15 Daftar Aplikasi Untuk Guru dan Peserta Didik Untuk Melakukan Pembelajaran Daring (dan Luring)



Berikut adalah daftar aplikasi di Android  untuk guru dan peserta yang digunakan selama ini dalam pembelajaran, bisa untuk daring maupun luring. Disebabkan pandemi, sepertinya aplikasi ini sangat berguna terutama untuk saya sih. Berkat 14 macam aplikasi ini, kegiatan belajar mengajar (kbm) semakin mudah. Semua dalam satu genggaman, thanks to my Smartphone (Redmi Note 7) hahahaha :




  1. Whatsapp
Ini jelas, dengan whatsapp (WA) komunikasi lancar. Bahkan semua tersedia di Sini, mau kirim link, video, gambar, rekaman suara, bikin status, bikin grup, semuanya ada. Sebetulnya untuk kbm daring ini sangat lengkap, namun menurut saya WA itu cakupan luas sekali. Ya buat pribadi dan sekolah bisa, oleh sebab itu kadang chat bisa menumpuk, info penting bisa saja terlewat tidak terbaca.

  1. Adobe Acrobat
Aplikasi yang mendukung buat format PDF. Biasanya materi, soal dan pengumuman dikirim dalam bentuk ini. Nah, supaya bisa membacanya, biasanya lewat ini.

  1. WPS Office
Semuanya ada, word, powerpoint, excel, edit pdf, scanner. Bisa edit lewat android dimanapun berada. Ya, saya pakainya yang gratisan. Kalau mau mendapat lebih banyak akses emang harus bayar sih.



  1. Zoom
Banyak sekali kegiatan seperti rapat dan seminar lewat zoom. Sasya download ini karena ada kegiatan seminar tentang bahasa Jerman. Agak boros juga sih kalau lama-lama heheh. Cocok untuk rapat besar.

  1. Google Meet
Hampir mirp kok zoom dan google meet, kalau menurut saya pribadi lebih google meet lebih enteng dan ngirit. Saya baru 2x pembelajaran paka ini.

  1. Canva
Aplikasi untuk mendesain, bisa poster pembelajar, power point, buat bikin story IG dan WA, nikin template video, dll. Banyak pilihan keren dan gratis kok hahaha. Ini bagus buat Guru yang mau bikin media belajar kekinian. Ya, biar ga kalah sama siswa dan para selebgram hahahahahah!

  1. Inshot
Buat saya ini paling mudah dioperasikan untuk edit video. Ya, kan pembelajaran daring ini dituntut untuk bikin video penjelasan materi juga. Ya, karena saya belum bisa edit yang WAW banget, makanya pake inshot dan yang pasti cocok dishare di IG. Maklum saya, juga admin IG olshop (ga dink haha)

  1. Google Classroom
Wadah khusus yang bisa untuk lembaga sekolah mempresentasikan materi, menarik link soal, upload gambar dan video. Ada banyak sih aplikasi sejenis, namun menurut saya ini yang paling simpel. Kayak facebook gitulah sistemnya, namun disini ga ada fitur chat dan video call.



  1. Form app
Gak wajib punya sih, tapi buat saya ini penting untuk melihat pekerjaan siswa yang saya taruh di Google form.

  1. Youtube
Wah, Youtube semakin meroket. Sebenernya saya ada cita-cita lo jadi Youtuber, waktu 2016 dah punya alat lengkap buat bikin konten. TERUS? Gak keurus. Ini penting sekali buat kita update, ya ngasih materi, belajar sendiri lewat tutorial, lihat yang lagi trending biar bisa ngobrol sama murid hahaha. 

  1. Instagram
Gak tahu, bagi saya untuk mengambil hati para peserta didik, saya lihatnya dari instagram. Selain itu, pelajaran bahasa Jerman saya buatkan khusus ig. Cek saja @deutsch_sman2boyolali

  1. Cleaner scanner
Buat scan dokumen, ya walaupun di wps office ada. Ini yang sering saya gunakan. Hasilnya oke!

  1. Google drive
Saya sekarang gak pernah bawa flasdisk. File materi belajar, hasil pekerjaan siswa, taruh saja di Sini. Penuh? Saya punya 8 Email kok. Jane kalau mau lebih besar pake one drive.

  1. (Tik tok)
Saya dah buat akunnya, tapi belum bikin konten khusus pembelajaran. Hahahaha


Penuh donk ruang penyimpanan smartphone-nya? Iya, jadinya beberapa file foto dan video ada yang saya hapus/pindah.
Ada lagi?


15. Google playstore
   Semua aplikasi saya download disini 👏



Itulah tadi 15 Daftar Aplikasi Untuk Guru dan Peserta Didik Untuk Melakukan Pembelajaran Daring (dan Luring)













15 Daftar Aplikasi Untuk Guru dan Peserta Didik Untuk Melakukan Pembelajaran Daring (dan Luring) 15 Daftar Aplikasi Untuk Guru dan Peserta Didik Untuk Melakukan Pembelajaran Daring (dan Luring) Reviewed by Fit Anan on August 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D

Powered by Blogger.