Nyobain Pake Worldremit

Ceritanya tuh, dulu penulis bingung gimana cara mengirim uang ke Indonesia. Pengennya, ngirim uang dengan nilai tukar yang gedhe, biaya kirimnya dikit, aman, cepat, gak ribet, dll.

Pilihan pertama jatuh ke Western Union. Alasan milih Western Union karena reputasinya baik, cabangnya tersebar dimana-mana, nilai tukarnya wajar walaupun biaya kirimnya agak gedhe. 


Lama-lama timbul keinginan buat ngirim pake jasa lain yang biaya kirimnya lebih kecil dari Western Union. Awalnya Cuma denger-denger doank, berlanjut ke tanya-tanya, terus cari-cari info dan ketemulah jawabannya.

Post lain : Aman Pake Worldremit (Cara kirim dan Terima)






Kenapa?

  • 1.      Gampang ngirimnya.
  • 2.      Website sederhana
  • 3.      Aman

  1. 4.      Bisa ngirim ke Indonesia yang pasti.

  • 5.      Ngirim tinggal pake hape, laptop ato tablet.
  • 6.      Biaya kirimnya terjangkau untuk kantong orang ngirit heheheh.



Setelah registrasi, penulis pun kemudian ngurus Internet Banking. Soalnya biar bisa nggunain worldremit, penulis butuh beberapa hal seperti VR-Netkey, PIN, transaksi nomer pengiriman, dll.

Pertama, urus internet banking dulu karena penulis belum punya fasilitas itu dan BELUM punya Kartu KREDIT. Dateng ke Bank, ngobrol-ngobrol sama pegawainya dan penulis pun disuruh nunggu surat yang datang maksimal seminggu kemudian.

Kedua, dapet surat persetujuan dari pihak bank serta dikasih dokumen yang nerangin fungsi internet banking n gimana aktivasinya. Surat datangnya 4 kali karena dikirim terpisah-pisah. Penulis pun akhirnya dapet VR-Netkey, PIN online Banking dan TAN Generator (alat buat ngecek nomor sekali tranksasi gitu intinya).

Setelah agak-agak mudeng pake Internet Banking penulis log-in kembali di Worldremit. FYI, untuk registrasi di websitenya worldremit termasuk gak ribet kook, coba ajaaah :D cuma semenit hahah

Cara mengirimnya juga sederhana :

1.Isikan jumlah yang akan dikirim
2.Tentukan penerima (isi data penerima)
3.Tentukan cara pengirimannya

Di worldremit, bentuk pengiriman bisa dilakukan dengan cara :

1.kirim ke rekening Bank di Indonesia
2.Kirim untuk pengambilan instan dalam bentuk uang tunai yang uang tsb Cuma bisa diambil di cabang POS Indonesia dan BNI.
3.Mobile Money, yang diterima lewat indosat dompetku.
4. Air time top-up,secara instan akan ditambakan ke dalam beberapa jaringan tlp seluler: Axis, Esia Bakrie Telecom, Excelcom, Fren Mobile8, Indosat IM3, Indosat Mentari, Indosat Starone, Telkom Flexi, Telkomsel Kartu AS, Telkomsel Simpati and Three Telecom. (ini penulis belum paham dan belum nyoba)

Penulis baru nyoba beberapa hari lalu mengirim dengan bentuk instan yang mana Penerima harus ambil di POS/BNI.

Cara mengambil uang dari Worldremit :

1.Datang ke Kantor Pos atau BNI saat Jam kerja
2. Tunjukkan tanda pengenal
3. Bawa bukti SMS dari Worldremit
4. Ambil uangnya
5. Mungkin akan kena biaya materai.

Penulis ngirim uang pake worldremit  dari Jerman ke Indonesia sebanyak 5 EURO hahahah. Uji coba ni. Kena biaya 0,95. 

Selesai ngirim penulis dapat email dari Worldremit.

