Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Selasa, 05 Januari 2016

FSJ di Jerman (Update)

Kesan Penulis

Kerja “sukarela” sosial atau lebih dikenal Freiwilliges soziales Jahr (FSJ) merupakan satu dari banyak pilihan buat mereka yang pingin tinggal lebih lama di Jerman. Pernyataan itu saya sebut, kalo melihat sudut pandang dari orang luar Jerman, ya kayak penulis pribadi. Saya memanfaatkan secara maksimal 12 bulan dan perpanjang 6 bulan untuk FSJ di Altenheim (Panti Jompo).

Buat orang Jerman sendiri, dari hasil wawancara dengan kawan-kawan FSJ, program ini bisa jadi batu loncatan untuk melangkah ke Jenjang selanjutnya. Pernah penulis tulis di Sini : Kenapa FSJ

Selama hampir 18 bulan, banyak cerita yang mengiringi kisah FSj di Sini. Saya bersyukur menemukan tempat yang nyaman dengan kolega yang hangat. Kadang, saya ngerasa jadi anak paling kecil di Tempat FSJ nih. Punya emak-emakan, punya tante-tantean, punya kakak-kakak-an, punya mbah-mbahan.

masuk berita waktu jadi FSJ awal hahaha


@@@

Nah, selama bulan-bulan penuh pelangi, kilat dan cahaya itu, saya juga belajar banyak hal. Tidak Cuma merawat orang tua, tapi
juga belajar arti kehidupan. Bahwa benar adanya, hidup itu indah dengan saling berbagi. Contoh, berbagi waktu untuk merawat mbah, berbagi makanan saat lebih, berbagi cerita dan tentu saja berbagi informasi seputar FSJ untuk pemuda-pemudi Indonesia yang tertarik. Saya berterimakasih bagi orang-orang yang sudah meluangkan waktu untuk membaca blog ini, semoga bermanfaat. Saya juga senang dengan respon-respon yang banyak dikirim ke Email dan yang ada di Kolom komentar. Semoga sukses selalu ya.

@@@

FSJ di Jerman (Update)

Saya pernah menulis FSJ di artikel dengan judul ini FSJ di Jerman (bisa diklik). Sekarang, saya ingin memperbaharuinya dengan kualitas yang lebih baik menurut saya. Saya pribadi yakin, pembaca yang mempir ke Sini sudah punya bayangan apa itu FSJ dan bagaimana, bukan?

Dengan sumber dari pengalaman pribadi FSJ bersama EVIM, wawancara dengan FSJ orang Jerman dan Indonesia, website-website seperti azubi-azubine.de, freiwilligedienst.de, bundesfrweilligedienst, saya harap artikel ini bisa melengkapi artikel saya yang lain dan bermanfaat buat pembaca yang berkepentingan. Amien!

Dimanakah Seseorang Bisa Melakukan Freiwillige Soziale Jahr?

Tidak Cuma dibidang sosial, seseorang bisa memanfaatkan waktunya di bidang-bidang lain loh. Semenjak 2002, di Sini kamu bisa menyalurkan energimu :

FSJ di Bidang sosial itu contohnya adalah kamu FSJ di Kindergarten, Altenheimen, Einrichtungen der Behindertehilfe, Einrichtungen der Pszchiatrie, Palang Merah, Pemadam Kebakaran,   Sekolah, Gereja, Sozialdienst.

FSJ im ökologischen Bereich (FŐJ) : Bidang Lingkungan, bisa di Hutan, di Kebun, di Tempat yang berbau alam-alam. Saya kurang tahu, silahkan cek sendiri. :D

FSJ im Sport : Menjadi bagian dari persatuan olahraga di Sebuah Kota, jadi panitia acara-acara olahraga, ikut mbantuin kursus olahraga kayak renang-sepak bola-karate-dan sejenisnya, mengurusi aktivitas olahraga di Sekolah (bisa aja FSj-nya di Schule,tapi ngurusin bidang olahraga aja)

FSJ in der Politik

FSJ in der Denkmalpflege (FDJ) : Di Pemerintahan yang ngurusin perawatan tugu-tugu peringatan atau tempat bersejarah. Keyword :  Denkmalpflegebehörde oder – verein.

