Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Ngapain?


Mengambil jurusan pendidikan bahasa Jerman saat kuliah tidak Cuma diperuntukkan bagi mereka yang sudah belajar bahasa Jerman di Sekolah Menengah Atas (SMA). Artinya, bagi siapa saja yang berminat dan ingin mendalami bahasa Jerman dipersilahkan.

BACA INI JUGA

1. YAKIN MAU KUL PB JERMAN?

2.Daftar Universitas di Indonesia dengan jurusan bahasa Jerman



Pada semester awal, mahasiswa jurusan ini akan diberikan mata kuliah yang menunjang kemampuan berbahasa Jerman sesuai dengan tingkatannya. Tidak heran nantinya  akan ada mata kuliah Sprechfertigket 1 (Berbicara 1), Hörverstehen 1 (Mendengar 1), Leseverstehen 1 (Membaca 1) dan Schreibfertigkeit 1(Menulis 1).

Tingkatan mata kuliah ini akan ada sampai tingkat 4. Tidak perlu takut bagi yang di Sekolah belum dapat bahasa Jerman, pengenalan dasar tetap ada kok. Hanya saja, sebagai mahasiswa jangan hanya menuntut dosen sebagai sumber segala sumber. Aktif dan manfaatkan kemudahan teknologi maupun media yang ada.

Apakah Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Hanya Akan Jadi Guru?


Sebagai alumni dan melihat mereka yang telah lulus, saya pribadi menjawab tidak. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari beberapa hal yang spesifik sepertik Linguistik, Literatur (Sastra), Terjemahan dan Pariwisata. Mata Kuliah tersebut akan diajarkan pada semester tingkat atas.

Bagi mahasiswa yang memiliki gairah menjadi seorang pendidik, tentunya juga akan mendapat bekal yang cukup. Ada beberapa mata kuliah semacam teknologi pendidikan maupun manajemen pendidikan, tidak lupa ada juga manajemen kurikulum. 

 cek ke besmart uny

Untuk lulusannya (melihat beberapa kakak angkatan dan teman sekelas) dapat bekerja di berbagai bidang. Banyak yang menjadi guru baik di Sekolah maupun kursus, pemandu wisata lokal maupun asing, penerjemah, bekerja di Tempat seperti Goethe Institut, Kedutaan, Ausbildung di Jerman, dll. Banyak juga, yang kemudian bekerja di bidang lain seperti menjadi jurnalis. Menguasai bahasa Jerman menjadi nilai lebih bagi alumninya. Saya contohkan, coba cari nama Ikhwanul Habibi di detik.com. Banyak juga yang bekerja di Sektor Perbankan. Kenapa? Kalau menurut pendapat pribadi saya, sektor ini memang banyak menyerap lulusan sarjana jadi tak heran jika mereka mau mengambil pekerja dari lintas jurusan. Hal lain yang menurut saya sih sebenarnya adalah selama kuliah pendidikan bahasa Jerman, mahasiswa tidak Cuma belajar bahasa Jerman. Ada mata kuliah lain yang sering disebut mata kuliah umum. Contoh : Kewirausahaan, Agama dan bahasa Inggris. Ada yang bekerja di Sektor jasa, menulis buku, bekerja di BMKG, dll. Bekerja di Sekolah dasar, bekerja di Sekolah Internasional, tergabung Indonesia Mengajar.

*Bagi yang ingin tahu lebih lengkap, saya sarankan bertanya langsung ke Jurusan ataupun Universitas yang punya jurusan ini. Siapa tahu, mereka mau menunjukkan rekam jejak alumninya.

 Dosen apa sajakah dalam Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman?

Apa yang saya sebut ini bersumber dari almamater saya, Universitas Negeri Yogyakarta. Secara khusus, dosen pendidikan bahasa Jerman punya beberapa bidang keahlian, yaitu : LINGUISTIK, PENGAJARAN BAHASA JERMAN, PENERJEMAHAN, SASTRA, DEUTSCH ALS FREMDSPRACHE.

Berapa jumlah SKS yang ditempuh?

Jumlah SKS yang ditempuh adalah 144  (sampai tahun ini) sebagai syarat meraih gelar sarjana strata 1.
Oya, bersumber dari brosur jurusan PB Jerman UNY saya akan menuliskan Rumusan Kompetensi (apa saja sih yang target capaian program studi ini) :

Sebagai Guru Bahasa Jerman maka diharapkan alumni menguasai Kemahiran berbahasa Jerman tingkat B2. Oya, tingkat penguasaan bahasa digolongkan mulai dari A1, A2, B1, B2, C1, C2. A1 itu pemula, C2 itu menyamai native speaker. Tidak Cuma itu, alumni juga mampu menguasai didaktik dan metodik, menguasai bahasa dan budaya Jerman, menguasai tipologi teks, menguasai teori dan praktek penerjemahan Jerman Indonesia maupun sebaliknya.

