Selasa, 01 Mei 2018

Perpanjangan SIM C di Boyolali 2018, gimana?

Tiga hari sebelum masa berakhir (11/4) Surat Izin Mengemudi (SIM), ane baru sadar bahwa SIM tsb harus segera diperpanjang. Untungnya, hari itu ane ketemu Bapak temen ane yang habis ketilang dan Si Bapak cerita kalau, dia ketilang karena SIMnya udah kadaluarsa 5 Hari. Kalau uda telat gitu, dia akan disuruh ngurus dari awal seperti SIM baru, gitu katanya.

“Yaudah mbak, besok segera aja diperpanjang daripada ditunda.” Pesan si Bapak pada ane. Langsung deh, ane atur jadwal untuk besok dan menyiapkan uang serta administrasinya.

 Nah, apa saja syarat perpanjangan SIM C di Boyolali ini?

Cukup sederhana, tinggal siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM lama kemudian fotokopi rangkap 4 dan yang terakhir KIR Kesehatan. Untuk KIR kesehatan ini, ane cari di depan Satlantas Boyolali, Klinik Meranti, jujur aja, ane cuma ikut-ikut.



Gampang kan? Jangan lupa bawa Bulpen sendiri dan Stopmap warna biru. Datang awal ke Satlantas Boyolali. Ane agak telat sih, datang jam 09.00 terus cari KIR Kesehatan dan harus antri sampai jam 10.00, setelah itu antri perpanjangan SIM dan nunggu SIM jadi itu sampai jam 14.00.


Untuk dapat KIR kesehatan, ane merogoh kocek 30.000 dan di Sana kita dites kesehatan mata, dll. Selesai, ane balik ke Satlantas dan ambil formulir di Bagian administrasi. Kalau uda diisi, ditumpuk. Nah, tunggu sampai nama dipanggil dan kemudian kita diarahkan untuk membayar biaya administrasi perpanjangan SIM C sebesar Rp. 75.000 di Loket BRI yang sudah tersedia di Kantor tsb. Tenang, lokasi dalam satu ruangan.

Setelah bayar, ane harus antri foto. Nah, ini lama banged. Ada kejadian lucu, saat rombongan ane dipanggil sekitar 20 orang untuk foto, ada 2 orang ibu hamil dan sebetulnya 3 sama ane. Dua ibu itu didahulukan dan petugas bertanya, “Siapa yang hamil lagi?” Ane pun tunjuk tangan. Eh, tapi kayak ga percaya gitu dan bener setelah dua ibu itu selesai ane gak dipanggil. Ane harus nunggu antrian ahahahahha! HUH!

Setelah foto, rombongan kami diminta menunggu diluar dan kami menunggu 15 menit. Taraaaaa, jadilah SIM C kami. Hmmmm, buat ane SIM lama n SIM baru sama aja, maksudnya foto ane sama-sama buluk hahahahahahhaha!

Selesai!
Berapa uang keluar? Rp. 105.000 totalnya.





**Waktu di Satlantas, ane flashback ke 2013 lalu. Waktu itu beberapa bulan, sebelum ke Jerman. Sambil ngelamun, ane membayangkan nanti 2018 waktu ane ke Sini, ane gimana dan jadi apa ya? Alhamdulillah, terjawab dengan manis, ane udah kerja sesuai impian ane dan sedang jadi BUMIL cantik. Hehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D