Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Minggu, 23 Oktober 2016

Masuk Ke Pasar Klithikan Jatinom

Bertahun-tahun saya lewat, baru hari ini (23/10) saya melangkahkan kaki untuk masuk ke dalam, kemudian melihat lalu menyusuri sudut-sudutnya. Terik panas dan ramainya orang tidak bisa menghentikan gembiranya saya. Mata saya tidak bisa diam untuk memandang keunikan di dalamnya. Bayangan saya melayang ke Sebuah buku yang pernah menggambarkan keadaan macam ini.

Tawa saya makin lebar mendengar orang berjualan obat kulit. Ini luar biasa sekali, saya seperti masuk pada dunia buku. Wah, wah akhirnya saya di Sini, di Pasar Klithikan Jatinom, yang menempati lapangan Bonyokan, Jatinom, Klaten.

taked by Pipid


Saya ke Sini menemani kekasih saya yang mencari onderdil motor. Iya, kebanyakan di Pasar ini memang berisi onderdil dan aksesoris kendaraan. Tapi, tak Cuma itu, ada juga yang menjual barang-barang fashion, elektronik, buku, batu akik, bantal-guling, obat, daging, makanan, dll.

Pasar Klithikan?


Dari berbagai sumber dari seputarklaten.com dan suaramerdeka.com, Klithikan dalam bahasa Jawa berarti barang kecil yang terpisah-pisah. Simpulan saya ini berarti sesuatu yang dimutilasi. Contohnya, motor kemudian dipreteli, nah bagian-bagian kecilnya kemudian dijual. Tempat jualannya kemudian dinamakan pasar Klithikan.



Pasar di Jatinom ini buka setiap Legi. Legi itu nama pasaran dalam bahasa Jawa. Biasanya jatuh hari minggu. Oya, pasar klithikan itu identik dengan barang bekas, gak heran harganya murah. Tapi ni pada kenyataannya banyak barang baru kok yang dijual. Ini biasanya tu kayak baju, sandal, dll.

Itu jual pakaian dalam, jaket, etc


Unik?

DI Tempat seperti ini kalau sedang beruntung, kita bisa mendapat barang keren dengan harga miring. Saya juga pernah lo ke Pasar Klitikan di Jerman dan dapat dompet merk DKNY dengan harga 1,5 Euro, wkwkwkw.

Oya, pasar klitikan di Jatinom ini bisa kalian kunjungi lo untuk menghilangkan penat. Dompet sehat, hati tenang hahaha. Saya tadi hampir aja beli kacamata baru, tapi ga jadi. Ujung-ujungnya, saya kelaparan dan minta beli Siomay.

Saya SENANG....................
Kami Kenyang...................




Info lanjutan mengenai pasar Klithikan ini bisa dilihat di : www.seputarklaten.com




3

3 komentar:

  1. kalau sdh masuk kepasar sperti ini ... biasanya banyak yg mau dibeli ni , karena barangnya murah murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa... yg ptg gak terkecoh hehe

      Hapus
  2. Tiap hari buka tdk ya, mohon infonya

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D