William Siswa SMA N 2 Boyolali Raih Juara Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Jawa Tengah

William Andanu Purwanto, siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 2 Boyolali berhasil meraih juara harapan kedua Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018 pada Sabtu, 24 November lalu. Ia yang akrab disapa Willi mampu mengumpulkan  total skor 32,5 dari kemampuan mendengar, membaca dan menulis.


Photo by Ardini

Tahun ini, Boyolali didapuk menjadi tuan rumah dan SMA N 1 Boyolali menjadi tempat penyelenggaraannya. Acara ini merupakan acara tahunan dan merupakan kerjasama Goethe Institut dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) beserta Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) tiap provinsi. Nantinya, juara tingkat provinsi akan maju ke tingkat Nasional dan Internasional. 

Selain Willi, SMA N 2 Boyolali juga diwakili dua siswi lain, yaitu Ira Palupi dari kelas XI MIPA 2 dan Risma Rizki Ramadhani kelas X MIPA 1. Ira Palupi nyaris masuk 10 besar, sementara ia harus puas bertengger diurutan 11. Tidak mengecewakan jika melihat durasi persiapan Ira Palupi. Hasil lumayan juga ditorehkan Risma yang masih kelas X, ia ada di Peringkat 60.

Ditemui sesuai penyerahan piala, Willi mengaku bahagia dan bersyukur perjuangannya membuahkan hasil. Willi mulai belajar bahasa Jerman semenjak kelas X dan olimpiade ini adalah yang kedua baginya. “Dulu waktu masih kelas X awal, pas baru 3 bulan sekolah, sudah dibina untuk bahasa Jerman, puji syukur waktu itu bisa rangking 28.”

Ditanya cita-cita, Willi ingin memperdalam bisnis seperti Ayahnya dan baginya kemampuan berbahasa baik Indonesia maupun Asing akan menunjang impiannya. “Yang pasti, suatu saat saya juga akan ke Jerman.” Tutup Willi.



Berikut daftar juara  Jawa olimpiade bahasa Jerman tingkat Jawa Tengah 2018 :
1. Nuriska Amalia Islami SMA N 1 Muntilan
2. Nathanael Edward H SMA Regina Pacis
3. Nisrina Ainunnajmi A SMA N 1 Muntilan
4. Annisa Dwi  N SMA N 1 Batang
5. William Andanu P SMA N 2 Boyolali
6. Vihazmi Neyssa H SMA N 1 Batang
7. Hala Mutiara P SMA N 1 Batang
8. Dian Permatasari SMA N 1 Boyolali
9. Margareth Lucia H SMA Regina Pacis
10. Ando Firdaus SMA N 6 Surakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "William Siswa SMA N 2 Boyolali Raih Juara Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Jawa Tengah"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D