Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Rabu, 26 April 2017

Pengalaman Sebagai Muslim di Jerman

Ini Pengalaman saya sebagai muslim  di Jerman ketika 2013-2016

Waktu itu, saya datang sebagai Aupair di Berlin. Pengalaman pribadi saya ini mungkin bisa saja berbeda dengan yang lain, jadi jangan disamakan yaaa, hahaha.

**Ini merupakan pertanyaan yang sering masuk dan intinya hampir sama. Daripada pusing jawab, silahkan cek FAQ Sebagai Muslim di Jerman. Semoga membantu ya!


  • Saya kira dulu di Jerman tidak ada orang yang memakai kerudung. Ternyata tidak! Sewaktu saya di Pesawat menuju Berlin, saya bertemu seseorang dengan tujuan sama, yaitu ke Bandara Tegel, Berlin dan ia berjilbab. Sampai di Sana, saya melihat ternyata lumayan juga ada orang jilbaban. Ada yang dari Marokko, Indonesia, Turki.
  • Gastfamilie saya tidak masalah dengan jilbab yang saya kenakan. Di Dalam Rumah, saya tidak mengenakannya.
  • Anak-anaknya takut? Biasa aja, malah dikiranya saya pake jilbab itu karena kedinginan.
  • Shalatnya gimana? Saya tetap bisa shalat, sering sekali di Jamak. Apalagi pas FSJ di Ingelheim.
  • Pas FSJ pake jilbab? Pakai, gak dilarang sama sekali. Cuma Bos mengingatkan, pakai jilbabnya yang tidak ngelewer. Iya donk, masa ya pas saya kerja di Panti Jompo, jilbabnya ngehits, begini begitu yang ribet.
  • Kok bisa? Ya saya pinginnya gitu kok, masak mau jilbaban aja harus ijin Bos. Yang penting, ngobrolnya asik.
  •  Pernah disuruh lepas? Selama Aupair dan FSJ, belum. Seringnya mereka Cuma tanya kenapa jilbaban apalagi pas Sommer yang panas itu.
  • Tetap bisa maen sama orang Jerman? Bisa donk, malah sampai bobo di Tempat mereka. Biasa aja. Bejo aja dapat lingkungan kayak gitu, terutama pas FSJ.
  •  Ada yang takut? Mungkin ada,tapi saya biasa aja.





Intinya, kalau mau pakai jilbab ya gak masalah. Dipertahankan ya bagus, kalau gak? Jawaban ini bagusnya dijawab diri sendiri saja.


Masalah Makanan?

  • Yang ini harus lebih selektif sih. Kalau mau aman, ya jadi vegan atau vegetarian aja di Jerman. Banyak kan orang Jerman yang begitu.
  •  Pingin makan daging halal? Cari yang labelnya halal atau cari di Toko-toko Turki dan Arab lain.
  • Mau cari makanan Indonesia? Silahkan mampir ke Toko Asia di Jerman.
  • Saya? Pas Aupair keluarga saya Vegetarian, makan ayam 3 bulan sekali. Makan sosis? Saya cari yang ayam atau sapi.
  •  Pas FSJ? Pekerja lain tahu kalau muslim gak makan babi dan alkohol, jadi saya gak ditawarin makan begitu.
  • Saya sering cari aman kalau ada yang nawarin makan daging. Saya bilang saya vegetarian hahah.
  • Pas FSJ juga, kalau ada seminar atau acara kumpul bareng, mending pesan menu vegetarian.
  • Pengen makan daging murah? Makan Kebab atau Dner di Toko Turki yang berlabel halal. Wareg kok!
  • Pernah makan babi? Jujur pernah, saya ga sengaja.
  • Pernah alkohol? Pernah gak sengaja, yang paling keinget karena makan kue dan cokelat yang ada alkoholnya. Kliyeng-kliyeng dan jadi pelajaran buat saya supaya gak asal comot makanan. Hmmmmm
  • Saya ngirit orangnya, makan mewah bagi saya itu kalau makan ada telur. Telur murah kok.


 Masjid?

  •  Ga setiap hari saya bisa ke Masjid. Letaknya agak jauh.
  • Ada kok masjid di Jerman, walau adzannya gak kedengeran.
  • Pengen ke Masjid yang adzannya kedengeran? Jangan cari di Jerman.
  • Beberapa bentuknya ga seperti masjid yang ada di Indonesia, ada yang kayak rumah biasa. Ada juga masjid yang keren-keren. Cari Moschee in Deutschland. Ada banyak ^__^
  • Kumpulan ngaji? Ada, pernah ikut beberapa kali.


Shalat

  • Sering saya jamak.
  • Gak perlu diperlihatkan sih kalo mau ibadah. Pernah, waktu ada kolega main dan saya harus shlat dia izin mau lihat. Soalnya penasaran dan dia terkesima dengan rukuh yang saya pakai.
  • Pernah minta izin shalat? Ya, saya bilang saya mau istirahat sebentar.
  • Kalo ke Kolega atau teman yang saya kenal, saya bilang, saya mau shalat.



Puasa?

  • Puasa jalan terus.
  • Kalo mereka tanya saya jawab kenapa saya puasa.
  • Ada yang pernah bilang bahaya kalau saya seharian ga minum air, saya gak banyak komentar dan tetep puasa.
  • Pernah gak puasa? Pernah, waktu itu saya kerjanya berat dan saya takut kalau diteruskan malah saya pingsan dan ngerepoti banyak orang.
  • Terus? Diganti diwaktu lain.

Anjing?
  • GF dan tempat FSJ saya gak ada anjing. Beberapa kali bertamu ke Rumah yang ada anjingnya, saya bilang aja saya takut. Gak biasa sama anjing.
  • Anjing di Jerman kebanyakan manut-manut, rumahan dan jinak.
  •  Yang penting gak kena air liurnya.
  • Saya sering bilang, saya takut dan ga biasa. Habis perkara.



0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D