Ikut Lomba Bikin Poster Guru


Saat senggang, setelah Mikha tidur, saya berselancar di sana-sini dan salah satunya mampir ke Facebook. Sudah berapa minggu ya saya gak intip info di Sana. Biasanya saya malas melihat notifikasi, tapi hari itu saya tiba-tiba saja ingin mencobanya.

Menyesal? Tidak, malah sebaliknya karena saya mendapat informasi akan adanya lomba Media Pembelajaran berbasis poster untuk Guru yang diadakan oleh  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiya Prof. Hamka (Uhamka) Jakarta.

Lihat aja





Syarat dan ketentuan :


Poster Tiga Dimensi
Memuat materi sesuai mapel yang diampu
Untuk kelas XII
Ukuran 1:1/4:5 (buat Instagram)

Dan lain sebagainya


Lomba yang diadakan ini sebetulnya tidak ribet, wong terbuka untuk semua mapel dan gak harus mengumpulkan jumlah like terbanyak nantinya. Hadiahnya juga lumayan, tersedia uang pembinaan dan piagam bagi juara 1-3 dan 12 juara Favorit dari setiap mapel yang ikut. Wadidaw!

Yang bikin pusing itu, saya gak bisa bikin POSTER hahahahaha! Hari gini kagak bisa? Iya, saya gak terbiasa pake COREL DRAW, wong ada suami yang bisa! Ups :D Duh, mau minta tolong dia bikinin? Deeeeh, mana mungkin!

Yap! Gak usah ribet-ribet, saya pun meminta tolong pada CANVA. Wah? Mau lihat hasilnya?



Kenapa saya milih materi itu? Karena nyambung sama Kompetensi Dasar Bahasa Jerman Kelas XII Poin 3.3, yaitu :

Menafsirkan tindak tutur yang terkait dengan memberi dan meminta informasi tindakan/kegiatan waktu senggang/kejadian yang sudah dilakukan/terjadi di waktu lampau terkait perjalanan/wisata pada teks interaksi traksaksional lisan dan tulis sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan gungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

Jadi, harapannya peserta didik akan belajar bentuk lampau (präteritum) dari haben dan sein, yang berguna untuk menceritakan sesuatu yang telah terjadi. Pada kelas XII nanti, diharap mereka mampu menceritakan pengalaman perjalanan wisata mereka dengan menggunakan kata kerja tersebut.


Oke kembali ke masalah desain tadi. Jujur aja, bagi saya itu udah bagus hahaha, walaupun setelah saya minta pendapat suami dan dua adik saya, mereka bilang itu jelek. Saya mutung dan marah ke mereka karena mereka ga mau bikinin hahahahah.

Akhirnya pada tanggal 31 Juli, di hari terkakhir sebelum jam 23.59, saya berkunjung ke  





Saya mencoba untuk santai dan memilih salah satu template, ini hasilnya :




Membuat poster di CANVA dan https://id.postermywall.com/ sama enaknya, ada banyak pilihan kok. Bedanya di https://id.postermywall.com/ bisa resize template di akhir pembuatan dan gratis.

HAHAHA

Hasilnya?

ketik web uhamka


Dapat juara Favorit 5. Alhamdulillah, duitnya buat belanja :D

Lumayan! Saya sadar diri, belum pantas kalau masuk 3 besar.
Terima kasih ya UHAMKA, atas kesempatan dan apresiasinya buat saya dan guru-guru lain yang mengikuti.


Untuk hasil poster lain, bisa cek di IG mereka : 




Keterampilan desain ini sangat bermanfaat. Salut buat yang sudah mahir!


Ikut Lomba Bikin Poster Guru Ikut Lomba Bikin Poster Guru Reviewed by Fit Anan on August 08, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.