutan-hutan kulewati
 Satu-satu aku selami
Kadang sendiri dan kadang bersamaan”

Keliling Jerman dengan biaya minim bukan khayalan. Banyak cara yang bisa ditempuh. Beberapa pengalaman dan informasi ini mungkin bisa memberi ide pada Sidang Pembaca sekalian, yang mungkin sedang mencari tahu.

Waktu itu penulis di Berlin dan harus ke Mainz. Masih baru, lugu dan dungu dan belum tahu gimana naik kereta di Jerman, gimana pesen tiket bis dan berpikir caranya gimana biar gak banyak keluar uang.
Inilah website yang membantu penulis kala itu 


  • Goeuro.de

Website yang didominasi warna biru ini memberi perbandingan harga dari 3 moda transportasi, yaitu Kereta (Deutsche Bahn,  Bus dan pesawat. Lumayan membantu. Kalo sudah punya gambaran harga dan waktu yang ditempuh, memutuskan mau naek apa lebih gampang bukan?



Kamu suka naik bus dan ingin dapat harga terjangkau? Coba aja cek website ini ::


  • Busliniensuche.de

Bis-bis yang ada biasanya bis jarak jauh, yang mengantarkan seseorang dari satu kota besar ke Kota besar lainnya. Tidak di semua kota bis macam itu berhenti loh. Website ini juga memberikan perbaandingan harga khusus Bus di Jerman.



Menurut penulis, bis-bis ini lumayan populer dan lumayan oke loh. Beberapa kali naik, penulis gak banyak mengalami kendala. Segi ketepatan waktu termasuk tepat dan fasilitasnya sebanding dengan harga yang penulis bayar.


  •  Meinfernbus.de atau Flixbus.de

Kedua bus ini merupakan satu anak perusahaan. Awalnya sih mereka berjalan sendiri, hingga pada 2014 mereka bersatu. Bus meinfernbus identik dengan warna hijau sedangkan flix ciri khasnya warna biru. Jadi naek kedua bus ini akan dianggap sama. Entah hijau atau biru, mereka tetaplah satu.






NB : Keunggulan dari naik bus di Jerman yang paling menonjol adalah dari segi harga. Biasanya, harganya banyak yang lebih murah dari naik kereta. Tapi , waktu perjalanannya juga lebih lama. Selain itu membawa barang bawaan terlalu banyak juga merepotkan di Bus. Ehm, tapi tenang saja, naik bus tetap nyaman dan menyenangkan buat kamu yang ingin merasakan sensasi naik bus di Jerman. Gak jarang, bus-bus di atas memberikan penawaran dan kadang kupon buat pelanggan yang berlangganan lewat email loh.

  •  Deutsche Bahn di bahn.de


Kalo mencari dengan harga NORMAL, naek kereta di Jerman jatuhnya lebih mahal. TAPI TAPI tenang, dengan tips trik dan sedikit keberuntungan, bisa aja naek kereta ICE hanya disuruh merogoh kocek 19 Euro. Penulis pernah loh. Di Website itu cobalah cari jurusan dari Kota apa menuju Kota apa sesuai keinginan, kalo sudah ketemu lihat aja di Bagian SPARPREIS. Di situlah biasanya, kereta dengan harga hemat bisa ditemukan. Tidak selalu dink, tergantung waktu pemesanan. 3 bulan sebelum keberangkatan biasanya sih murah, tapi kalo beruntung 2 minggu sebelum hari H aja masih banyak kereta murah. Bedanya tiket dari NORMALPREIS sama SPARPREIS apa ya? Kalo SPARPREIS, tiketnya berlaku hanya pada kereta yang sudah ditentukan.


  •  Nebeng Mobil Orang : Mitfahrgelegenheit.de atau yang paling populer Blablacar.de. Biayanya sih lumayan terjangkau. Nebeng mobil orang yang belum dikenal. Pilih, komunikasi dan deal.


Pake Tiket Ajaib

1.       Quer-durch-Landticket : Dengan tiket ini kita bebas berpergian naek kereta regional kelas 2. Senin-Jum’at berlaku mulai jam 09.00 pagi  sampai jam 03.00 dini hari. Sabtu-minggu berlaku penuh. Tiket ini bisa berlaku untuk 5 orang. Satu orang 44 Euro, tambah orang jadi tambah 8 Euro. Hmm, tapi kalo Sabtu minggu mending pake tiket yang lain, ada yang lebih murah yaitu Schönes Wochenende-Ticket.

2.       Schönes Wochenende-Ticket : Berlaku pas akhir pekan sepanjang hari. Satu orang bayar 40 Euro, orang berikutnya nambah 4 Euro. Berlaku juga untuk 5 orang. Pake tiket ini, kita bisa bebas naek kereta regional dan bus regional yang kelas 2. Bebas naek turun looh. Waktunya mungkin jadi lebih panjang pake tiket-tiket ini.... tetapi buktikan deh, ini asik sekali. Hahahah!

3.       Ländertickets : Tiket ini berlaku di Negara bagian atau regional tertentu dengan maksimal 5 personel. Hampir mirip sama 2 tiket di atas. Contoh, Pipid tinggal di Bagian Rheinland-Pfalz. Dia mau jalan-jalan ke Trier dan beberapa kota lain dengan si Kiki. Untuk mengirit, maka mereka membeli Rheinland-Pfalzsticket yang khusus 2 orang, harganya 28. Maka dari itu, pulang pergi setiap orang Cuma keluar 14 Euro.

Tiket tsb di atas bisa dibeli Online, Mesin Tiket dan Langsung di Pusat Informasi DB. Harga Di mesin Tiket lebih murah dibanding di Kantornya.






Jalan-Jalan di Dalam Kota
Di dalam Kota biasanya kita bisa :

  • Jalan kaki
  • Nyewa sepeda
  • Pake Tageskarte
  • Beli Kombi-Tickets
  • Naek Bis Hop On Hop Off Bus



Sumber :
Pengalaman Pribadi
Deutsch Perfekt Extra Juli 2015


Cara Irit Keliling Jerman, Jalan-Jalan Hemat di Jerman, Naik Apa di Jerman Supaya Irit.









0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D