Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Sabtu, 21 Februari 2015

Secuplik : Apa itu Pegida

Tema ini mungkin sedikit sensitif ya, tapi pada kenyataannya beberapa saat lalu mengemuka di Jerman.
Namanya PEGIDA.

PEGIDA : Patriotische Europäër Gegen die Islamisierung des Abendlandes.

Secara harfiah bermakna Gerakan Patriotik menentang Islamisasi di Eropa (Barat).



Ada FB : Pegida

Berita terbaru yang penulis tahu, salah satu pendirinya dikecam karena pose foto di FB pake gaya tokoh Nazi. U know it kan?

Gimana awalnya?

(Bdw ini hasil pemikiran penulis yang didapat dari siaran berita di Jerman, diskusi waktu seminar 19/1 lalu, googling, ngobrol-ngobrol,--jiika ada keliru, penulis dengan senang hati untuk dikritik –plus masukan serta merevisi lagi)

Pegida dideklarasikan pertama dengan adanya demonstrasi di Dresden pada Oktober 2014. Demo ini menenentang adanya penyebaran budaya  islam di barat yang mayoritas menganut agama Kristen. Yang ditakutkan adalah jika budaya islam menggeser nilai-nilai kristen yang tertanam di barat.

Tidak Cuma di Dresden, gerakan semacam ini juga ada di beberapa kota seperti Cologno, Duesseldorf, Berlin, Bonn, etc.

Kenapa?

Jerman merupakan Negara yang menjadi Negara harapan buat mereka yang mencari suaka. Para pencari suaka ini berasal dari Negara konflik. Contoh, Siria. Kebetulan mayoritas berpenduduk muslim.

Mereka si berpendapat, Jerman itu jadi idola karena mereka ngerasa aman. Jerman memberikan harapan baru mereka untuk hidup lebih baik. Gak ada bayang-bayang ketakutan seperti saat mereka di Negara asal. (Pendapat imigran yang kerja di tempat penulis FSJ).

Jerman berada di posisi kedua setelah USA  sbg negara harapan untuk para Imigran. (Deutsch Perfekt, hal 30, Juli 2014)

Para pengikut PEGIDA tidak suka dengan banyaknya orang muslim ke Jerman untuk hidup di Jerman. Dari sinilah merembet ke isu negatif, mengarah ke agama. Jadi, menentang agama islam secara umum gitu. Semua orang muslim pingin dimusuhin. Padahal, awalnya kelompok ini tu  cuma  menentang kekerasan yang katanya dilakukan oleh orang muslim, itu loh ISIS. Kelompok ini seperti “takut” dengan Islam, kalo-kalo Islam menyebar luas di Eropa.
Begitulah...

Orang-orang yang bersatu dalam gerakan semacam itu juga beberapa menyuarakan :

  • menentang politik,


  • ketidaksukaan dengan media yang sepertinya memberitakan berita bohong,


  • dan kayak “anti” orang asing gitu.



                                                                                                





2

2 komentar:

  1. Iya beberapa bulan lalu sempat heboh tentang Pegida. Bahkan di kota Hannover sendiri kayak ada semacam anak organisasinya bernama Hagida. Untung saja saat ini sudah tidak terdengar lagi aktifitas mereka. semoga semua boleh berangsur angsur membaik kondisi npolitik di jerman.

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D