Optimal Belajar Pakai Video dan (meeting)

Jujur saja selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) daring ini, saya berharap menggunakan video meeting agar pembelajaran optimal. Saya baru mencoba beberapa kali, lebih seringnya pakai rekaman video yang saya unggah ke Youtube atau saya kirim langsung ke peserta didik.


Banyak hal yang jadi pertimbangan terutama kuota, ya kalau untuk sekolah dengan peserta didik yang berasal dari kalangan menengah atas ga masalah besar, kalau tempat saya itu jadi krusial, gak bisa maksa dan harus maklum. Wong sekolah juga memberi fasilitas kuota tidak setiap minggu, sebulan sekali.








Namun, ketika jajak pendapat kecil saya sebar, banyak juga peserta didik yang mengharap aktivitas ini dilakukan, terutama untuk mata pelajaran hitung-hitungan, ya mapel lain juga, karena kadang mereka bosan kalau hanya suruh baca materi.


Lalu, apa solusinya?


Ya menurut saya, selain Guru membuat video pembelajaran versi pribadi, minimal sekali pernah "meeting", ya ntah pakai zoom, google meet, Whatsapp atau yang lain. Sementara ini google meet jadi andalan sih, karena irit.


Sekolah saya yang sering pakai google meet itu pelajaran Agama Katolik, yang lain cenderung pakai whatsapp, karena gak ribet, tapi terbatas dan sering macet (atau karena saya belum tau banyak).


Langkah yang bisa diambil?



Bagi rencana melakukan video meeting jauh hari dan semalam sebelumnya diingatkan lagi.
Jelaskan peraturannya seperti sudah harus join mulai pukul 07.30, mulai meeting 07.40.
Jelaskan yang harus dilakukan, seperti jam 07.40-07.50 semua peserta didik on camera, angkat catatan atau jawab pertanyaan.
Untuk antisipasi agar tidak jebol kuotanya, saya memberikan materi + tugas terlebih dahulu, baru kalau sudah mulai masuk google meet.
Memberi kelonggaran jika ada kendala kuota dan beri alternatif lain.
Suka



Hemat waktu untuk tidak koreksi tugas (haha)
Mendapat respon seketika
Duka



Jika peraturan dan perintah kurang jelas, siswa lama respon
Pada sungkan mau jawab
Tapi kalau terbiasa, mereka akan senang kok.


Di Sebuah sekolah, ada juga yang setiap pembelajaran pakai zoom. Ini keren dan memang fasilitas ada, jadi ya harus dimanfaatkan/


Bagi yang tidak, ya kebanyakan memang materi dan tugas. Saat ini sudah banyak kok, Guru yang belajar untuk memberikan materi lewat videonya sendiri. Lihat aja deh di Youtube.


Kenapa awal banyak yang tidak pakai video?



menurut pengalaman, ini karena belum siap, waktu yang kurang untuk persiapan.
merasa malu bergaya depan kamera
merasa akan menghabiskan kuota siswa
tersedia banyak di Youtube dengan materi sama
merasa tidak bisa edit
Kenapa kemudian video pembelajaran jadi penting?

peserta didik lebih senang jika langsung diterangkan guru
memperjelas pemahaman
menghalau bosan akan tulisan
kalau tulisan, mereka cenderung tidak baca semua, langsung cari tugasnya tog hahahahaha
Baca tulisan ini KBM DARING VERSI GURU







Optimal Belajar Pakai Video dan (meeting) Optimal Belajar Pakai Video dan (meeting) Reviewed by Fit Anan on September 15, 2020 Rating: 5

No comments:

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D

Powered by Blogger.