Pengalaman Ikut Pelatihan (Fortbildung) Guru Bahasa Jerman Goethe Institut

Sebagai satu upaya peningkatan kompetensi Guru Bahasa Jerman di Indonesia, maka Goethe Institut di Indonesia mengadakan beberapa acara dan pelatihan khusus untuk guru.





Pelatihan ini diadakan rutin, kebetulan kali ini saya mengikuti pelatihan untuk level bahasa Jerman B1 alias B1 Fortbildung. Intinya, Guru akan diingatkan kembali materi B1 yang pernah didapat semasa kuliah ataupun semasa mengajar, lalu diakhir acara, Guru akan diikutkan ujian B1. Maka, syarat utama ikut pelatihan ini adalah belum punya sertifikat B1 dari Goethe Institut (GI) dan Guru Bahasa Jerman di Sekolah.

Bisa dibilang, pelatihan ini berbentuk beasiswa full, kenapa? Karena fasilitas dan akomodasi sudah disediakan oleh GI. Untuk penginapan? Wah, bintang 4 men, ga perlu ribet mikir makan, nyuci, setrika, istirahat, semua udah disediakan. Yang terpenting, Guru bisa konsen belajar dan tentu sukses menghadapi ujian B1. Kami menginap di De Pavilljoen Bandung.

Bagaimana mengikuti pelatihan ini?

Waktu itu saya mendapat tawaran dari GI, karena ada rekomendasi dari Multiplikator (Pak Bam). Lebih jelasnya, silahkan tanya ke MGMP masing-masing. Buat saya, pelatihan ini adalah kesempatan emas. Ada lo yang menunggu lebih dari 10 tahun akhirnya baru bisa dipanggil, ada juga yang bisa dipanggil cepat. Maka dari itu, kesempatan ini saya manfaatkan, saat hamil tua pula haha.

(Jujur awalnya ada 3 Pelatihan B1 yang saya lewatkan, karena pinginnya ikut B2.. haha, tapi ternyata pelatihan ini pas sekali buat saya)

Jadwalnya Ngapain Aja?

Seperti murid pada umumnya. Haha, para Guru yang biasa mengajar di Sekolah, selama dua minggu gantian DIAJAR. Nah, kami belajarnya di Goethe Institut Bandung sekitar 8 Jam perhari, dari Senin-sabtu. Selain refresh bahasa Jerman, kami juga mendapat ilmu baru dalam bidang pengajaran, game yang menarik, metode dan media yang “in”.

Di Hari tertentu, kami diberi waktu untuk melakukan simulasi ujian dan alhamdulillah, 2x simulasi ujian itu saya dan bayi masuk 2 besar, terus kita dapat hadiah loo. Ujian aslinya? Alhamdulillah, ada nilai yang hampir sempurna... hihihi hampir. Gak Cuma itu, kami juga diajak keliling Bandung (waktu itu Lembang). Seperti yang saya ceritakan di Sini :


Kegiatan di Kelas?

Ya, kayak murid pada umumnya. Diminta mengerjakan, belajar, presentasi, dll. Ni contohnya





Freizeit alias Free Time ngapain?

Kalo pas udah selesai kelas, bebas mau ngapain. Ada yang jalan-jalan keliling Bandung, nikmati fasilitas Hotel, tidur, ngerumpi, makan. Kalau saya, hari awal aja jalan-jalan, selebihnya buat nikmatin hotel, istirahat terus belajar hahah. Kalau kecapean, kasian si Bayi.

Ujian B1 Gimana sih?

Ya, terdiri dari ujian membaca, mendengar, menulis dan bicara. Batas kelulusan minimal adalah 60, sementara ini jika ada satu dari kemampuan yang tidak lulus, maka diperbolehkan mengulang cukup pada kemampuan yang tidak lulus tsb.

Yang ngajar siapa?

Ada 4 Tutor, semua dari Goethe Institut.




Kesan?

Baik, pelatihan ini memang saya butuhkan. Semoga bermanfaat tidak Cuma untuk diri sendiri, tapi murid, anak, sekolah, siapa tahu Negara.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Ikut Pelatihan (Fortbildung) Guru Bahasa Jerman Goethe Institut "

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D