Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Sabtu, 14 Februari 2015

Seputar Karnaval-Fastnacht-Fasching-Fasnet

Sosok-sosok lucu, aneh, mengerikan semakin banyak bermunculan dalam bulan Februari ini. Tanya sana-sini, ternyata  di Jerman ada 5 musim setiap tahunnya.


http://images.zeno.org/Kunstwerke/I/big/HL31420a.jpg

http://www.duden.de/_media_/full/N/Narr-201100283901.jpg
Orang-orang juga bakal teriak-teriak Helauuuuuu atau Alaaaaaf!



Musim dingin, semi, panas, gugur dan musim KARNAVAL.



Musim karnaval itu juga sering disebut  Fasenacht, Fastnacht, Fasnet atau Fasching.

Nah, biasanya ni bakal ada parade besar di Jalanan yang berisikan banyak sosok manusia berkostum unik.

Gak Cuma di Jerman aja si katanya, Austria dan Swis juga punya musim Karnaval.


Tahun lalu (2014) menjadi momen pertama penulis merayakan Karnaval bersama teman-teman kursus di Volkhochschule (VHS) Mainz.




Bedewe  ada “Top 3 City” yang perayaan karnavalnya terbesar di Jerman. Ada Köln, Mainz dan Dűsseldorf.  Oya,  karnaval ini dirayakan gedhe-gedhean pada “Rosenmontag”.

Syukurnya, penulis waktu itu berada di Mainz dan merasakan keseruan karnaval. Ihiiir.

Karnaval ini sudah menjadi bagian dari tradisi sejak pertengahan abad lalu.

Begini ceritanya : Tet tretet teeeeeeet!

Penggunaan kata karnaval zaman dahulu ini berasal dari bahasa latin, Carne Vale yang punya arti Pisah dari daging. Sempet baca juga di twitter, kata karnaval punya hubungan dengan kata karnivora gitu deh, tapi kata wikipedia nih, asal muasal kata karnaval masih diperdebatkan.
Pisahnya manusia dari daging alias puasa gak makin daging ini berlangsung diantara tanggal 6 Januari sampai paskah. Setelah karnaval selesai, masa puasa bagi umat katolik akan berlangsung selama 40 hari.

Fastnach-Fasnet-Fasching itu tu kayak malam terakhir sebelum puasa dilaksanakan. Lama Fastnach sendiri 6 hari, mulai dari kamis sampe “Faschingsdienstag”. Disaat tsb orang-orang bisa memuaskan diri untuk makan segalanya, pesta, lucu-lucuan, ngomong blak-blakan dan pokoknya gila-gilaan.


Ini ni lambang paling sering terlihat

Ini hal-hal penting yang berhubungan seputar perayaan karnaval di Jerman :


  • 1.      Hari paling rame ngerayain Fastnacht di Jerman ada pada saat “Rosenmontag”. Bakal ada parade dan ribuan orang di Jalan. Rosenmontag itu asal katanya dari kata “rasen” artinya keren, ganas, waaw gitu.
  • 2. Sosok ini tu jadi kayak lambang waktu fasnet. Namanya " der Narr" . yang artinya sosok yang membuat gembira di kerajaan/teater. Oya Perayaan karnaval ini di Jerman juga kerap disebut sbg Närrische Zeit. Närrisch : sesuatu yang gila
    http://www.duden.de/_media_/full/N/Narr-201100283901.jpg

  • 3.      Biasanya saat parade, peserta karnaval yang ikut arak-arakan bakal mbagi-bagiin yang manis-manis seperti cokelat, permen, lolipop, dan juga hadiah-hadiah kecil. Tahun lalu, penulis dapat banyak banged cokelat dan alat tulis.


  • 4.      Pada hari kamis dalam masa karnaval adalah hari milik para wanita, ditandai dengan pengguntingan dasi yang dipakai laki-laki. Maksudnya, hari tsb wanitalah yang berkuasa.


  • 5.      Identik dengan kostum lucu, aneh dan menarik.


  • 6.      Di Jerman ada pusat dan museum fastnach, bisa cek webnya www.karnevaleutschland.de)
  • 7.   Orang bakal nyebut "HELAU" sebagai sapaan, teriak-teriak "HELAU" gitu deh intinya. Kalo di Koeln nyapanya pake "Alaaaf"
  • 8.  Ketika Parade, biasanya peserta karnaval bakal nyebarin kertas warna-warni, yang terkenal dengan sebutan Konfetti.
Ini ni penampakan penulis pada 2015.

2014 juga jadi Hexe alias penyihir, 2015 gitu lagi.

Alasan kenapa penulis mempertahankan sosok itu adalah :

1. Gampang dicari
2. Sesuai dengan karakter wajah (hahahahahahahah)
3. Lucu
4. Gak ribet
5. Harga murah

tahun ini penulis cuma keluar uang untuk beli hidung palsu doank.





Sumber : pengalaman, wawancara dan www.narren-spiegel.de









4

4 komentar:

  1. Alaaaaaafff !!! Keren mbak Hexe :D
    Tanggal 14 yang lalu adalah tahun pertama saya ikut Karnaval. Sosok yang juga paling digemari adalah Piraten... hahaha :D

    BalasHapus
  2. Makasi mas...
    HELAUUU hehehe :D
    Trs kemarin juga jadi Piraten? Cihuyyyyyyy!
    Karnavalnya dimana? Berlin?

    BalasHapus
  3. Helauuu... hahaha kebetulan tahun ini saya jadi König, gak terlalu susah nyari bahannya. Saya tinggal di Hannover, ikut karnavalnya juga di Hannover.

    BalasHapus
  4. Mas Liberty kabarmu py?
    Aku nunggu Post barumu niiiiiii
    Semangat kaka

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D