Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 12 Desember 2016

Kalian, Guru Kecil

Guru kecil adalah istilah versi saya buat mereka, peserta didik yang terpanggil secara sadar menjadi teman belajar sekaligus rela membagi pengetahuan mereka di Lingkungan sebayanya.

Tentu tak asing lagi dengan sistem belajar kelompok, dimana beberapa orang berkumpul dengan tujuan untuk belajar. Ya, bukan belajar dengan cara kaku, biasanya kerja kelompok ini lebih santai dan diselingi bumbu-bumbu bermain dan bercanda.

Belajar kelompok tak Cuma milik anak SD saja, bahkan ssemasa mahasiswa saya juga sempat begini. Tutornya teman sebaya dan saya lebih santai dan bisa mencerna.

Beberapa minggu belakangan ini, saya terkesan dengan gaya beberapa siswa. Mereka ini mampu menjadi tutor bagi teman-teman lainnya dalam belajar bahasa Jerman
. Kebetulan, mereka ini juga terlibat dalam proyek Fit in Deutsch, Deutschclub, Sinauyo corner dan diantaranya juga ada yang sempat 20 besar olimpiade bahasa Jerman.

Di umur mereka yang muda itu, mereka mampu menjelaskan materi-materi yang dianggap susah oleh yang lain. Ya, itu mereka dapatkan juga karena belajar dan mau memahami. Saya senyum-senyum sendiri, waktu ada yang mampu menerangkan materi akkusativ dan imperative secara sederhana pada teman-temannya. Mungkin gini ya rasanya jadi orang tua.

Jika pengetahuan yang mereka dapatkan betul dan mereka dapat memahaminya dengan baik, lalu disebar pada yang lain, wihh suasana belajar makin menyenangkan. Mereka tak Cuma dapat itu, tapi juga belajar public speaking.

Saya mengamati seorang siswi yang pemalu. Dia ini awalnya ragu untuk mengungkapkan pendapatnya, padahal anak ini tahu dan mampu menjelaskan. Proses demi proses dilalui, dan sempat saya menjebaknya dalam sebuah diskusi. Di situlah, saya mengagumi cara berpikir anak seusianya.

Mak, mak, ternyata masih banyak generasi muda yang cemerlang. Gak perlu jauh-jauh cari, di sekitar kita ternyata perlu banyak dipoles. Berita-berita di Media itu gak semua harus didengar. Kabar baik masih banyak dan daripada menghujat dan mengeluh, berbuatlah sesuatu,walau itu sederhana.

Semangat! Go Fit in Deutsch, Sinauyo Corner, Deutsclub :D






0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D