Adik penulis yang bertindak sbg penerima juga dapat sms. (Dirupiahin 75rb pada waktu itu)




Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Nyobain Pake Worldremit"

  1. Wah, baru tahu kalau di Jerman tidak setiap rekening otomatis mendapatkan akun untuk internet banking. Sependek pengalamanku sih kalau di Belanda setiap rekening otomatis terhubung ke internet banking juga :)

    ReplyDelete
  2. Praktis ya mas jadi Die Belanda. Bank yg sebelumnya aku pake juga gt, kalo minat internet Banking br suru ngajuin hehehe

    ReplyDelete
  3. Mungkin pengirimnya ato penerima bisa tanya ke CS-nya

    https://www.worldremit.com/en/help/what-if-i-have-a-problem

    semoga berhasil

    ReplyDelete
  4. Selamat siang ka . Saya mau tanya . Bisa dapet SMS / email confirmnya kapan ya ? Saya sebagai penerima . Kemarin teman saya di Spanyol , kirim uang ke saya via WR . Tapi sampe sekarang , saya belum terima confirm dari WR nya . Kira2 kenapa ya ka ? Mohon pencerahannya ya . Thanks 😊😊

    ReplyDelete
  5. dr pengalaman adik sy svg penerima, biasanya dalam kurum waktu 30 menit setelah sy mengirim dia dapat smsnya...
    contohnya ada di situ http://fit-ananda.blogspot.de/2015/03/aman-pake-worldremit.html

    ReplyDelete
  6. Mbak, untuk pengisian alamat penerima ada 2. Untuk alamat yang kedua diisi dengan alamat yang mana ya Mbak. soalnya alamat pertama sudah saya tujukan kepada alamat penerima sesuai dengan ktp. Untuk yang kedua bagaimana yang Mbak? Trims

    ReplyDelete
  7. Mba, saya mau tanya misalkan orang dari London kirim uang pake Worldremit trus dia milih bank nya BRI a pa uangnya bisa langsung masuk ke rekening kita tanpa kita konfirmasi kode transaksinya langsung ke bank?

    ReplyDelete
  8. Sepengalaman saya, uang akan langsung masuk ke rekening. Saat masuk ke rekening, kedua pihak akan dapat pemberitahuan kalo ada dana masuk.
    Pernah sy tulis
    http://www.fitriananda.com/2015/03/aman-pake-worldremit.html#more

    Penerima gak perlu konfirm kode transaski


    smg menjawab mbak....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbk mau tanya, bisa tidak diwakilkan kalo mau ambil uang di pos ato di bni, tp bw ktp n sms pin.

      Delete
  9. Mau tanya, bisa tidak ambil uangnya di wakilkan, si wakil membawa ktp dgn sms pin nya. Mohon pencerahan, dan ada batas waktunya tidak y kalo tidak di ambil hangus gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dl adk sy pernah tny.. katanya g bs..
      N ga ada hangus2nya slma pin dr worldremit tdk disebar


      Cb dl tny csnya...

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Mba maaf mau tanya klo ada tmn dr australia krm ke indonesia via.mobile money transfer itu gmn ya cara mencairkan/menguangkannya karena dia krmnya ke nomer telepon kita...mksh jwbannya mba

    ReplyDelete
  12. Pagi mbak, mau tanya, apakah biaya penerimaan kiriman WR sekitar 15% dari total uang yang di kirim? dan kita harus mengirimkan uang tersebut terlebih dahulu?
    ada yang mau coba coba nipu saya nih, malah nomor telfon customer servicenya, pake nomor telfon +62 838-7350-2803
    ~World Remit

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya sudah lama sekali tidak mencoba, kak. Seingat sy dulu, jika dari bank, memang uang langsung dikirim. Penerima uang sy dulu tidak pernah dihubungi, krn langsung masuk rekening.. saya pun jg begitu sbg pengirim tidak pernah dihubungi via tlp oleh cs. Mungkin bisa langsung ke https://www.worldremit.com/en/indonesia?transfer=bnk&selectto=id&amountfrom=100.00&currencyto=idr&currencyfrom=gbp

      Delete

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D