Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Jumat, 25 Juli 2014

Baru Datang Sebagai Au-pair, terus gimana?

Jika mengalami kebingungan, takut dan kaget saat pertama datang sebagai Au-pair di Jerman itu juga penulis (p) alami. P sempat ditegur Gastfamilie karena seharian mengurung diri di Kamar karena bingung mau melakukan apa di hari libur. Semenjak saat itu, p selalu mengagendakan acara untuk mengisi hari libur.


Jerman identik dengan perencanaan. Di Rumah p tinggal sekarang, semua anggota keluarga selalu punya agenda kegiatan yang menjadi acuan/jadwal dalam beraktivitas. P yang sempat mengalami pengalaman tidak menarik di Keluarga pertama tiba-tiba gelagapan saat ditanya Gastfamilie baru, apa rencana p akhir pekan 7 bulan lalu. P bingung karena di Keluarga pertama, p tak merasa punya akhir pekan. Ups.

P menjawab : Melakukan apa yang keluarga ini mau. Gastfamilie baru pun terkejut dengan jawaban bodoh P. Mereka yang baru 4 hari tinggal bersama pun berkata : Ini hari liburmu, lakukan apa yang kamu mau. P yang masih terbawa suasana trauma itu akhirnya terbuka pikirannya.

Jika kalian Aupair baru, sebaiknya hal pertama yang kalian lakukan adalah berusaha menikmati keadaan. Amati keadaan sekitar, bertanya jika tidak tahu, carilah teman sebangsa, teman sebangsa ini nantinya akan menjadi penunjuk kalian, berbagilah cerita, Jika kalian mendapat jatah libur, gunakan jaatah libur kalian sebaik-baiknya, usahakan jangan hanya mengurung diri di Kamar seperti yang pernah p lakukan.

Lepaskan keheranan dengan berjalan-jalan, pergi ke Kota, naik kendaraan, makan di Kafe murah, kumpul di Masjid (bagi yang muslim), bertemulah dengan banyak orang di mana saja.

Hihihihihi. Ada yang mau nambahin? Sinii
0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D