FSJ Kultur : FSj di Theater, Museum, Gedung Pertunjukan dan Seni atau perkumpulan budaya lain, Radio, Televisi,.

Syarat Umum Jadi FSJ untuk Orang Indonesia?

Umur maksimal 27 tahun, dapat bekomunikasi bahasa Jerman dibuktikan dengan sertifikat dari Goethe (tergantung kesepakatan dengan Traeger FSJ) , punya Passpor dan bikin Visa, sehat dan mau belajar. Itu baru umum ya, untuk khusus dan detail-detail yang lain silahkan cek di Tempat FSJ yang kamu inginkan.

Berapa Gaji Seorang FSJ di Jerman? Taschengeld FSJ Gimana?

Bervariasi! Gaji FSJ di Tempat A bisa berbeda tempatnya B. Ini tergantung kebijakan Träger dan Einsatzstelle (Tempat Kerja)-nya. Harusnya Taschengeld dapatnya maximal 330 di Ketentuan. 330 itu Taschengeldnya doank, ada beberapa Träger dan Tempat kerja yang kemudian menambah untuk uang makan, uang transport, uang tempat tinggal dan semacamnya. Jadi, jangan kaget kalo ada yang dapet 150 Euro per bulan. Mungkin, dia udah dapet fasilitas tempat tinggal dan makan. Berlaku juga buat mereka yang dapet mungkin 350 atau 400an ke atas. Bisa aja karena itu merupakan gabungan taschengeld, uang makan dan juga beban kerja.

Ada temen penulis dapet perbulan 195 Euro, karena uang yang lain “dipotong” untuk makan (dapat dari tempat kerja), sewa rumah, asuransi. Nah, jadi perbulan bersihnya segitu yang dia dapet. Doi juga di Panti Jompo.

Nah, jadi sebelum fix mau FSJ di mana, tanyakan dulu perihal uang saku, ada frei Unterkunft dan Verpflegung ga, ada uang transport ndak? Fragen kostet nix, tanya itu gak mbayar, jadi jangan sungkan tanya. Saya pribadi ndak bisa jawab Träger mana aja yang ngasih akomodasi ini itu, kalo pembaca dah nemu tempat, mending segera tanya ajah.

Penulis sendiri dapet 420, untuk makan dan uang saku.



(Sebelum baca lagi, tarik nafas dulu)


Bagaimana Mencari Lowongan FSJ? Cari Stellen?

Saya dulu cari internet, tanya senior dan melihat sekitar.  Kamu bisa cari FSJ di Kota kamu tinggal sekarang (yang di Jerman).  Kalo mau lewat internet juga banyak. Tinggal masukkan kata kuncinya. Contoh, kamu pengen FSJ di Schule? Coba aja cari di Google : FSJ, Schule, in (Kota yang kamu ingini).  Macam-macam träger juga bisa dicari di Internet. Contoh : Träger FSj in (Kota XXX).

Ada teman saya yang FSJ di TK adik angkatnya waktu Aupair. Soalnya, kebetulan dia sering nganter kan ke Tk, terus ada info bisa FSJ di Sana. Jadinya, dia daftar deh ke Sana. Oya, beberapa kali saya temui ada yang FSJ tapi tinggalnya masih sama Gastfamilie-nya waktu Aupair. Bisa loh, tergantung kesepakatanmu dengan Gastfamilie. Ada dua teman saya yang kasusnya sama, FSJ dan tinggal bareng GF waktu Aupair. Mereka cerita, mereka gak harus mbayar. Namanya juga numpang orang, mereka tetep donk “kerja” buat Gastfamilienya. Kerjanya? Kadang-kadang suruh Babysitting. Semua bisa dimusyawarahkan.

Bagaimana? Tidak susah kok mencarinya. Nah, kalau cari FSJ dari Indonesia? Kalo dari tulisan kedutaan besar Jerman di Indonesia, yang di Indonesia disarankan untuk membuka pro-fsj.de dan bundesfreiwilligedienst.de. Pengalaman beberapa senior, mereka bisa daftar FSJ di Jerman dari Indonesia itu daftar lewat Via-ev dan diakonie. Kalo pingin lebih gampang, bisa juga minta bantuan agen di Indonesia.

