Pengalaman Belajar Bahasa Jerman ala Pipid

Memberi target pada diri sendiri itu penting. Dulu, sebelum berangkat ke Jerman saya memaksa diri agar hafal kosakata sebanyak-banyaknya. Tujuannya, supaya bisa nyambung kalo diajak ngobrol. Bahkan, sampai di Jerman saya tetap harus berjuang supaya terus nyambung. Saya ingat betul, hari kedua saya datang, saya bikin daftar kata baru (yang baru saya dengar) di Buku kecil. Mulai dari nama mainan, makanan, pokoknya yang berhubungan dengan komunikasi sehari-hari. 


catatan masa lalu


Saat ini banyak cara untuk terus mendukung kemampuan berbahasa kita, lewat buku, lewat youtube, lewat blog, lewat orang, lewat ini itu. Nah, ayoo manfaatkan! :D sekarang, saya juga belajar lagi lewat youtube dan website semacam dw.de dan goethe instiut + youtube.



Ini, siapa tahu bermanfaat. Saya tulis beberapa dulu ya? Yang sering saya gunakan kalo lagi ini itu. Dari yang sederhana dulu :D 


Schreiben – lesen – sprechen – hören – reden - sagen 


Rennen – laufen – gehen – fahren – fallen – fliegen – reisen – 


Lassen 


Lacheln-lachen 


Folgen – tun – machen 


Schmecken – essen – trinken – kaufen – probieren – versuchen 


Warten – suchen – helfen – legen – lieben – anrufen 


Nah, supaya tambah keren, kata-kata ini coba dicari bentuk präteritum dan perfekt-nya. 


Contoh : 


Du machst 
Du machtest 
Du hast gemacht. 


Terus bikin contoh kalimat dan praktekkan. Kalo saya ni setelah pulang dari Jerman, hobinya ngomong sendiri di atas motor atau mobil atau bis, dll. Ngomong bahasa Jerman hahahah. 


Während ich mit dem Motorrad fahre, spreche ich selbst Deutsch. 



Kadang saya lupa, kalo helm saya kacanya bening. Pernah suatu hari waktu saya ngomong sendiri ada orang di deket bangjo yang sama-sama nunggu lampu merah, melihat saya dengan tatapan aneh. Bhahahahahah :p

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Belajar Bahasa Jerman ala Pipid "

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D