Sebagai Pemandu Wisata dharapkan menguasai kewirausahaan, menguasai idiomatik, mampu menjelaskan objek wisata, menguasai teknik – praktik pemanduam, dan menguasi Tourismusgewerbe (Bidang Pariwisata).

Sebagai Penerjemah diharapkan mampu memiliki kompetensi spritual, emosional dan sosial serta menguasai kompetensi ilmiah.

Susah Gak Kuliah Bahasa Jerman?

Jujur aja, SUSAH! Nah, tapi walaupun susah saya tetep punya mata kuliah favorit. Salah satunya adalah Literatur. Jika sepakat, dalam mata kuliah ini bisa juga ujiannya penampilan teater loh. Gak semua pelajarannya susah. Gak semuanya juga mudah.

Kesempatan ke Jerman besar?

Bagi saya pribadi, banyak jalan menuju Jerman. Saya sempat 2,5 tahun di Jerman. Ini pilihan hidup masing-masing. Bukan suatu kewajiban. Di Jerman, saya sempat bertemu alumni UNY (senior) yang memutuskan berkarya di Sana. Ada yang lanjut kuliah master, ausbildung, menjadi guru bahasa Jerman di Jerman (hebat bukan?) dan memutuskan hidup di Jerman. Alumni yang bisa saya sebut salah satunya adalah Rambat. Ada banyak, tapi saya gak terlalu kenal semua. Ada juga, alumni yang wirausaha di Austria dengan jalan dagang makanan tradisional (bakpia, dll). Nama bekennya Bintang Alzaera. Coba cek di google.

Alumni PB Jerman ada yang jadi Profesor?

Ada. Di Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Pratomo Widodo adalah profesor pertama di bidang Germanistik di Indonesia.

Sementara ini dulu yang saya tulis, bagi yang mau menambahkan silahkan. Tulisan ini akan saya perbaharui sewaktu-waktu.

Bagi yang berminat kuliah jurusan bahasa Jerman, saya sarankan lihat mata kuliah apa saja yang dipelajari.

Bagi saya pribadi, saya menggambarkan kuliah di Jurusan PB Jerman semacam ini :
“PB Jerman adalah kapalnya, dan saya adalah nahkodanya.” Mau dibawa kemana itu adalah tugas saya.

Semoga sukses!

Ini pertanyaan yang sering muncul 

http://www.fitriananda.com/2017/03/beda-sastra-jerman-dan-pendidikan.html




Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Ngapain? Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Ngapain? Reviewed by Fit Anan on March 04, 2016 Rating: 5

21 comments:

  1. pas banget artikelnya , kebetulan saya insha allah SNMPTN ini akan memilih bahasa jerman di uny... insha allah :)

    ReplyDelete
  2. Amien...smoga berhasil..........

    ReplyDelete
  3. terimakasih buat informasinya (salam kenal)

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum. Salam kenal Mbak, saya Yudha Fadillah. Kebetulan saya memiliki tugas akhir yang ada hubungannya dengan bahasa Jerman. Boleh tanya-tanya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Iya salam kenal. Boleh, silahkan. Bisa ke email sj.. duniapipid@gmail.com

      Delete
  5. Pengangguran gmn to anonim?
    Yg dilihat ini alumni yg gmn ya?

    Jurusan menjanjikan tu yg kyk apa?
    Yakin jurusan tsb semuanya ga nganggur?

    Apa iya yg salah jurusannya?

    Id-nya mana ni? Salam knal yaaa. Makasi atas atensinya yaaa;)

    ReplyDelete
  6. Maaf kak saya mau nanya gelar untuk lulusan ini apa ya? Hehe

    ReplyDelete
  7. Besten Dank mbak Pipit atas tulisannya yang memotivasi dan cukup membuat saya sedikit tenang dengan pilihan hidup mengambil jurusan ini.

    ReplyDelete
  8. Kak, aku camaba pb jerman di UNJ... boleh nanya2 soal jerman ga kak?
    Line aku @sandriprames

    ReplyDelete
  9. Hai, Sandri. Saya uda gapake line lagi ni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay..kak ananda...pengen sharing2 nih..tentang pengalamanya..bisa mintak akun ig kak

      Delete
  10. Hay kak fitri salam kenal saya yunda.. Bisa mintak akun ig kakak nih..pengen sharing2 ..terharu baca artiklnya..dan sangat membantu

    ReplyDelete
  11. Bagus banget artikelnya. Aku Sbmptn mau ambil pend.jerman kak.. Semoga keterima..

    ReplyDelete
  12. Boleh tanya2 kak? Atau boleh minta no wa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kamu maba uny pend bahasa jerman? aku lagi cari temen kebetulan

      Delete
    2. hallo boleh tanya, kamu maba uny pend bahasa jerman?
      karna saya sedang mencari teman yg satu jurusan

      Delete

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D

Powered by Blogger.