Pengalaman Yang Daftar Dari Indonesia

Mereka yang saya ceritakan di Sini itu daftar tanpa agen. Setelah mereka cari-cari dan mengirim lamaran akhirnya nyantol lewat Traeger Diakonie dan satunya lewat via ev. Hubungan dilakukan via online. Setelah berkas terpenuhi dan mengajukin Visa, mereka bisa berangkat. Uang transport ke Jerman ditanggung mereka sendiri.

Apalagi ya?

Kadang harapan tidak sesuai kenyataan. Ada yang ga betah dengan FSJ-nya dan merasa berat sama kerjanya. Saya mau cerita pengalaman temen penulis aja. Dia ini ngerasa berat sama kerjanya , ga cocok ma lingkungan kerja, dll. Setelah ngobrol sama pihak Träger kami (EVIM), akhirnya muncul beberapa keputusan. Yaitu : Komunikasi dengan pihak tempat dia kerja dan atau keluar. Singkatnya, komunikasi tidak seperti harapan dan ia memilih keluar. Keluarnya juga ga asal keluar ya, dia ngirim surat Kűndigung ke EVIM dan Tempat kerjanya. Panduan buat Kűndigung diarahin oleh Träger gitu deh.

Sementara ini dulu ya rangkumannya, semoga bermanfaat! :D

Saya sudah menulis tentang pengalaman-pengalaman di Label ini : FSJ ala Fitri



15

15 komentar:

  1. Jadi gaji mbak di sana berapa? hahhahahah

    BalasHapus
  2. Wha pengalaman ke luar negri dan berbagi... keren kk
    pengen ke jerman. kalau denger cerita guruku, katanya disana semua serba otomatis. Sayang nya aku gabisa bahasa jerman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih:)

      Ya belajar dl kalo Mai laili...

      Otomatis? Hmm mungkin krn negara Industrie

      Hapus
  3. Halo kak Fitri,

    Blog nya bagus banget dan update ya.

    Kak aku punya pertanyaan nih, kan aku udah buka situs Bundesfreilligendienst.de, aku udah dapet tuh email dan FSJ nya untuk apa.

    tapi setelah itu aku bingung bagaimana untuk melanjutkan pengajuan FSJ nya?

    apa kita kontak Trager nya?

    kalau iya, kita harus kontak dalam bahasa pa ya? sementara bahasa Jerman ku aja baru level A1.

    Terima Kasih

    Mohon Bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kontak email trägernya yg udah km dpt

      Lbh bagus emg bahasa Jerman:)

      Danke yaaaa nos:)

      Hapus
    2. Haloo mba Fitri perkenalkan says Agita, kalau ikut langsung FS Tampa aupair terlebih dulu mungkin tdk mba?
      Kalau mungkin, prosesnya lbh sulit kah?

      Terimakasih :)

      Hapus
  4. Angela andriani11 Januari 2016 01.36

    Hallo mba fitri,
    Mba,FSJ itu kerjanya fullday ya?
    Berarti susah ya untuk aupair sambil FSJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fsj itu 8 Jam maksimal perhari :)

      Kalo aupair ya aupair ga bs disambi Status lain dan begitu Jg sebaliknya Angela

      Hapus
  5. Hallo mbak, salam kenal. Saya Hariadi dan berencana mau berangkat FSJ tahun ini. Mbak bisa sharing?. Das ist meine Email Adresse adi.hariadi46@yahoo.com. Ich warte auf Ihre Nachricht. :) Danke schoen mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meine Email schrieb ich eigentlich schon auf der andere Artikel : about me. :D

      Hapus
  6. Mba, kalo FSJ ada persyaratan tinggi badan ga sih? hehe

    BalasHapus
  7. ka fitri saya mau tanya kalau kita setelah fsj itu apa bisa kemungkinan kita tinggal dan kerja ataupun study disana ?

    BalasHapus

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D