Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Selasa, 26 April 2016

Rangkuman Kecik Aprilku

Mei kian dekat, April tetap melekat. Bulan ini bisa dibilang syibuk, dari pagi sampai malam, dari malam hingga pagi, hahalah. Di Sekolah pun demikian, sempat ujian tengah semester seminggu dan kemudian lanjut peringatan Kartini, setelah itu KBM seperti biasa. Alamak, syedapnya.

Pencapaian bulan ini lumayanlah sesuai dengan target, beberapa proyek hampir terlaksana. Proyek kecil yang berhubungan dengan mata pelajaran bahasa Jerman hampir saja rampung, JIKA peserta siap. Sayang syekali, dari 70an orang, baru satu yang rampung, hahaha.

Nah nah, karena banyak sekali cerita yang tak sempat tertulis di Blog, maka dari itu seperti tahun lalu, artikelnya akan dirangkum dengan teks dan beberapa gambar.

Di Bulan ini yang paling lucu ketika dipilih jadi juri di acara Kartini-an sekolah und weisst du was? Penulis bisa duduk bareng Pak Zuhri yang dulu emang udah sering jadi juri, byahaha. Kenapa Pak Zuhri? Sederhana sekali, dulu waktu masih jadi murid SMA dan ikut lomba (pidato), Pak Zuhri dan Pak Zayin yang jadi juri dan semenjak itu, penulis selalu ngimpi suatu waktu bakal jadi kayak mereka.

ini namanya Nyahni, kelas XI, lagi mau menarikan tari Bali

Ganteng dan cantiknya  salah dua peserta kayaknya kelas X :D
kelas X6

0

Sabtu, 23 April 2016

0

Les /Kursus Bahasa Jerman (Boyolali) - Solo Raya

(Update Januari  2017)



(Dengar Audionya : Audio Fit in De



Sucht Ihr gerade Deutschkurs in der Umgebung von Solo Raya, Salatiga, Semarang und besonders in Boyolali?
Sedang cari les/kursus bahasa Jerman di wilayah Solo Raya, Salatiga, Semarang dan khususnya Boyolali?

Man kann bei mir durch "Fit in Deutsch" in Boyolali Deutsch lernen. Es gibt Deutschkurs, Buch lesen und leihen (aber nur als Kopie), űber Aupair-FSJ-Studi diskutieren.
Lewat Fit in Deutsch di Boyolali  bersama saya, panjenegan  bisa belajar bahasa Jerman, baca-pinjam buku (tapi fotokopinya :D), mendiskusikan Aupair, FSJ dan Studi.


Grűβ! Mein Name ist Fitri Ananda und habe eigenes persὅnliches Projekt, das ist Fit in Deutsch.
Salam! Nama saya Fitri Ananda dan punya proyek pribadi bernama Fit in Deutsch.

Januari 16, di Berlin


Ich habe Deutsch als Fremdsprache an der Yogyakarta Staatliche Universität studiert und  war mehr als 2 Jahre in Deutschland . Da habe ich auch Deutschkurs bis C1 teilgenommen.
Saya menyelesaikan kuliah Pendidikan Bahasa Jerman sebagai bahasa Asing di UNY dan lebih dari 2 tahun di Jerman. Di Sana saya kembali kursus sampai tingkat C1.

Ich bin Deutschlehrerin an der SMA N 2 Boyolali seit 2016.
Saya Guru bahasa Jerman di SMA N 2 Boyolali sejak 2016.


Wenn euch lust habt, um Deutsch bei mir zu Hause in Boyolali zum lernen, kommen Sie doch gerne hier. Im Moment ist nur in Boyolali. 
Jika panjenengan berminat untuk belajar bahasa Jerman di Rumah saya Boyolali, monggo datanglah. Sementara hanya di Boyolali saja.

Das ist die Adresse :
Kutilangstr. 07 Karangkepoh Banaran Boyolali
Jalan Kutilang 07 Karangkepoh Banaran Boyolali

https://goo.gl/maps/CW6zkFoU3XQ2


Ancer-ancer dari arah Solo, lihat di Youtube ya :)





Um weitere Information, melden Sie mich bitte an!

Telp, SMS und WA  083866280053 
Line empidd


*Janjian dulu ya kalo ke Tempat saya, biar lebih enak.:)


Lies auch diese Artikel 

Baca artikel ini juga 

FAQ Kursus Bahasa Jerman Fit in Deutsch Boyolali
 Program Fit in Deutsch


*Belum lembaga, masih saya sendiri yang handle
*Ditujukan untuk yang bisa, mau dan menjangkau  Boyolali. Santai aja :)















5

Sabtu, 09 April 2016

Wo ist das??

  •   Wo ist der größte Flughafen in Deutschland?


a.    Berlin
b.    Frankfurt
c.    Műnchen





  • Wo ist der größte Hafen in Deutschland?


a.    Köln
b.    Bremen
c.    Hamburg




  • Wo ist das größte Volkfest in Deutschland?


a.    Rosenmontag
b.    Oktoberfest
c.    Neues Jahr



  • Wo ist der größte Bahnhof in Deutschland?


a.    Frankfurt
b.    Hannover

c.    Leipzig



**Foto lain sedang dicari :D
0

Begitulah

Belum lama ini bapak dari seorang teman berpulang, kabarnya sang Bapak punya riwayat darah tinggi. Kebetulan saya sedang di Rumah, maka saya pun turut melayat. Semasa sekolah dulu, saya sering main ke Tempat teman ini dan disuguhi macam-macam. Selain main, saya juga sering njajan mie rebus pedes di Situ. Yang paling teringat, kalo saya njajan mie, si Bapak sering memberi porsi lebih, kadang telurnya dilebihin, mie atau ayamnya. Wenake.....

Haru biru pada layatan pun terjadi, ketika anaknya yang sudah besar menangis dan hampir pingsan di dekat keranda. Sang anak yang tinggal dilain kota memanggil-manggil sang Bapak seakan tak percaya. Saya duduk tak jauh dari lokasi adegan terjadi. Momen ini makin membuat suasana haru, mayoritas pelayat ibu-ibu menangis, sesenggukan dan wah jujur saja saya juga turut menjadi bagian mayoritas itu. Batin saya berkecamuk, mengingat 2 tahun lalu Bapak saya sendiri meninggal. Bedanya dulu saya tidak ikut melayat Bapak. Saya gak bisa pulang, waktu itu baru beberapa bulan di Jerman. Saya ikut terenyuh waktu si anak menangis kehilangan dan samping kanan kirinya menenangkan. Ditanya kenapa menangis, saya susah menjelaskan. Pokoknya terharu dan gitu lah.

Baru saja, rekan seangkatan saya juga dipanggil olehNya. Kami(beberapa teman) menduga, dia juga punya riwayat darah tinggi. Namanya Ldo(saya singkat), dia ini se-SMA dan setelah lulus kuliah bekerja menjadi guru di mantan SMA kami.
2

Rabu, 06 April 2016

Belajar Bahasa Jerman : Ngomongin Masalah

Membicarakan masalah? Gimana ya cara mengungkapkannya dalam bahasa Jerman? Kalimat yang sering didengar adalah “Ich habe ein Problem, kannst du mir helfen?” nah, tapi ada beberapa variasi loh yang bisa digunakan.

FYI : In Deutschland spricht man űber persönliche Probleme eigentlich nur mit guten Freunden. Di Jerman orang membicarakan masalah Cuma sama teman-teman baiknya. *Di Indonesia juga kok ya?

Ide ini penulis dapat dari membaca majalah lama Deutsch Perfekt (2014 : 37). Lumayan juga buat dibagi. Oya, bedewe penulis punya beberapa majalah dan buku-buku bahasa Jerman. Ada juga terjemahan novel Indonesia ke Jerman, sementara ini koleksi penulis yang sastra terjemahan Indonesia baru punya Pramoedya dan Ahmad Tohari, dll. Kalo mau pinjem boleh, tapi yang fotokopiannya ya. :D

ber Probleme sprechen
0

Minggu, 03 April 2016

Asal + Jangan, Jangan Asal!

Beberapa minggu berturut-turut, tema di Kelas kami berkutat soal membaca jam berbahasa Jerman dan cara menuliskannya. Dorongan untuk kreatif dan menyenangkan terus dipupuk, apalagi ditambah kondisi kelas yang berbeda, baik itu tipe dan keantusiasannya. Dari seluruh jumlah Kelas, sampai hari ini sudah bisa ditandai, penangananan macam apa yang harus diterapkan pada prosesnya. Hmm, walaupun ini masih terlalu “pagi” untuk sebuah perkenalan. Baru kemarin tatap muka, tau-tau udah ujian aja ni.



Pikiran lain adalah mempertahankan ketertarikan mereka. Syukur, pengajar sebelumnya (Frau Ajeng) bisa dibilang sukses membangun fondasi. Master di bidang Hubungan Internasional (HI) UGM memberikan sentuhan baru di Almamater tercinta. Ada proyek-proyek menarik yang membangkitkan gairah. Untuk kondisi peserta didik di Sana, itu merupakan cahaya yang merona.
0